Film marvel beberapa tahun terakhir ini bikin antusiasme penonton film jadi meningkat apalagi dengan tema superhero. Yap Marvel Cinematic Universe (MCU), sukses bikin film The Avengers.

Ada yang baru kenal film superhero tersebut terus ikut-ikutan, ada juga yang memang mengikuti film-film Marvel dari dulu bahkan juga membaca serial komiknya. Dan ini yang keren dari Marvel yang berhasil bikin film layar lebar dengan cerita yang saling terkait.

Baca Juga : 15 Film Terbaik 2018 Yang Gak Bosan Untuk Ditonton Ulang

Bagi yang udah ngikutin film Marvel dari awal pastinya sudah tahu urutan film Marvel yang benar. Tapi buat orang yang baru tiba-tiba nonton Captain Marvel tahun ini pasti gak tahu apa saja film Marvel sebelumnya.

Nah untuk itulah disini gue ingin kasih tahu urutan film Marvel yang bisa kalian tonton ulang biar gak ketinggalan ceritanya.

Perlu diketahui MCU memulai debut film layar lebar pada tahun 2008 dengan judul IRON MAN, sang manusia besi. Tapi ternyata bukan Iron Man yang menjadi awal cerita dari Marvel ini, melainkan Captain America: The First Avenger yang ditayangkan pada tahun 2011.

Marvel melakukan flashback seperti serial Star Wars demi membuat rencana cerita yang kontinu. Bahkan Captain Marvel pun juga dibuat flash back alur dari keseluruhan film Marvel ini.

Nah biar gak kelamaan, atau emang udah kelamaan, inilah urutan film Marvel layar lebar yang bisa kalian tonton ulang. Monggo di download di web sebelah ya.

Update
15/03/19 > Penambahan poster dan trailer Avengers Endgame
15/03/19 > Ubah urutan Captain Marvel ke posisi 2 menggeser Iron Man
30/06/19 > Edit cerita trailer Spiderman: Homecoming
07/02/20 > Update line up film marvel terbaru
26/03/20 > Update Avengers Endgame dan Spiderman Far From Home

1. Captain America: The First Avengers (2011)

urutan film marvel - 1 - Captain America The First Avengers

Kemunculan Captain America mengawali cerita panjang dari produksi film superhero Marvel Cinematic Universe nih.

Diperankan oleh Chris Evans (sampai sekarang masih diperanin dia) yang jadi pria kurus bernama Steve Rogers, dengan impian menjadi tentara militer Amerika saat Perang Dunia 2.

Dia berjuang terus-menerus untuk ikut militer berperang tapi gagal terus juga. Hingga akhirnya dia dibantu oleh Dr. Erskine untuk masuk militer.

Dr. Erskine yang berperan sebagai kepala pengembangan teknologi militer Amerika kemudian menunjuk Steve untuk bahan percobaan teknologi barunya, yaitu serum yang bisa memanipulasi gen dan otot manusia.

Percobaan tersebut berhasil dan tubuh Steve membesar dan kuat. Akhirnya sang Captain America diikutkan berperang melawan Nazi saat itu.

Musuh saat itu adalah pemimpin organisasi kejahatan HYDRA, Red Skull, yang juga menyuntikkan serum kedalam tubuhnya dan menjadi kuat dan liar.

Misi Captain saat itu adalah menemukan Tesseract yang dijatuhkan Odin (Bapaknya Thor) ke bumi. Tesseract itu salah satu batu infinity yang dikejar Thanos.

Diakhir cerita, Tesseract tersebut ditemukan Captain setelah melawan Red Skull hingga kecelakaan di kutub es. Captain pun membeku dan ditemukan oleh Nick Fury setelah 70 tahun lamanya.

Clue yang lain disini adalah sahabat Steve yaitu Bucky Barnes terjatuh ke dalam jurang. Sahabatnya ini menjadi tokoh penting di sekuel selanjutnya dari Captain America ini.

2. Captain Marvel (2019)

urutan film marvel - 21 - Captain Marvel

Setelah kalian nonton Captain America, bisa dilanjutkan pada film Captain Marvel yang tayang di tahun 2019 nih. Seperti yang diketahui, Marvel melakukan flashback lagi demi memperkenalkan superhero perempuan pertamanya yang baru muncul setelah sekian lama pasukan Avengers bertarung dengan berbagai musuh.

Captain Marvel diperankan oleh aktris bernama Brie Larson dan dikenal sebagai Carol Danvers di film Captain Marvel. Captain Marvel akhirnya mengubah posisi urutan film Marvel yang menempatkannya ke posisi 2 setelah Captain America. Karena settingan waktu tahun 1990 dimana sebelum Iron Man muncul.

Diawali dengan ingatan buruk yang terus menghantui Vers (panggilan Captain Marvel) dimana Dr Lawson yang tertembak. Kemudian terbangun dan berlatih untuk bertarung dengan Yon-Rogg sebagai pasukan kerajaan Kree.

Kerajaan Kree ini selalu mewaspadai invasi ras makhluk lain yang dikenal dengan Skrull. Suatu ketika Skrull berhasil masuk ke planet perbatasan, membuat pasukan Kree harus menyelamatkan pemimpin planet tersebut. Yon-Rogg membawa timnya dan juga Vers, tetapi ternyata malah mereka dijebak dan Vers pun diculik bersama Skrull.

Hingga akhirnya mereka tersasar menuju planet C-53 alias bumi untuk menemukan Dr Lawson. Kejar-kejaran pun terjadi dengan pasukan Skrull dan Vers pun bertemu dengan Nick Fury sang pemimpin S.H.I.E.L.D yang kedua matanya masih normal.

Mereka berdua berhasil menemukan hasil penelitian Dr.Lawson disebuah lab. Di lab tersebut juga tokoh kucing dengan nama Goose menjadi perhatian.

Disaat itu pula Vers menemukan jati dirinya. Sampai akhirnya bertemu dengan partner semasa dulu yaitu Maria Rambeau. Dirumahnya pun masih dikejar Skrull yang dipimpin Talos.

Tapi ternyata Talos membawa bukti masa lalunya Carol Danvers yang membuat Vers percaya bahwa dia diracuni pikirannya oleh Yon-Rogg dan Skrull ternyata bukanlah ingin menyerang Kree, melainkan mereka ingin mencari keluarganya dan mencari tempat baru untuk hidup.

Disini juga baru diketahui kalau Vers mendapatkan kekuatan dari ledakan pesawat yang menggunakan inti energi dari Tesseract saat kecelakaan dengan Dr.Lawson.

Mereka akhirnya memodifikasi pesawatnya untuk menemukan pesawat Dr.Lawson yang menyembunyikan keluarga Talos dan bangsa Skrull lainnya.

Dikejarlah mereka oleh Yon-Rogg dan pasukan Kree. Pertempuran pun terjadi. Captain Marvel pun menunjukkan kekuatannya. Nick Fury bersama Maria menyelamatkan bangsa Skrull dan juga Tesseract yang ditelan si kucing dengan pesawatnya sampai ke bumi.

Ronan sang komandan Kree sampai menyerang bumi, tapi Captain Marvel berhasil mengusirnya. Perpisahan pun terjadi, Captain Marvel pun berpisah dengan Nick Fury dengan menitipkan pager khusus untuk digunakan jika darurat.

Vers kembali terbang bersama Skrull untuk menemukan tempat tinggal baru untuk bangsa mereka. Sementara Goose The Cat ikut Nick Fury.

