Ngomongin desain logo pasti menarik. Jaman sekarang gini kebutuhan manusia makin banyak ya, sampai muncul produk-produk baru yang bisa jadi produk baru ataupun produk hasil pengembangan dari produk terdahulu yang sudah tidak sesuai dipakai sekarang.

Setiap ada jenis produk baru, pasti akan timbul lebih dari satu produsen untuk membuatnya. Hal itu bikin adanya persaingan di pasar. Positif dibanding harus dimonopoli satu produsen yang nantinya malah keenakan ngatur harga. Kitanya yang repot kan.

Nah produk yang bersaing itu mau gak mau harus memikirkan gimana caranya bisa merebut hati para konsumennya. Tentu akan ada banyak faktor disini.

Bisa mulai dari harga, kualitas, estetika hingga review dari pengguna sebelumnya. Salah satu yang bikin konsumen bisa beli produk kita secara berulang adalah dengan memperkenalkan brand kita dalam bentuk visual agak selalu diingat.

Bentuk visual tersebut bisa dalam bentuk desain logo hingga desain packaging keseluruhan produk kita. Oleh karena itu, saat ini desain itu penting sekali, karena ini tampilan awal yang akan membedakan produk kita dengan produk sejenis lainnya di pasaran.

Nah disini mungkin gue bisa kasih tahu beberapa pedoman yang bisa kalian pakai untuk membuat desain logo produk yang menarik.  

Pedoman Pembuatan Desain Logo Menarik

pedoman desain logo
sumber : yuksinau.com

1. Jenis Logo

Hal pertama yang diperhatikan dalam pembuatan logo ialah jenis logo. Logo tersebut dapat berjenis seperti simbol yang abstrak seperti yang dicontohkan dalam logo Adidas yang berbentuk strip tiga. 

Selain itu, jenis logo lain yang dapat digunakan ialah simbol ilustrasi yang mana menggambarkan deskripsi dari bisnis yang tengah dijalankan, hal ini seperti logo Burger King yang menggambarkan gambar burger sebagai identitas bisnis perusahaan tersebut. Ada pula yang berbasis font logo, yang mana hal ini dipopulerkan oleh brand Coca Cola.

2. Warna Logo

Pada saat pembuatan logo, warna menjadi sebuah hal yang mempengaruhi ketertarikan pembeli atau konsumen untuk mencoba produk tersebut.

Misal ketika menggambarkan warna – warna yang cerah untuk produk seputar makanan, hal tersebut dapat menimbulkan sebuah energi atau sensasi panas dari sebuah makanan.

Lain halnya dengan warna biru yang menimbulkan kesan kepercayaan dan berbagi.

3. Grafis Logo. 

Tampilan sebuah logo dilihat dari grafis keseluruhan yang terdiri dari bentuk atau jenis kemudian warna yang mana hal tersebut membentuk suatu kesatuan yang nantinya memberikan kesan kepada masyarakat untuk melihatnya. 

Dan tak jarang, logo yang menarik nantinya akan tertanam dalam mindset manusia sehingga kemudian akan membentuk pola pikir yang dapat mengenali logo dan produk tersebut dengan mudah.

Baca Juga : Cara Membuat Email Baru dari HP atau Komputer

Ketiga komponen tersebut yang bisa jadi pedoman kalian untuk membuat desain logo produk ataupun logo perusahaan lebih baik.

Logo jadi amat penting di era sekarang ini, apalagi kalau sudah tertanam di pikiran konsumen. Mindset yang tertanam di pikiran konsumen bisa menjadi senjata untuk melawan kompetitor lainnya yang menawarkan promo-promo menarik.

Dengan pembuatan logo yang tidak sembarangan gini, kalian yang gak punya keahlian dalam desain logo ini pasti akan kesulitan. Sehingga kalian cuma punya 2 pilihan.

Pilihan pertama yaitu dengan mengasah kemampuan desain ini dalam jangka waktu yang lama sampai kompetitor lebih dulu mendominasi pasar atau pilihan kedua dengan menggunakan freelancer yang menyediakan jasa desain logo murah.

Kalau kalian sayang dengan waktu yang terbuang, maka opsi kedua sangat mungkin kalian pilih. Karena dengan harga yang murah, kalian bisa menghemat waktu untuk mendapatkan logo yang juga sama bagusnya atau bahkan lebih bagus dibanding yang kalian buat sendiri.

Ada banyak jasa desain logo murah di luar sana. Ada yang benbentuk agency ataupun sekedar freelancer. Kadang kita bisa menemukan freelancer yang punya harga lebih murah dibanding agency dengan hasil yang sama bagusnya.

Disini ada tips buat kalian faktor memilih freelancer jasa desain logo.

Faktor Memilih Jasa Desain Logo

freelancer desain logo
sumber : medium.com
  1. Pengalaman. Melalui aspek ini, seorang jasa desain dapat dilihat kematangan dan keahliannya dalam membuat desain yang nantinya menarik dan sesuai keinginan.
  2. Profesional. Gunakanlah jasa desain yang profesional. Dalam hal ini, mereka memiliki perhatian yang lebih pada detail, keterampilan, komunikasi serta dapat dipercaya.
  3. Testimonial. Tinjaulah sekilas mengenai testimoni yang diberikan kepada pelaku jasa desain tersebut. Karena hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana praktik dan kinerja pelaku jasa desain tersebut di lapangan. Baik buruknya suatu produk yang dihasilkan, akan mampu dilihat dari pengalaman klien yang memanfaatkan tenaga jasa tersebut sebelumnya.

Baca Juga : Tips Membuat Iklan Jual Rumah

Nah itu tadi informasi sekilas mengenai pedoman pembuatan logo serta faktor untuk memilih jasa desain logo. 

Dimana sekarang ini semakin banyaknya penawaran tentang jasa desain logo murah membuat kalian haruslah pandai – pandai dalam menentukan pilihannya pada pelaku jasa desain yang berkualitas. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan lupa share ya biar gak cuma kalian yang tahu tentang tips ini..