Ketika tidak hanya kesehatan fisik, melainkan pula kesehatan mental yang dibutuhkan manusia saat ini untuk melawan wabah virus Corona. Penyakit Covid-19 mewabah hampir di seluruh negara.

Indonesia pun tentu mudah sekali mendapatkan penularan virus ini. Bahkan sekarang terus bertambah pasien yang positif terinfeksi.

Akhirnya pemerintah mengambil langkah penyelamatan dengan memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Tidak boleh ada kerumunan ditempat umum, yang kemudian melarang beroperasinya perusahaan secara langsung, perusahaan dianjurkan untuk melakukan operasional secara online.

Transportasi umum diperketat dan harus menjalankan jaga jarak antar penumpang. Pengguna kendaraan pribadi dibuatkan aturan larangan.

Hingga kita hanya bisa dirumah aja. Nasib mall, tempat hiburan, wisata? Semua ditutup. Kita gak bisa jalan-jalan lagi, pedagang tidak bisa berjualan, hingga perusahaan terpaksa tutup dan merumahkan sebagian besar pegawainya.

stress termasuk gangguan kesehatan mental
sumber : pexels.com

Tentu sebagian besar merasa kaget dengan keadaan baru seperti ini. Gak jarang banyak yang bosan dirumah, bahkan depresi berat karena habis diputus kontrak dengan perusahaan. Bingung mau kasih makan apa buat keluarga. Cari bantuan kesana kemari demi bisa bertahan hidup.

Pentingnya Kesehatan Mental

Disaat seperti inilah kesehatan mental kita juga harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya seperti kesehatan fisik kita. Diawal masa pandemi rasanya kita dituntut untuk jaga kesehatan fisik.

Setiap hari harus memperkuat imun kita dengan minum vitamin hingga harganya melambung tinggi.

Lalu dituntut rajin cuci tangan hingga sekarang kewajiban menggunakan masker dimana pun kalian berada. Semua hal tersebut gaung dikampanyekan berbagai pihak untuk menghindarkan kita dari tertularnya virus corona.

Kita udah ngelakuin itu semua, alhamdulillah kita masih terhindar saat ini dari serangan virus tersebut. Tapi ternyata banyak yang terserang pada pikiran kita, pada psikis kita.

Efek covid-19 gak cuma bikin kita waspada. Tapi bikin kita stress juga, depresi sampai bingung mau ngapain.

Udah gak kerja, harus tetep makan, belum lagi bayar tagihan. Bagaimana gak stress? Disini kita mesti berjuang juga buat jaga kesehatan mental kita. Gak cuma jaga kesehatan fisik.

Menurut kalian apa semua orang bakal stress? Mungkin iya, tapi gak semua yang bakal stress berkepanjangan. Pasti ada yang bisa mengelola stress tersebut sehingga dia tetep bisa jalanin kehidupannya walaupun sedang susah. Itu tandanya mereka punya kesehatan mental yang baik.

Kalau dipikir-pikir, pemulung aja punya kesehatan mental yang lebih baik dibanding orang yang punya pekerjaan bagus tapi stress mulu.

Kalau gue lihat dari mata biasa gini kan pemulung tetep jalanin hidupnya, okelah dia memikirkan gimana nanti makan apa, tapi terkadang gue ngelihat mereka terus senyum, tertawa seperti hidupnya itu dibawa santai, jalan seperti apa adanya.

pemulung punya kesehatan mental yang lebih baik
sumber : voaindonesia.com

Coba lihat deh manusia gerobak yang kadang ada dipinggir jalan. Kelihatannya hidupnya tenang, gak ada beban. Bebannya cuma gerobak yang dia bawa, sembari terus berjalan entah tujuannya kemana.

Dia jalan aja karena mungkin dia percaya bahwa rejekinya sudah diatur sedemikian rupa.

Ketenangan inilah yang sangat dibutuhkan untuk kita dalam rangka menjaga kesehatan mental di era wabah penyakit seperti ini. Kita dituntut lebih sabar lagi menghadapi dunia yang sedang tidak seperti biasanya.

Kita harus bisa menjaga dan mencoba beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

Baca Juga : 2 Zat Gizi yang Sangat Penting Buat Kalian Para Ibu Hamil

Ini berlaku untuk siapapun karena sekarang ini hampir semua kalangan terkena dampak pandemi yang berlarut panjang seperti ini. Bagaimana jika kalian merasa terkena gangguan mental?

Ketika Merasa Terkena Gangguan Mental

Kalian bisa menenangkan diri terlebih dahulu dan coba untuk tidak memikirkan apapun. Jika kalian merasa gangguan ini terus berlanjut kalian bisa coba berkonsultasi dengan psikiater. Karena mereka bisa membantu menyelesaikan masalah kalian.

Kalian bisa menemukan psikiater di aplikasi Halodoc, aplikasi yang menyediakan konsultasi online dengan para dokter.

Selain itu kalian bisa menemukan juga rumah sakit yang bisa kalian kunjungi untuk berkonsultasi dengan dokter pilihan kalian.

Di Halodoc kalian juga bisa membaca banyak artikel kesehatan yang bisa membantu pencerahan tentang kesehatan dan tentu bisa pula untuk membeli obat secara online yang akan diresepkan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : 5 Obat Alamiah untuk Menyembuhkan Penyakit Dalam

Yuk dijaga kesehatan diri kita, gak cuma kesehatan fisik aja, tapi juga kesehatan mental ini agar kita bisa jadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani terlindung dari berbagai penyakit.

Jangan lupa share jika bermanfaat dan tulis saran kalian di kolom komentar ya. Baca juga artikel lain di blog gue ini.