Diakhir film atau credit ditunjukkan kalau Nick Fury ingin mengumpulkan pasukan Avengers dan Tesseract dimuntahkan oleh si Goose.

Selain itu clue untuk Avengers: Endgame juga tidak luput dari credit. Pager milik Nick Fury yang disimpan anggota Avengers kemudian mati tiba-tiba dan muncullah Captain Marvel disitu mencari Fury.

3. Iron Man (2008)

urutan film marvel - 2 - Iron Man

Setelah kalian menonton Captain America: The First Avengers dan Captain Marvel. Jadwal tontonan kalian dilanjutkan ke film jadul dan pertama yang dibuat oleh MCU yaitu Iron Man.

Diperankan oleh Robert Downey Jr. hingga sekarang menjadi seseorang dengan kekuatan baju besi dengan nama Tony Stark.

Di film ini, Tony mewariskan perusahaan ayahnya, Howard Stark yang meninggal karena kecelakaan. Perusahaan tersebut bernama Stark Industries.

Disaat berjayanya Stark Industries, rekan ayahnya iri dengan keberhasilan Stark tersebut. Lalu bekerjasama dengan teroris untuk menculik Tony dan mengurungnya di tempat tersembunyi.

Selama 3 bulan dikurung, Tony yang pandai diam-diam membuat arc reactor menjadi pakaian besi yang kita kenal dengan Iron Man.

Singkatnya, Tony berhasil kabur dengan baju super buatannya. Setelah berhasil mengalahkan musuhnya. Tony akhirnya mengumumkan ke publik kalau dia adalah orang dibalik Iron Man.

Di akhir cerita, Nick Fury (Ketua SHIELD) mengajak Tony bergabung dengan tim Avengers. Pas di credit, Nick Fury mengunjungi rumah Tony dan menemukan rahasia kalau ada superhero lainnya selain Iron Man.

4. The Incredible Hulk (2008)

urutan film marvel - 3 - The Incredibles Hulk

Setelah Iron Man, MCU kembali rilis film superhero lainnya untuk membuat tim Avengers lebih menarik. Di tahun yang sama Hulk muncul dengan cerita yang hampir mirip dengan Captain America.

Berarti Captain America yang mirip dengan Hulk ya, karena Hulk duluan yang muncul di publik. Oke, di film ini Hulk adalah seorang laki-laki bernama Bruce Banner yang menjadi bahan percobaan teknologi militer terbaru untuk membuat manusia super.

Namun percobaan tersebut gagal, Bruce menjadi monster besar dan kuat dengan emosi yang tak terkendali. Hingga akhirnya dia kabur ke Brazil dan menjadi buronan.

Tentara Amerika pun membuat teknologi kembali untuk membuat manusia super lainnya. Mereka menyewa tentara bayaran yang bernama Emil Blonsky yang kemudian disuntikkan serum menjadi monster yang dikenal Abomination.

Disini lah pertempuran terjadi, Hulk melawan Abomination yang tentu dimenangkan oleh Hulk dong. Jelas karena dia superhero di film ini.

Diakhir cerita, Hulk kabur ke India untuk melatih emosinya. Tony yang mencium keberadaan Hulk menyarankan kepada Jenderal Ross (yang sedang memburu Hulk) untuk memasukkan Hulk untuk menjadi bagian The Avengers.

5. Iron Man 2 (2010)

urutan film marvel - 4 - Iron Man 2

Dua tahun berselang, Marvel Cinematic Universe melanjutkan kembali sekuel dari superhero nya yaitu Iron Man 2.

DI film ini baju yang dikenakan Tony Stark udah banyak diupgrade nih. Tony sudah pakai Iron Man Mark IV. Dan di film ini pun sudah ada upgrade sampai Mark VI.

Tony yang sudah diketahui sebagai orang dibalik Iron Man menjadi terkenal dan suka bertindak konyol, suka pamer.

Muncullah musuh, anak dari teman ayahnya Tony yang bernama Vanko ingin membalas dendam.

Karena arc reactor yang dibuat Tony juga merupakan karya ayahnya dulu yang sama-sama dibangun berdua dengan Howard Stark.

Vanko pun membuat arc reactor saingan untuk menghadapi Iron Man. Tony yang semakin konyol dengan tingkahnya membuat Nick Fury ragu.

Akhirnya Nick Fury menyuruh agen SHIELD, Natasha Romanof (Black Widow) untuk mengawasi Tony.

Letkol James Rhodes mengambil Iron Man suit untuk dibawa kemarkas militer dan kemudian diubahnya menjadi War Machine.

Diakhir cerita Vanko pun kalah dengan Iron Man. Dan di after credit, agen SHIELD lain menuju ke Meksiko untuk mengambil Palu nya Thor yang jatuh ke bumi.

6. Thor (2011)

urutan film marvel - 5 - Thor

Selanjutnya kalian tonton lagi film perdana Thor nih. Kan sebelumnya di after credit film Iron Man 2 palu Thor ini jatuh ke bumi.

Di film ini tentu menceritakan siapa itu Thor. Superhero ini kita ketahui berasal dari dunia lain yang bernama negeri Asgard.

Nah dia ini adalah anaknya Odin. Karena emosi nya yang tak terkendali, Odin melempar dia dan palunya (Mjonir) ke Bumi.

Ternyata hal tersebut jadi ujian Thor agar bisa kembali lagi memimpin Asgard. Setelah dilempar ke Bumi, adiknya, si Loki ini ngerebut tahtanya di Asgard.

Di akhir cerita Thor akhirnya bisa mengendalikan kekuatan palu tersebut dengan dibantu Jane Foster dan Dr Selvig. Kemudian Dr Selvig diundang Nick Fury untuk meneliti Tesseract yang jatuh di film Captain America: The First Avengers.

Dr Selvig dipengaruhi bisikan Loki sehingga menyanggupi keinginan Nick Fury tersebut.

7. The Avengers (2012)

urutan film marvel - 6 - Marvel Avengers

Setelah beberapa superhero dirilis oleh Marvel dalam versi film, akhirnya Marvel menyatukan mereka dalam sebuah film.

Yap, The Avengers. Disinilah para superhero bersatu melawan musuh yang ingin mengambil Tesseract.

The Avengers yang kedua ini (pertama kan si Captain America: The First Avengers) menceritakan musuh yaitu pasukan chitauri yang dipimpin Thanos untuk merebut Tesseract dari SHIELD.

Thanos gak secara langsung ambil Tesseract itu, melainkan dengan menyuruh Loki untuk turun ke bumi.

Loki pun menyerang Dr Selvig yang sedang meneliti Tesseract dan menghipnotisnya bersama agen Clint Barton.

Fury yang tahu hal tersebut langsung memanggil tim avengers yang diisi oleh Captain America, Thor, Iron Man, Black Widow, dan Hulk.

Pertarungan pun terjadi dan menghancurkan New York. Tentara Chitauri masuk dari portal yang dibantu energi Tesseract.

Diakhir cerita tentu dong semua bisa dikalahkan oleh tim Avengers. Iron Man hampir mati karena di akhir dia ngubah arah rudal ke portal yang terbuka itu.

Loki kalah tapi gak mati, tongkatnya diambil alih oleh HYDRA. Di film ini Thanos berpesan akan kembali lagi untuk merebut Tesseract tersebut. Sementara Tesseract dibawa kembali oleh Thor ke Asgard bersama Loki untuk ditahan.

