Seorang suami yang tahu kalau istrinya hamil, pasti perasaannya seneng banget, sumringah, berasa dapet kado yang super dahsyat gitu. Kecuali yang belum jadi suami tapi udah ngehamilin orang, yah itu sih parah, semoga gak kejadian di kalian ya, nauzubillah.

Begitu tahu istri gue hamil, rasanya seneng campur panik. Tapi paniknya positif, gue harus mempersiapkan semuanya yang dibutuhkan istri dan calon anak gue. Hal baru ini membuat gue harus belajar tentang kehamilan biar sebagai suami gak cuma iya-iya aja tanpa pengetahuan.

Nah saat masa kehamilan, porsi makanan dan beragamnya makanan yang dikonsumsi jadi hal penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan tercukupinya atau tidak zat gizi yang dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun untuk janin yang ada dalam kandungan.

suplemen untuk ibu hamil
(sumber : doktersehat.com)

Ada banyak zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak dibandingkan sebelumnya sehingga porsi makan ibu hamil nih bisa naik hingga 3 kali lipat.

Selain itu kebutuhan gizi juga semakin beragam sehingga makanan yang dikonsumsi ibu tak boleh monoton apalagi hanya mengkonsumsi nasi dan lauk gorengan aja.

Udah tahu gitu, gak semua ibu ngikutin saran-saran dari dokter spesialis yang berhubungan dengan makanannya. Karena itu ada cara lain yang perlu dilakukan yaitu dengan cara memberikan suplemen kesehatan khusus untuk ibu hamil sehingga diharapkan bisa menjadi sumber pemenuhan zat gizi yang dibutuhkan ibu dan janin.

Pemberian suplemen ini sesuai dengan kebutuhan gizinya diantaranya adalah suplemen zat besi dan susu ber-dha yang bisa diberikan setiap hari. Kebutuhan zat besi dan dha harus dipenuhi agar ibu hamil dan janin berada dalam kesehatan yang optimal.

Apa saja sebenarnya fungsi dari kedua zat gizi tersebut sehingga menjadi komposisi suplemen dan susu ibu hamil yang penting?

Zat Besi

Zat besi ini sangat penting untuk manusia, gak Cuma buat ibu hamil lho. Karena zat besi ini memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai bahan pembuatan sel darah. Dengan zat besi yang cukup kalian akan terhindar dari anemia.

Sel darah juga diperlukan tubuh untuk melakukan metabolisme, membentuk jaringan baru, mengantarkan oksigen, hingga mengatur sistem imun. Nah efeknya kalau kekurangan zat besi pada janin juga bisa menyebabkannya lahir cacat/prematur bahkan meninggal. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini menjadikannya sebagai salah satu suplemen yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

minum suplemen ibu hamil untuk menjaga janin
(sumber : hellosehat.com)

DHA (Docosahexanoic Acid)

Asam dokosaheksaenoat atau yang kita kenal dengan DHA. Zat ini lebih banyak berfungsi untuk pembentukan sel otak pada janin. Peran DHA untuk kecerdasan otak anak sangat besar karena DHA berperan untuk memproduksi sel otak yang lebih aktif sehingga nantinya anak akan lebih tanggap dan cerdas. Karena itu, banyak susu ibu hamil ataupun susu balita yang mengandung DHA di dalamnya.

Baca Juga : Menangani Bengkak Asam Urat dengan Kompres

Minimal 2 zat itu yang harus dipenuhi seorang ibu hamil. Kalau bisa lebih zatnya juga bagus, kaya asam folat tuh ternyata emang zat wajib juga buat bumil. Menurut kalian ada lagi gak yang wajib dipenuhi ibu hamil? Share di kolom komentar ya.