Sering denger nih pas kita bersin, itu tandanya ada yang lagi ngomongin kita di tempat lain. Terus kita mikir-mikir, siapa yang lagi ngomongin. Mungkin mantan yang belum move on.

Nah bagaimana kalau kalian sering mengalami bersin-bersin tanpa henti? Apakah ini tandanya kalian sangat terkenal? begitu populer? Sayangnya belum tentu demikian, dan mungkin bisa jadi hal itu karena gejala rhinitis alergi yang sedang mengintai tubuh kalian.

bersin alergi
(sumber : id.theasianparent.com)

Kenali Gejala Alergi Pernafasan yang Mungkin Sedang Dialami

Saat kalian gampang bersin-bersin yang terus-menerus gak jelas, besar kemungkinan kondisi ini dipicu oleh sistem kekebalan yang lemah atau faktor genetik yang diturunkan kepada kalian.

Gampang bersin dan terus-menerus bersin tanpa pemicu yang jelas, misalnya sedang flu, menjadi tanda bahwa kalian mengalami gejala alergi pernafasan (rhinitis).

Nah, apakah kalian sering mengalami kondisi bersin-bersin yang menyiksa ini saat terpapar oleh polusi, debu, asap rokok dan mungkin pemicu lain? Jika demikian, maka semakin jelaslah apa yang menjadi penyebab penderitaan kalian tersebut.

Sistem kekebalan tubuh memiliki respon tertentu pada beberapa hal yang menurutnya menjadi ancaman, sekalipun menurut kalian hal itu tidaklah berbahaya. Saat hal asing tersebut masuk ke bagian hidung, maka tubuh bereaksi untuk menyingkirkan hal itu dengan memproduksi histamine.

Karena hal asing yang dapat memicu reaksi alergi ini biasanya berada di atsmosfer, maka kalian pun tidak akan bisa menghindari paparan alergen tersebut dengan mudah.

Pemicu lain seperti serbuk sari juga kadang tersebar di mana-mana tanpa disadari. Sementara debu yang dapat diketahui dari melihat kondisi lingkungan juga terkadang tak terhindarkan.

Baca Juga : Komplikasi Diabetes yang Berbahaya

Diantara berbagai pemicu alergi tersebut, yang perlu mendapat perhatian kalian adalah kutu di dalam debu yang mungkin saja bersembunyi di kasur lama, selimut ataupun karpet yang tak terawat dengan baik.

Selain debu dan kutu, alergen lain yang tak kalah dekat dari kehidupan manusia sehari-hari adalah hal-hal yang berasal dari binatang baik peliharaan maupun bukan. Hewan piaraan biasanya menggaruk badan dan meninggalkan debu kulit mati menyerupai ketombe di banyak tempat.

debu penyebab alergi rhinitis
(sumber : okezone.com)

Sayangnya, debu ini lain dari ketombe biasa dan cenderung lebih lengket di berbagai area misalnya perabot, karpet dan sebagainya. Tentu saja debu ini juga sama berbahayanya untuk alergi kalian.

Nah kalau kalian ingin mengenali alergi pernafasan dengan lebih akurat, maka saat kalian seringkali ngerasa gatal di hidung dan terasa ingin bersin maka besar kemungkinan ini adalah alergi.

Baca Juga : 5 Obat Alamiah untuk Menyembuhkan Penyakit Dalam

Tak hanya itu saja, bersin yang terjadi terlalu sering dan berkepanjangan tanpa jeda juga bisa termasuk gejala alergi pernafasan. Bersin-bersin ini sejatinya bentuk respon tubuh demi mengeluarkan hal asing yang menurutnya mengancam.

Ada beberapa artikel di https://www.guesehat.com/ yang bisa kalian jadikan referensi terkait alergi semacam ini. Yuk dicegah daripada mengobati.