8. Iron Man 3 (2013)

urutan film marvel - 7 - Iron Man 3

Pertarungan dengan Thanos sementara selesai. Marvel melanjutkan sekuel dari Tony Stark yaitu Iron Man 3.Tony yang masih trauma dengan pertarungan melawan chitauri harus kembali bertarung melawan musuh dari masa lalu.

Musuh tersebut bernama Mandarin, orang dibalik pengeboman di Amerika yang membuat pusing para intelijen. Aksi teroris itu membuat gerah Tony karena salah satu orang anggota Stark Industries mati karena pengeboman tersebut.

Tony pun menantangnya melalu konferensi pers. Disinilah pertarungan dimulai, Mandarin mengirim rudal dan meledakkan rumah Tony. Tony selamat karena baju yang dikirim Jarvis yang kemudian dikirim ke daerah terpencil.

Singkat cerita, Tony berhasil mengalahkan Mandarin dengan bantuan kolonel James Rhodes dan seluruh baju Iron Man.

Di akhir cerita, Tony menyuruh Jarvis meledakkan semua bajunya agar ia bisa menghabiskan waktunya dengan Pots. Ia juga membuang arc reactor yang ada di dadanya ke laut, tapi masih menganggap dirinya sebagai Iron Man tanpa baju. Lalu meminta tolong Bruce Banner (yang jadi Hulk) buat jadi psikiaternya.

9. Thor: The Dark World (2013)

urutan film marvel - 8 - Thor The Dark World

Selain Iron Man, Marvel pun merilis sekuel lain dari superheronya. Kali ini adalah Thor. Thor terpaksa kembali ke Bumi karena Aether masuk kedalam tubuh Jane Foster.

Aether adalah salah satu infinity gem yang dikejar Thanos. Saat ini dikejar oleh Malekith yang ingin menghancurkan dunia. Konflik pun terjadi. Malekith pun mendapatkan Aether tersebut dan akan menembakkannya ke kota Greenwich.

Namun hal tersebut digagalkan oleh Thor. Tapi sebagian kota Greenwich hancur. Aether diserahkan ke kolektor di luar angkasa, Taneleer Tivan. Loki berpura-pura mati lalu menyamar menjadi Odin.

10. Captain America : The Winter Soldier (2014)

urutan film marvel - 9 - Captain America Winter Soldier

Selain Iron Man dan Thor yang punya sekuel film sendiri. Marvel pun melanjutkan sekuel dari Capt nih. Pertarungan Capt disini masih dengan HYDRA nih. Di film ini muncul superhero baru yaitu Falcon dengan nama Sam Wilson.

Ceritanya sebenernya pelik banget dan rumit. Kalau mau baca silahkan, kalau mau skip juga lebih bagus. Intinya Nick Fury punya misi tersembunyi yang bernama Operasi Insight. Namun gagal terlaksana karena dewan pimpinan SHIELD tidak setuju.

Operasi Insight itu operasi yang menerbangkan 3 hellicarrier dengan persenjataan canggih yang bisa menembak tepat sasaran dan digerakkan melalui satelit. Operasi ini bertujuan sebagai senjata melawan musuh-musuh SHIELD. Tapi ternyata HYDRA juga inginkan hal tersebut.

Karena Dewan pimpinan yang tidak setuju itu mantan dan masih mendukung HYDRA yang ingin menguasai SHIELD. Steve yang tahu hal tersebut kemudian marah besar. Fury yang mundur dari operasi tersebut malah diserang oleh tentara SHIELD namun bisa menyelamatkan diri.

SHIELD pun mengerahkan tentara terbaiknya yaitu prajurit Winter Soldier yang kekutannya sama dengan Captain America. Fury tertembak oleh Winter Soldier dan terlihat mati (padahal dia hanya pura-pura mati agar bisa membentuk pasukan yang masih loyal dengan SHIELD).

Steve ambil alih untuk menyelamatkan SHIELD, sedangkan Fury berada ditempat persembunyian. Tentara SHIELD beralih menyerang Steve dan Black Widow, bahkan pasukan yang dulunya dibawah komando Steve juga menyerang balik.

Disinilah juga muncul Falcon. Pertarungan pun terjadi. Tentara SHIELD terbagi dua, ada yang loyal dengan Fury dan Steve, ada yang mendukung HYDRA.

Steve dan kawan-kawan berhasil mengatasi perlawanan HYDRA tersebut. Namun misinya Captain America belum berhasil untuk menyadarkan Winter Soldier yang ternyata teman dekatnya dulu, Bucky Barnes. Diakhir cerita, Bucky pun kabur untuk mengembalikan pikirannya. SHIELD dibubarkan pemerintah Amerika.

Fury terbang ke Rusia mencari ilmuwan HYDRA yang membawa tongkatnya Loki bersama Black Widow. Captain America bersama Falcon mengejar Bucky Barnes.

11. Guardians of The Galaxy (2014)

urutan film marvel - 10 - Guardians of the galaxy

Lanjut nonton nih. Setelah pasar bosan dengan superhero yang itu-itu aja. Marvel akhirnya merilis film selain sekuel dari Captain America, Thor, Iron Man, yaitu Guardians of The Galaxy.

Di film awal tentu merupakan perkenalan superhero baru. Dan disini, Peter Quill menjadi tokoh utama dengan julukan Star Lord.

Ia merupakan penjelajah tapi maling juga di luar angkasa. Ditemani 3 temannya, ada Gamora, Drax dan Rocket. Oh satu lagi si Baby Groot.

Ceritanya adalah Star Lord ini mencuri Orb (salah satu infinity gem) yang diinginkan Thanos juga.

Sebelumnya kan dia gagal dapet Tesseract tuh, sekarang dia mau ngambil Orb juga.

Tapi Peter Quill dan kawan-kawan berhasil mengambil Orb tersebut.

Setelah mendapatkan Orb, Peter ingin menjual kepada kolektor luar angkasa, Taneleer Tivan (itu loh yang ada di film Thor : The Dark World, yang sekarang punya infinity gem Aether).

Tapi keadaannya jadi kacau karena Thanos yang ingin batu tersebut ikut campur. Thanos pun mengirim Ronan.

Dan seperti yang ditebak sih, Ronan pasti kalah oleh Guardians of The Galaxy ini. Kemudian Orb tersebut disimpan di negeri Xandar.

Di awal mungkin mengira kalau Peter Quill merupakan manusia murni, tapi ternyata dia adalah setengah alien.

12. The Avengers: Age of Ultron (2015)

urutan film marvel - 11 - The Avengers age of ultron

Setelah menonton sekuel lanjutan dari beberapa superhero, kalian mesti nonton lagi sekuel lanjutan film gabungan mereka. Yaps, The Avengers : Age of Ultron. Disini ada superhero baru loh. Munculnya Ultron dan si Kembar Pietro Maximoff (Quicksilver) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch).

Di seri Avengers kali ini bukan karena Thanos nih, tapi karena kesalahan dari Avengers sendiri yang bikin robot baru yang disebut Ultron itu. Diawali dari penyerangan ke markas HYDRA untuk merebut kembali tongkat Loki yang diambil. Setelah berhasil, mereka membawa ke markas Avengers.

