Seorang ibu hamil jadi orang yang paling diperhatikan selama 9 bulan dia mengandung, ya gak sih? Dari suaminya, orangtuanya, sampai orang terdekat. Normal sih karena dia sedang mengandung makhluk yang bernyawa di perutnya. Makanya perlu diperhatiin untuk apapun yang dilakukan sampai asupan makanan dan vitamin untuk ibu hamil tersebut.

Terus kenapa jadi gue yang bahas soal ginian ya? Gapapa ini mewakili istri dan juga ini bisa jadi referensi para suami diluar sana ketika istrinya sedang hamil, apalagi hamil pertama. Pastinya kalian para suami butuh info-info tentang apa yang harus dilakukan selama masa kehamilan sang istri.

Baiklah sesuai dengan judul artikel ini, gue mau bahas apa saja vitamin untuk ibu hamil yang harus kalian penuhi sebagai suami. Jadi sebagai ibu hamil memang perlu banyak asupan yang bukan cuma makanan bergizi, tapi juga vitamin atau suplemen tambahan biar kondisi ibu hamil dan bayinya dalam kondisi tercukupi.

vitamin untuk ibu hamil
(sumber : flickr.com)

Karena kita kan gak tahu ya di kandungan kaya gimana, yang kita tahu cuma kondisi bayinya seperti apa, beratnya berapa, ukurannya berapa. Itu semua bisa dilakukan dengan USG. Tapi kalau untuk mengetahui gizinya ya cuma pas dia udah lahir ke dunia. Jadi perlunya kita penuhi vitamin – vitamin terbaik untuk bayi tersebut.

Beberapa vitamin yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil ada dibawah ini ya. Ini juga baru gue pelajari ketika istri hamil. Jadi gak usah malu buat yang baru tahu. Itu wajar, jadi segera cari dan kasih istri kalian sekarang sebelum terlambat.

1. Semua Jenis Vitamin

Oke maksudnya semua jenis vitamin ini adalah vitamin huruf seperti Vitamin A, B, C, D, E, dan K. Ya ini emang vitamin yang baik ya (gak ada vitamin yang buruk sih) jadi memang harus ibu hamil punya dan disalurkan kepada bayinya.

Vitamin A ini fungsinya untuk perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang dan sistem peredaran darah. Kemudian keluarga vitamin B dari mulai vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12 ini berfungsi untuk daya tahan tubuh dari ibu hamil itu sendiri. Semakin lama kan bayi berkembang, jadi vitamin B kompleks bikin ibu hamil lebih kuat dan bisa atasi kelelahan.

Vitamin C juga untuk ketahanan tubuh dan juga bisa mencegah terjadinya solusio plasenta dan ketuban pecah. Vitamin D untuk kesehatan tulang si bayi dan juga ibu hamil itu sendiri. Lalu vitamin E ini berfungsi untuk melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin dan juga jaga kualitas sel kulit yang merenggang pada ibu hamil.

Terakhir vitamin K ini fungsinya untuk meningkatkan pembentukan darah untuk ibu hamil. Jangan sampai nanti ibu hamil mengalami pendarahan.

Semua vitamin tersebut dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Jika terasa kurang baru dicarikan tambahan via suplemen yang bisa kalian dapatkan di apotik. Tapi ini dikonsultasikan sama dokter kandungan dulu ya, jangan asal beli.

2. Asam Folat

Selain banyak jenis vitamin, zat yang paling penting lagi adalah Asam Folat. Bahkan asam folat ini gak cuma buat ibu yang sedang hamil, buat yang lagi program hamil juga penting banget ternyata. Nah asam folat ini berperan buat mencegah neural tube defect (NTD), yaitu cacat sistem syaraf pada bayi.

Asam folat bisa kalian dapatkan pada makanan-makanan seperti sayuran hijau, sereal, gandum, kacang-kacangan. Istri dulu sering minum sari kacang hijau tuh. Tapi ternyata asam folat dalam bentuk suplemen sangat disarankan, karena asam folat dapat diserap dengan mudah oleh tubuh.

Baca Juga : Sehat Fisik Gak Cukup, Butuh Kesehatan Mental Juga

3. Kalsium

Ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi kalsium, kalau lihat data sih kebutuhan kalsium ibu hamil setidaknya 1000mg per hari. Kalsium ini berperan buat tulang pastinya dan gigi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Buat dapetin kalsium ini bisa dengan makan makanan seperti tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai (ini paling disarankan sih dan enak juga), susu, keju, yoghurt dan beberapa yang lain. Tapi lagi-lagi tolong dikonsultasikan sama dokter kandungan kalian ya.

4. Zat Besi

Zat besi ini mirip dengan vitamin K, yang berfungsi untuk pembentukan sel-sel darah merah. Nantinya sel tersebut yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan janin. Ini juga agar ibu hamil gak kena anemia, yang bikin cepet lelah, pusing dan pucat.

Makanan yang mengandung zat besi bisa kalian dapetin di makanan daging tanpa lemak, sayuran hijau, buah kering dan kacang-kacangan. Kalau perlu biasanya dokter bakal kasih rekomendasi vitamin zat besi yang bisa dikonsumsi.

Perhatian

Oke terakhir adalah perhatian buat semua yang gue sebut diatas memang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, tapi bukan berarti kita main asal beli terus dikonsumsi aja. Lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter kandungan favorit kalian dan istri. Karena kalau berlebihan, dampaknya juga berbahaya, bisa bikin bayi cacat. Jadi hati-hati juga ya.

Baca Juga : 2 Zat Gizi yang Sangat Penting Buat Kalian Para Ibu Hamil

Oke, kayaknya segitu dulu aja info tentang kehamilan buat kalian para suami yang istrinya lagi hamil. Ibu hamil butuh banyak perhatian, kalau bukan dari suaminya, siapa lagi yang deket. Inget udah ngambil anak orang, jadi dirawat sebaik-baiknya ya.