Dunia hingga saat ini sedang menunggu satu hal yang bisa mengatasi pandemi covid-19 yang berkepanjangan terutama di negara ini, Indonesia. Apa itu? Iya, sebuah formula dalam bentuk vaksin yang diharapkan dapat melawan atau menangkal virus corona yang ingin masuk kedalam tubuh manusia.

Tapi apakah memang vaksin yang dunia butuhkan untuk melawan virus corona?

Apa itu Vaksin?

Kalau dilihat dari Wikipedia, vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Secara sederhana nih, vaksin ini dibuat dari bagian virus itu sendiri yang kemudian dijadikan lawan ketika ada didalam tubuh manusia.

vaksin sebagai antigen melawan virus atau bakteri
(sumber : halodoc.com)

Secara medis, vaksin memang digunakan untuk melawan virus atau bakteri yang bisa bikin kita sakit. Misal pas bayi baru lahir tuh udah banyak jadwal vaksinasi biar nanti si bayi kuat ngelawan virus atau bakteri yang bisa bikin sakit di kemudian hari.

Contohnya PCV buat pneumonia, terus ada lagi vaksin campak, vaksin polio, vaksin hepatitis dan lainnya. Itu semua berkat penemuan medis yang akhirnya hingga sekarang nih bisa mengurangi peluang sakit dari penyakit tersebut.

Ingat ya, mengurangi peluang terkena penyakit. Bukan berarti bebas dari corona nantinya. Karena semua tergantung kondisi tubuh kita yang bisa ngelawan serangan virus. Jadi jangan sampai kalian berpikiran kalau udah di vaksinasi, terus kebal sama corona. Ya harapannya sih iya, cuma lagi-lagi gak menjamin.

Akhirnya Vaksin Berhasil Dibuat

Sejauh ini berita tentang keberhasilan pembuatan vaksin nih beredar luas ya. Kayanya hampir setiap negara buat vaksin. Ya karena emang belum ada vaksinnya atau lagi disembunyiin sama pihak yang menguasai dunia (teori konspirasi).

vaksin covid 19 ditemukan di banyak negara contohnya pfizer dan sinovac
(sumber : kompas.com)

Jadi banyak negara yang berlomba-lomba siapa yang cepat bikin vaksin. Ada juga negara yang nunggu aja, nanti biar beli. Nah itu negara jadi ladang bisnis kan, enaknya cuan. Tapi Indonesia nih juga sebenernya bikin sendiri kan, coba meneliti dan bikin sendiri. Biofarma yang jadi pioneer bikin vaksin lokal.

Tapi kalah cepet nih sama vaksin buatan negara yang pertama ditemukan virus corona ini, yaitu China. Mereka udah bikin duluan, udah ngetes duluan. Ya jelas bisa duluan, orang disana duluan yang kena virus. Vaksin dari China ini terkenal dengan nama CoronaVac, Sinovac atau vaksin Sinochem.

Di belahan dunia lain, AS, juga mengembangkan yang dipimpin Pfizer. Tapi katanya nih, harganya lebih mahal dari Sinovac.

Akhirnya Indonesia beli Sinovac dari China dan kabar terakhir sih udah sampai di tanah air. Tapi yang mungkin masih jadi masalah setahu gue, Sinovac ini belum ada hasil di uji klinis 3, artinya masih belum tahu sejauh mana efek samping yang bakal terjadi. Jadi mungkin masih bakal di uji lagi sama Biofarma.

Setahu gue lagi, yang bakal dapet duluan tentu tenaga medis, TNI Polri, ASN yang ada di garda depan. Baru nanti rakyat biasa kaya kita-kita.

Baca Juga : Sering Bersin-Bersin Tanpa Alasan, Gejala Alergi?

Semua Kembali Kepada Kondisi Masing-Masing

Okelah vaksin sudah berhasil ditemukan dengan segala upaya buat mengakhiri pandemi. Namun kita kembali kepada hakikatnya itu yaitu sebuah upaya untuk mengurangi peluang terkena covid 19.

Jaga kesehatan dengan olahraga
(sumber : suara.com)

Kembali ke formula awal, yaitu memastikan diri kita sehat wal afiat, menjaga diri tertular virus dari orang lain dan menjaga keberadaan imun tubuh dengan makanan sehat dan olahraga.

Vaksin mungkin jadi salah satu opsi untuk saat ini. Karena kita gak tahu apa yang bisa jadi obat covid. Kita disuruh lebih fit aja biar bisa ngelawan virus itu. Jadi tetep jaga kesehatan dan selalu menjaga diri biar gak ketular dari orang lain.

Nah kalau misal kalian ngerasa tubuh gak seperti biasanya alias tiba-tiba ngerasain sakit. Pertama gak usah panik. Gak perlu buru-buru ke rumah sakit, karena sekarang rumah sakit lagi padat. Jadi bisa konsultasi dulu di Halodoc. Disana kalian bisa konsultasi sama dokter langsung tanpa perlu keluar rumah.

Baca Juga : Sehat Fisik Gak Cukup, Butuh Kesehatan Mental Juga

Dokter-dokternya selalu available. Kita juga gak perlu antri lama-lama kalau di RS. Selain itu, kalian juga bisa menemukan obat yang diresepkan dokter tadi. Pesen online lalu nanti abang ojol yang akan nganterin obatnya kerumah kalian.

Jadi kalian gak perlu kemana-mana. Cukup stay dirumah dan segera pulihkan badan yang sakit. Paling segitu dulu ya, tanggapan gue soal obat covid ini. Semoga bisa bermanfaat.