Otak Tony yang suka meneliti membuatnya tersadar dengan tongkat Loki yang lebih canggih dari Jarvis miliknya. Dibantu Bruce Banner, otak tongkat Loki dibolehkan masuk ke otak Jarvis. Ultron mengetahui misi Avenger yang dinilai bakal bikin kehancuran di Bumi. Akhirnya dia bersama si kembar mau ngancurin Avengers.

Mereka mencari bahan vibranium untuk membuat baju baru Ultron. Avengers yang tau pun coba menggagalkan, tapi Wanda berhasil hipnotis Hulk dan buat onar di kota.

Veronica pun dipanggil Tony untuk ngalahin Hulk yang diluar kendali. Veronica itu robot Iron Man yang gedenya se Hulk. Setelah kalah, publik mengutuk Avengers atas kerusakan kota.

Mereka pun akhirnya bersembunyi di rumah Clint Barton (Hawkeye). Sedangkan Hulk pergi ditemani Natasha. Saat sembunyi, Fury pun membujuk mereka kembali untuk nyelamatin bumi.

Saat tubuh Ultron udah jadi dan masuk kedalam tubuh, si kembar tau kalau Ultron lah yang akan ngancurin Bumi. Akhirnya mereka gabung sama Avengers untuk menggagalkan misi Ultron di Sokovia.

Mereka membentuk tubuh baru yang dimasuki Jarvis, dinamakan Vision. Batu permata yang ada dikepala Vision adalah salah satu batu infinity yang diincer Thanos.

Pertarungan terjadi di Sokovia. Ultron pun kalah. Quicksilver juga mati. Barton memutuskan untuk pensiun dari Avengers. Tapi Avengers nambah pasukan, Rhodes, Falcon, Scarlett Witch dan Vision.

SHIELD pun membuat markas baru yang dinamain “New Avengers Facility” untuk tempat latihan member baru Avengers. Di akhir credit, seperti biasa Marvel kasih clue berikutnya, dan di film ini, Thanos udah nyusun rencana yang akan ada di film Avengers berikutnya.

13. Ant Man (2015)

urutan film marvel - 12 - Ant Man

Setelah asik nonton The Avengers, ditahun yang sama Marvel ngeluarin film perdana superhero barunya. Ini juga yang harus kalian tonton nih, karena ada hubungan ke film lainnya nih.

Nah Ant Man ini sesuai namanya, superhero punya kekuatan buat jadi sekecil semut dan juga bisa jadi gede lebih dari hulk. Di film ini ceritain awal mula Ant Man yang diciptain oleh Dr Hank Pym, sedangkan mantan anak didiknya Darren Cross juga membuat baju yang bisa mengecil yang dinamakan YellowJacket.

Scott Lang jadi tokoh yang menjadi Ant Man di film ini berawal dari merampok rumah yang kemudian nemuin jaket motor tua yang ternyata kostum tersebut bisa bikin dia kecil.

Scott pun dipenjara tapi dikeluarkan oleh Dr Pym dengan kostum Ant Man itu dan Scott dipercaya untuk pake kostum itu buat ngerebut Yellowjacket.

Ant Man pun masuk ke markas Avengers untuk mencuri perangkat dan sempat berantem dengan Wilson alias Falcon. Dia dibantu Hope van Dyne yaitu anaknya Dr Pym. Disini dijelaskan juga kalau ibunya Hope terjebak di kuantum subatomik karena pake kostum Wasp.

Pertarungan disini terjadi antara Ant Man dengan Cross yang pakai Yellowjacket. Ant man tentu jadi pemenangnya.

Diakhir cerita, bagian after credit, Hope ditunjukin kostum serangga yang disebut The Wasp buat bantuin Ant Man. Selain itu, Wilson dan Steve yang mencari Bucky Barnes si Winter Soldier. Kira-kira buat apa ya cari Bucky. Bakal dijawab di film berikutnya nih.

14. Captain America : Civil Wars (2016)

urutan film marvel - 13 - Captain America Civil War

Setelah tayang film Marvel baru dari Ant Man dilanjutin lagi dengan sekuel Captain America nih, judulnya Civil Wars. Entah ini harusnya sih film Avengers, karena semua Avengers ada disini.

Disini muncul superhero baru, Black Panther dan Spiderman. Dan yang sebelumnya Ant Man pun ikut disini, tentu Vision, Falcon, Scarlett Witch juga ada.

Setelah bikin kehancuran di Sokovia, Avengers dituntut untuk menandatangani “Sokovia Accord” atau perjanjian kalau pasukan Avengers harus tunduk dibawah pemerintahan PBB.

Nah ini nih yang jadi awal mula pertempuran saudara. Tony Stark memilih untuk setuju dengan hal itu, sedangkan Steve Roger tidak mau kalau diatur pemerintah. Apalagi saat pertemuan seluruh perwakilan negara terjadi pengeboman yang dilakukan Winter Soldier yang dipengaruhi Helmut Zemo, anggota HYDRA.

Bom itu menewaskan ayah dari T’Chala alias Black Panther yang kemudian dia memburu Winter Soldier untuk balas dendam. Setelah perdebatan tentang Sokovia Accord, akhirnya pasukan Avengers pun terbagi 2 tuh, Di kubu Tony Stark ada War Machine, Black Widow, Vision, Black Panther dan Spiderman.

Baca Juga : 33+ Film Indonesia Terbaru 2018 Yang Bisa Kalian Tonton di Bioskop

Sedangkan di kubu Captain America, ada Scarlett Witch, Falcon, Hawkeye, Ant Man, dan Bucky Barnes alias Winter Soldier. Winter soldier pun sadar bahwa dia dipengaruhi Zemo, lalu memberi tahu Steve kalau Zemo punya 5 prajurit sekuat Bucky di Siberia. Akhirnya Steve mengajak kubu nya untuk terbang kesana untuk mencegah prajurit tersebut.

Tapi, kubu Tony butuh tandatangan mereka pada Sokovia Accord, akhirnya ia mencegah Capt dkk terbang ke Siberia. Pertempuran saudara terjadi. Steve dan Bucky lolos, tapi diikuti Iron Man ke Siberia. Pas sampai di Siberia, Zemo memberi tahu Iron Man kalau ayahnya dibunuh sama Bucky, akhirnya ribut lagi mereka.

Diakhir cerita, War machine cedera karena serangan Vision yang tak sengaja. Zemo ditangkap oleh Black Panther. Lengan Bucky terpotong karena Iron Man, sedangkan baju Iron Man dinonaktifkan Captain America. Captain America lalu cabut bareng yang lain ke negeri Wakanda dan resmi jadi buronan pemerintah.

Di bagian akhir credit lagi, Tom Holland sedang bermain gadget baru dengan Bibi May yang jadi clue Spiderman di film yang akan datang.

15. Doctor Strange (2016)

urutan film marvel - 14 - Doctor Strange

Setelah pertempuran saudara, Marvel kembali meluncurkan superhero barunya, yaitu Dr Strange yang dikenal dengan kekuatan sihirnya.

Diawal cerita, Stephen Strange ini dikenal sombong dan arogan, kemudian dia kecelakaan yang bikin tangannya bergetar dan gak bisa dikendalikan. Akhirnya dia pergi ke Tibet karena ada yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Dia dijuluki The Ancient One, terkenal sebagai guru sihir terbaik di dunia.

Muncullah musuh bernama Kaecillus, mantan murid The Ancient One yang terobsesi dengan kekuatan kegelapan Dormammu. Bareng Mordo, salah satu murid The Ancient One, Dr Strange melawan Kaecillus.

Singkat cerita, The Ancient One tewas lalu memberikan The Eye of Agammotto kepada Dr Strange untuk melawan Dormammu. The Eye of Agamotto ini salah satu batu infinity nih, ya termasuk yang diincer Thanos karena kekuatan sihir kegelapan yang kuat.

Di akhir credit Thor ketemu dengan Dr Strange dan minta bantuan untuk dicarikan ayahnya, Odin.

16. Guardians of The Galaxy 2 (2017)

urutan film marvel - 15 - Guardians of the galaxy 2

Setelah kemunculan superhero baru, Marvel lanjut buat sekuel lanjutan di luar angkasa, yaps, Guardians Of The Galaxy 2. DI sekuel kedua ini, Peter Quill, Gamora, Drax, Rocket dan Groot dapat misi buat ngelindungin satu wilayah yang dinamain Sovereign.

Mereka ngelakuin itu untuk nyelametin adeknya Gamora, si Nebula yang ditawan raja Sovereign itu. Diawal ini mereka bertarung gitu lawan monster raksasa dan bisa menang. Akhirnya Nebula pun dibebaskan. 

Setelah pergi ternyata si Rocket bawa sesuatu, kalo gak salah baterai gitu. Akhirnya Sovereign dan sewaannya, si Ravager ngejar pesawat Starlord dan kawan-kawan. Nah saat diserang itu, mereka ditolong oleh Ego, seorang Elder yang ngaku-ngaku jadi ayahnya Peter Quill.

Akhirnya Starlord, Gamora, dan Drax dibawa ke planet Ego yang ditemani asistennya bernama Mantis. Ternyata Ego mengajak Quill untuk dipergunakan sebagai katalisator kekuatannya untuk menghancurkan semesta.

Akhirnya perang melawan Ego pun terjadi, dan Ego sendiri adalah planet yang diinjak Starlord yang punya jiwa dan pikiran. Starlord dan kawan-kawan dibantu Yondu mengalahkan Ego. Hingga akhirnya Ego mati dengan di bom.

Bom nya dibawa sama baby Groot. Yondu tapi mati karena nyelamatin Starlord. Nebula sama Mantis ikut tim Guardians of The Galaxy. Sementara Sovereign membuat entitas baru bernama Adam. Kemungkinan bakal ada sekuel ketiga, tapi tunggu aja nanti ya.

17. Spiderman: Homecoming (2017)

urutan film marvel - 16 - Spiderman Homecoming

Surprise Marvel di tahun 2017 adalah film reborn Spiderman. Kenapa reborn? Buat yang masih belum tahu nih, Spiderman itu emang karakter buatan komik Marvel. Tapi, lisensi distribusi film nya dipegang sama Sony Pictures.

Makanya episode Spiderman sebelumnya tuh Marvel gak ikutan ikut campur. Akhirnya cuma 3 episode aja kan. Spiderman 1 – 3 yang diperankan oleh Tobey Maguire. Terus dilanjutin lagi dengan judul The Amazing Spiderman 1 – 2 yang diperankan oleh Andrew Garfield.

Dan sekarang Spiderman kembali ke Marvel dengan meluncurkan film barunya Spiderman: Homecoming dengan versi agak lebih bocah nih, ya keliatan lah ya di film Captain America: Civil War. Diperankan oleh Tom Holland.

Di film reborn Spiderman ini, karakter Peter Parker dibuat agak lebih ke personal. Jadi pahlawan super gak bisa tiba-tiba. Pasti harus melalui perjuangan. Tapi kemampuannya pakai jaring udah natural dimiliki Parker.

Kesehariannya Peter bersekolah sambil pamer biar Tony Stark merekrutnya masuk jadi pasukan Avengers. Disini pun muncul musuh yang dijuluki Vulture. Tapi di film ini, Peter Parker gak ditemenin Mary Jane seperti dua film Spiderman sebelumnya.

Baca Juga : 21 Film Terbaru 2018 dan Jadwal Tayang di Bioskop Indonesia

Bukan gak ditemenin sih, tetep ada yang namanya MJ, tapi dia bukan orang yang disukai Peter Parker, lebih ke temen sekolah aja. Zendaya jadi pemeran MJ atau Michelle

Sedangkan Elizabeth Allan jadi pemeran Liz yang disuka oleh Peter Parker. Parker juga punya sahabat setia yaitu Ned. Ned bilang kepada Peter kalau Peter seharusnya sudah resmi jadi bagian Avengers. Tapi Tony belum kontak resmi lagi semenjak insiden Civil Wars. Tony hanya memberikan kostum Spiderman biar Parker tetap menjaga kota kecilnya.

Sambil melatih kekuatannya, dia menemukan komplotan yang dipimpin Vulture sedang merampok yang menggunakan senjata berbahan inti Ultron. Kejar-Kejaran pun terjadi, sampai Parker penasaran dan ingin mengungkap kejahatan Vulture tersebut.

Ketika Parker harus mengikuti lomba Decathlon, dia malah pergi untuk menangkap Vulture di sebuah kapal laut. Namun rencana tersebut gagal, malah membuat kekacauan. Namun akhirnya dibantu oleh Iron Man. Peter kecewa tidak diajak lagi ke Avengers, Tony merasa Spiderman hanya penjaga sekolah.

Akhirnya Tony pun mengambil kembali kostum Spiderman. Setelah tahu kalau Vulture adalah ayah Liz, Parker mencoba menyelamatkan ayahnya dari inti Ultron yang berbahaya tersebut dengan bermodalkan kostum Spiderman lamanya.

Vulture akhirnya selamat dan tertangkap ketika ingin membawa kabur pesawat Stark yang membawa senjata pasukan Avengers. 

Kemudian Peter Parker diajak Tony ke gedung Stark Industries yang baru dan memberikannya kostum Spiderman yang lebih canggih dari sebelumnya.

Sejak saat itu, Spiderman resmi bergabung dengan Avengers. Tetapi Peter menolak dan hanya ingin menjaga lingkungan di tempat tinggalnya.

Seperti biasa di akhir credit, Marvel memberikan clue. Menampilkan Ayah Liz atau Vulture yang dipenjara bertemu dengan mantan koleganya. Tapi di post credit selanjutnya gak berarti apa-apa, karena cuma nampilin Captain America.

18. Thor : Ragnarok (2017)

urutan film marvel - 17 - Thor Ragnarok

Sekuel ketiga Thor diluncurkan tahun 2018 nih. Masih diperanin sama Chris Hemsworth kok. Ada Loki juga dan ditemenin Hulk. Tahu kan sebelumnya di akhir film Dr Strange, Thor minta bantuan Dr Strange untuk cari bapaknya. Ternyata Odin, dibuang Loki ke Bumi. Thor pun mencarinya.

Saat bertemu ayahnya, muncullah Hela, kakaknya Thor yang ambisius menguasai Asgard. Palu Thor pun hancur ditangan Hela. Thor dan Loki dibuang ke planet Sakaar. Thor dijadikan petarung di area Gladiator. Disini dia bertarung dengan temannya sendiri, Hulk. Sedangkan Loki jadi penikmat kekuasaan dengan Grandmaster.

Singkat cerita Thor bertemu Valkyrie yaitu prajurit andalan untuk melindungi Asgard, kemudian mengajaknya kembali ke Asgard untuk menyelamatkan Asgard dari tangan Hela. Disini mulai pertarungan, ada karakter pembantu si Heimdall. Hulk juga banyak beraksi disini. Penghuni Asgard pun dievakuasi, Asgard hancur oleh Surtur, Dewa Kematian.

Diakhir credit, Thor dan Loki didatengin kapal besar milik Thanos nih. Dan juga ditunjukkan revolusi planet Sakaar yang dipimpin Grandmaster.

19. Black Panther (2018)

urutan film marvel - 18 - Black Panther

Setelah muncul perdana di Captain America: Civil Wars bareng Spiderman, Marvel pun merilisnya film perdana tentang superhero macan kumbang hitam ini. Diperankan oleh Chadwick Bosemen menjadi seorang bernama T’Challa dari negeri yang tidak diketahui keberadaannya yaitu Wakanda.

Difilm ini menceritakan tentang negeri Wakanda yang kaya akan vibranium. Vibranium tersebut digunakan untuk semua alat teknologi di Wakanda. Konflik terjadi diawali dengan keinginan saudara sepupunya, Erik Killmonger yang ingin menguasai Wakanda setelah dinobatkannya T’Challa sebagai raja baru Wakanda.

Pertempuran saudara pun terjadi. Saat penentuan siapa yang pantas menjadi raja, T’Challa kalah dan jatuh kedalam jurang. Erik pun jadi raja Wakanda saat itu. T’Challa tidak mati, diselamatkan oleh raja wilayah lain. Setelah sembuh kembali, mereka bertarung kembali hingga dimenangkan oleh T’Challa.

Agak standar sih ceritanya, namun cukup menarik untuk penggambaran tentang negeri Wakanda. Di akhir cerita T’Challa pidato didepan PBB bahwa Wakanda membuka diri untuk membantu negara lain di Bumi. Selain itu, ditunjukkan kalau Bucky Barnes alias Winter Soldier telah sembuh dari pertarungan Civil Wars.

20. Avengers : Infinity War (2018)

urutan film marvel - 19 - Avengers Infinity War

Tiba saatnya pasukan superhero bertarung dengan pelaku kehancuran semesta, Thanos. Di film Marvel Avengers terakhir, Thanos ngambil sarung tangan buat meletakkan 6 batu infinity untuk menguasai dunia.

Di film ini condong ke Thanos yang mengambil batu infinity satu persatu nih. Kalau mau diceritain bakal panjang banget.

Ada hubungannya dengan Thor, Loki dan Hulk yang berada di kapal Thanos. Thanos merebut Space Stone dari Loki, Loki pun mati. Hulk yang sempat melawan, diteleportasi oleh Heimdall ke bumi. Thanos kabur dan meledakkan kapal, Thor gak mati tapi.

Dia ditemuin sama Guardians of The Galaxy. Kemudian terpecah, Rocket, Groot dan Thor pergi ke Nidavelir untuk membuat palu Thor yang baru. Sedangkan Gamora, Starlord, Drax ke Knowwhere untuk menyelamatkan Reality Stone.

Tapi terlambat, Reality Stone sudah didapatkan Thanos. Thanos pun menyandera Gamora untuk menunjukkan Soul Stone.

Sementara di bumi, penyerangan dilakukan oleh Cull yang ingin mengambil Time Stone yang dipegang Dr Strange. Dibantu oleh Hulk, Iron Man dan Spiderman melawan dan menyerang balik. Sampai akhirnya mereka mengikuti Cull hingga ke Tivan (planetnya Thanos).

Di wilayah lain, penyerangan juga dilakukan kepada Vision dan Scarlett Witch di Skotlandia. Disana ada Captain America, Falcon dan Black Widow. Vision memegang Mind Stone, kemudian dibawa ke Wakanda untuk melepaskan batu tersebut dari kepalanya.

Thanos dan Gamora bertemu dengan Redskull untuk mendapatkan Soul Stone. Akhirnya mengorbankan anak asuhnya sendiri Gamora yang dibuang ke tebing curam. Thanos pergi ke Tivan karena ada Time stone milik Dr Strange. Pertempuran terjadi, Iron man hampir mati sebelum Time Stone diberikan ke Thanos.

Kemudian pertempuran kembali terjadi di Wakanda, Thanos ingin mendapatkan batu terakhir yang ada pada Vision. Groot, Thor, Rocket, Hulk, Captain America, Black Widow, Black Panther. Vision pun terbunuh, Thanos mendapatkan semua batu. Beberapa superhero menghilang menjadi abu. Sementara di bumi mulai mengalami kehancuran.

Diakhir credit, Nick Fury terlihat memanggil seseorang dengan pager nya sebelum hancur menjadi abu.

21. Ant Man and The Wasp (2018)

urutan film marvel - 20 - Ant Man and The Wasp

Sesaat rasanya superhero berakhir, tapi Marvel membuat film lanjutan dari sekuel Ant Man. Kan dia gak ikut di Avengers Infinity War tuh. Nah disini dijelasin kenapa gak ada Ant Man.

Film marvel ini adalah kejadian sebelum infinity war terjadi. Scott Lang harus mengungkap rahasia besar masa lalu bareng dengan Hope van Dyne yang jadi The Wasp dan juga Dr Hank Pym disini.

Mereka sedang memiliki misi untuk menjemput Janet yaitu istri Dr Pym dan ibunya Hope yang terjebak di quantum realm. Dulu Scott Lang juga terjebak disana, dan ini jadi alasan Dr Pym minta tolong Scott untuk membantunya.

Diawali dengan mimpi Scott Lang yang bermimpi bertemu dengan Janet dan merasa hal tersebut berupa pesan yang harus disampaikan ke Dr Pym. Dr Pym pun membangun teknologi untuk menjemput Janet. Namun butuh alat pendukung yang lain. Sedangkan untuk mendapatkan alat tersebut mereka direpotkan oleh Villain yang dijuluki Ghost.

Musuhnya ini punya kekuatan menghilang. Dia ingin kembali jadi manusia normal setelah dulu terpapar percobaan ayahnya yang gagal saat di HYDRA. Sepanjang film kita dibawa petualangan mereka untuk menjemput Janet. Ini hampir bisa jadi film komedi Marvel. Sedikit sekali bagian romantisnya.

Diakhir cerita, Janet pun bisa kembali dijemput oleh Dr Pym. Wajahnya ikut menua saat kembali ke dunia nyata. Kemudian saat akhir credit baru deh ketahuan kemana Ant Man saat Infinity War kemarin.

Ant Man terlihat masuk lagi ke quantum realm untuk mencari obatnya si Ava yang jadi Ghost tadi. Tapi dia malah terjebak karena Hope dan Dr Pym jadi abu karena serangan Thanos.

Selain itu, credit yang agak gak penting sih, ketika semut maen drum. Terjebaknya Ant Man bakal terjawab nanti di Avengers: End Game. Jadi tunggu aja ya.

22. Avengers : End Game (2019)

urutan film marvel - 21 - Avengers Endgame

Setelah menunggu sekian lama, bahkan disela sama Captain Marvel, akhirnya sekuel Avengers berikutnya muncul lagi melanjutkan Infinity War tahun lalu. Kali ini diberi judul Endgame. Seperti layaknya film pamungkas untuk mengakhiri pertarungan dengan Thanos selama ini.

Seperti yang kita duga, bakal banyak hero yang akan muncul di film ini dan juga akan ada yang pergi. Buat yang belum nonton, wah sepertinya lekas cari dan tonton film yang berdurasi panjang ini streaming di internet ya.

Film ini campur aduk sih, kesedihan, ambisi, emosi, harapan semua jadi satu gitu. Diawal mulainya film ini aja kalian udah bakal dibuat baper dengan kejadian punahnya umat manusia jadi abu itu.

Iron Man yang terdampar di luar angkasa juga bikin sedih karena putus asa, namun akhirnya diselamatin sama hero yang udah lama ilang, yaitu Captain Marvel.

Mereka yang selamat akhirnya berkumpul, Captain America, Thor, Iron Man, Rocky, Black Widow, Rhodes, Hulk, Nebula, dan Captain Marvel. Sisa yang lain seperti Hawkeye berubah jadi Ronin. Sedangkan Ant Man yang terjebak di quantum realm tiba-tiba muncul dan bergabung.

Thanos ditemukan di “Taman” tapi langsung dipenggal Thor. Ant Man punya ide untuk menemukan Infinity Stone dengan cara kembali ke masa lalu. Mereka pun akhirnya membuat mesin yang bisa dipakai untuk mengamankan batu-batu tersebut.

Trailer 1

Tapi saat mereka ambil setiap batu, ternyata ketahuan Thanos lewat jaringan otak Nebula. Thanos pun tahu kalo dia bakal mati, akhirnya dia bisa ke masa depan karena Nebula “masa lalu” menyusup ke masa depan dan membuka pintu Time Travel untuk Thanos.

Infinity War 2 pecah lagi. Semua yang dulu jadi abu, kembali lagi. Mereka akhirnya bertempur ditambah super hero baru, Captain Marvel. Disini keren sih efeknya, berasa banget Endgame.

Iron Man berhasil mendapatkan sarung tangan penuh infinity stone tersebut, dan menjetikkan tangannya hingga semua pasukan Thanos menjadi abu. Dunia pun kembali menjadi seperti semula.

Tapi Iron Man yang tidak terlalu kuat, akhirnya menghembuskan napas terakhirnya. Disini baper euy. Gak kuat nahan air mata perpisahan gitu. Sebelumnya juga Black Widow yang dikorbankan buat dapetin Soul Stone.

Hero yang memutuskan pensiun lagi adalah Captain America yang diakhir, mengembalikan semua infinity stone ketempat semula. Capt kembali dengan tubuh tua renta. Lalu memberikan tameng supernya kepada Eagles.

Trailer 2

Mereka yang selamat, akhirnya berpisah. Masing-masing menuju tempat semulanya. Di film ini gak ada post credit nih. Mungkin spesial film terakhir dari phase pertempuran melawan Thanos kali ya.

Tapi durasi 3 jam ini penuh banget cerita yang gak bikin kalian bosen. Cerita perjalanan mereka yang menjemput semua batu infinity itu banyak drama dan hal lucu yang terjadi.

Kehidupan kembali seperti semula dan musuh bakal kembali muncul. Film Marvel selanjutnya diawali lagi dengan Spiderman yang melanjutkan masa sekolahnya. Spiderman dengan judul Far From Home bakal nemenin kita mengikuti kelanjutan dari Marvel Cinematic Universe ini.

23. Spiderman : Far From Home (2019)

urutan film marvel - 23 - Spiderman Far From Home

Setelah sebelumnya Spiderman: Homecoming yang menceritakan perkenalan kembali seorang Spiderman, kali ini Peter yang punya kostum lebih canggih bakal menghadapi villain yang lebih kuat.

Setelah sebelumnya Spiderman: Homecoming yang menceritakan perkenalan kembali seorang Spiderman, kali ini Marvel melanjutkan kisah Peter Parker pasca Avengers End Game. Setelah Tony meninggal di Avengers End Game, ternyata Ia mewarisi pakaian supernya kepada Peter untuk terus menjadi Spiderman.

Sekuel kedua kali ini, Peter dan kawan-kawannya sedang menghadapi liburan sekolah, sebenarnya liburan khusus untuk orang-orang yang selamat atau kembali setelah peristiwa End Game. Di awal film juga Peter merencanakan untuk “nembak” MJ saat liburan nanti.

Destinasi tujuannya adalah Venice, Italia. Disinilah mulai muncul villain dengan makhluk monster air dikenal dengan Hydron. Monster mengamuk dan hampir menghancurkan Venice dan juga mengancam teman-temannya.

Tapi Peter gak sendiri, ada Mysterio, superhero yang menghancurkan monster ini. Mysterio akhirnya terkenal di mata publik. Nick Fury dan Maria Hill yang muncul di film ini mengetahui dan mengajak Mysterio bekerja sama menaklukkan The Elemental, pasukan yang sudah muncul dan dihancurkan Mysterio.

Nick membajak Peter untuk membantunya, tapi Peter kukuh tidak ingin membantu, dia cuma pengen liburan aja. Hingga akhirnya terpaksa karena sudah dipercaya oleh Tony dengan segala fasilitas yang diberikan. Nick memberikan kacamata super titipan Tony kepada Peter.

Menurut Mysterio, tinggal monster terakhir yang akan muncul yaitu Hellfire, yang dibilang monster paling kuat. Monster dengan berbentuk lava panas ini bisa menggunakan besi untuk bahan bakar tubuhnya. Ia akan muncul di kota Praha. Peter dan kawan-kawan pun diajak untuk liburan disana.

Hellfire muncul dan menghancurkan karnaval yang sedang berlangsung. Spiderman dan Mysterio pun beraksi dan berhasil mengalahkannya. Peter yang merasa tidak percaya diri untuk menggantikan Iron Man, akhirnya kena tipu daya Mysterio yang kemudian kacamata super tersebut diberikannya.

Setelah itu, barulah kedok Mysterio terlihat, Mysterio membuat skenario bersama rekannya untuk menipu Nick dan Spiderman. Hal ini baru tersadar oleh Peter setelah ditunjukkan salah satu proyektor yang disimpan oleh MJ.

MJ jadi tahu Peter adalah Spiderman. Peter langsung ingin bertemu Nick untuk memberitahu kabar ini. Namun ternyata dihadang Mysterio dan dikirim ke Belanda. Untung bisa ditolong Happy. Peter bisa menuju London, sebagai tempat pertunjukan Mysterio.

Pertarungan pun ditunjukkan antara keduanya, drone dari satelit milik Stark pun meluncur. Hingga akhirnya Spiderman bisa mengalahkan Mysterio. Namun asistennya mengambil data terakhir dari kacamata super.

Seperti biasa, Marvel memberikan clue di akhir credit. Nah di film ini, Spiderman difitnah oleh asisten Mysterio karena membunuh Mysterio pada layar billboard.

Sebenarnya clue tersebut menjadi hal yang percuma, karena setelah beberapa miinggu film Spiderman Far From Home ini tayang, pihak Marvel dan Sony Pictures gagal mendapatkan kesepakatan untuk kelanjutan Spiderman ini. Kemungkinan Spiderman ini gak jadi diterusin Marvel dan bakal diambil alih lagi sama Sony. 

Cuma kita lihat nanti, karena Marvel udah ngerilis beberapa film yang akan datang 3 tahun mendatang. Dalam lineup film yang akan digarap, gak ada sekuel lanjutan dari Spiderman ini, yang berarti beneran gak akan diterusin Marvel.

24. Black Widow (2020)

Setelah kabar buruk yang datang beberapa bulan lalu dimana Sony Pictures yang gagal mencapai kesepakatan dengan Marvel Cinematic Universe soal kelanjutan Spiderman, akhirnya Marvel merilis rencana untuk menampilkan line up Film untuk 2 tahun mendatang.

Salah satunya adalah film yang akan tayang di pertengahan 2020 ini yaitu Black Widow. Ini jadi film single perdana yang dimiliki seorang superhero pendamping dan juga film superhero perempuan kedua setelah Captain Marvel.

Entah gimana maksudnya si Marvel ya. Mereka membuat film yang aktornya padahal udah mati di Avengers Endgame lalu. Tapi sepertinya mereka ingin memunculkan superhero pengganti dari Natasha Romanov dengan membuatkan film flashback.

Trailernya sudah direlease oleh Marvel dan seketika ditonton oleh jutaan pengguna. Pada trailer tersebut terlihat setting yang ada berada di kota Budapest. Kota dimana ada masa-masa Black Widow tumbuh. Karena beberapa kali di mention di film Avengers bersama Clint Barton.

Kemudian banyak juga scene-scene yang pernah ada di film sebelumnya. Seperti flashback saat di Retrum, kemudian di pesawat helicarrier milik SHIELD dan Nick Fury yang bersembunyi. Selain Nick Fury, juga ada Jenderal Ross.

Sepertinya banyak adegan yang terjadi di kota Budapest nih dan settingan dimana waktunya berada diantara film Captain America : Civil War dan The Avengers Infinity War.

Ketika melihat kembali trailernya, Natasha bertemu dengan seorang perempuan yang bernama Yelena Belova. Ia sama seperti Natasha, alias Black Widow juga. Mereka dilatih di Retrum, sebuah tempat pelatihan militer Rusia sebagai pembentuk Black Widow.

Kemungkinan Yelena bisa jadi bakal jadi penerus Black Widow di film MCU lainnya nih, karena berhubung Natasha sudah mati di The Avengers Endgame. Kita juga bisa melihat karakter perempuan lainnya dan juga pria gendut dengan kostum merah yang bernama Alexei.

Muncul juga villain yang bernama Task Master dengan panah akuratnya. Ia merupakan musuh dengan keahlian tinggi. Dan kayaknya bakal jadi musuh di film ini yang akan mengganggu misi Natasha Romanov.

Kira-kira bakal seperti apa ya film Black Widow ini. Buat yang gak pernah ketinggalan film Marvel, jangan sampe gak nonton. Film Black Widow ini bakal tayang tanggal 21 May 2020 pas ramadhan di Indonesia deh.

25. The Eternals (2020)

Jadwal Tayang di Bioskop : 6 November 2020

26. Shang Chi And The Legend Of Ten Ring (2021)

Jadwal Tayang di Bioskop : 12 Februari 2021

27. Doctor Strange In The Universe of Madness (2021)

View this post on Instagram

A post shared by Marvel Studios (@marvelstudios) on

Jadwal Tayang di Bioskop : 7 May 2021

28. Thor: Love And Thunder (2021)

Jadwal tayang di Bioskop : 5 November 2021

29. Black Panther 2 (2022)

Jadwal Tayang di Bioskop : 6 May 2022

Series Khusus Disney+

Selain merilis jadwal film yang akan tayang di bioskop, Marvel pun mencari lini pendapatan berikutnya dengan membuat film series yang memanfaatkan platform berbayar milik Disney yaitu Disney+.

Nah gue gak masukin apapun clue yang tayang di film series ini kedalam alur perjalanan film superhero Marvel yang tayang di bioskop. Ya palingan ada sedikit-sedikit clue yang mungkin tayang di film.

Buat kalian yang suka banget sama Marvel, bener-bener suka seperti baca komiknya mungkin kalian juga jangan ketinggalan sama film seriesnya.

Beberapa superhero yang akan tayang di Disney+ bisa lihat dibawah ini ya.

The Falcon and The Winter Soldier

Di tahun 2020, Marvel akan mulai merilis film series dari superheronya. Pertama bakal diambil oleh Falcon bersama Winter Soldier. Di series ini tetap diperankan oleh aktor yang sama. Falcon aka Sam Wilson tetap diperankan Antony Mackie dan Winter Soldier aka Bucky Barnes diperankan oleh Sebastian Stan.

Keduanya ini memang sahabat nya Captain America yang memilih untuk tua dan mati saat di film Avengers Endgame. Kemudian memberikan perisainya kepada Falcon. Namun tetap ditemani oleh Winter Soldier.

Wanda Vision

Selain The Falcon and The Winter Soldier, ada Wanda Vision yang masih diperankan oleh Elizabeth Olsen. Ada pemeran lainnya seperti Paul Bettany dan Teyonah Parris. Serial Wanda Maximof ini akan tayang musim semi 2021 nih sekitar September-Desember, jadi masih agak panjang. So tungguin aja ya.

Loki

Barengan Wanda Vision, ada juga serial dari saudara kandung sang pemilik Palu Mjolnir, yaps Loki. Masih diperankan oleh Tom Hiddleston. Tayangnya juga masih lama yaitu musim semi tahun depan 2021.

What If?

What If..? akan jadi serial animasi pertama yang tayang dan dibuat oleh Marvel Cinematic Universe. Tayang di Disney+ dan gue mungkin gak terlalu tertarik. Mungkin kalian yang fanatik bisa nonton serial ini. Serial animasi ini bakal tayang di musim panas 2021.

Hawkeye

Marvel juga merilis serial dari superheronya kembali dan kali ini adalah Hawkeye. Pemanah dengan nama Clint Barton ini bakal memerankan film series nya bersama perempuan. Pemerannya masih Jeremy Renner dan pemeran perempuan oleh Kate Bishop. Hawkeye bakal tayang musim gugur 2021 nih.

Blade

Marvel kembali memunculkan aktor superhero lainnya, kali ini disebut blade. Bakal diperankan oleh Mahershala Ali. Sebenernya gue belum tahu ini bakal jadi film series atau film layar lebar. Jadi tunggu aja info pastinya ya.

Ms Marvel

Ada lagi superhero yang akan dikenalkan oleh MCU yaitu Ms Marvel. Gue juga belum tahu siapa dia. Kalau ada yang tahu silahkan komen dibawah ya. Untuk jadwal tayangnya belum diketahui.

Moon Knight

Sama seperti Ms Marvel, kali ini Moon Knight juga di umumkan MCU akan tayang di Disney+ yang digadang-gadang original series dari MCU. Penasaran? Tunggu nanti ya. karena jadwalnya juga belum tahu.

She-Hulk

Ini juga gue gak tahu maksudnya apa, jadi ini hulk versi cewe gitu kali ya? Sayangnya cuma tayang di Disney+ jadi nanti ceritain aja ya. Untuk jadwal tayang juga belum dikasih tahu nih.

Nah sampai saat ini Marvel Cinemati Universe udah bikin film segitu banyak. Buat yang ketinggalan bisa nih nonton lagi. Biar tahu ceritanya kaya gimana, superheronya siapa saja.

Baca Juga : Jadwal Bioskop Indonesia Update 2019

Kalau film Avengers kan jadi banyak tuh tokohnya. Jadi gak bingung kalau ditanyain temen nanti atau biar nyambung kalau lagi pada ngomongin film Marvel.

Jangan lupa share ya kalau udah baca ini. Biar yang lain pada tahu. Dan jangan lupa baca artikel yang lain ya.