Tentunya kita sudah mengetahui kalau serangan virus dan penyakit sangat berbahaya yang bisa mengancam kesehatan tubuh kita. Salah satu yang perlu diwaspadai betul adalah diabetes. Sebab, penyakit yang satu ini menyerang banyak orang Indonesia mengingat pola hidup yang tidak sehat.

Serangan penyakit diabetes ini bermula dari kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah. Dari kadar gula yang terlalu tinggi itulah berbagai penyakit bisa hadir dan menimbulkan komplikasi bagi tubuh kita. Mulai dari langkah mempercepat penyembuhan luka diabetes yang semakin sulit sampai berbagai komplikasi lainnya bisa terjadi. 

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal juga beberapa komplikasi diabetes yang seringkali terjadi. Tapi, sebelum lanjut, jangan lupa untuk mengunjungi laman berikut ini www.guesehat.com/manfaat-daun-jambu-biji-untuk-meningkatkan-trombosit terlebih dahulu ya.

Kerusakan Mata

kerusakan mata akibat diabetes
(sumber : hellosehat.com)

Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting untuk menjalankan indera penglihatan manusia. Ketika ada masalah pada mata kita, maka kita akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa melihat secara jelas apa yang ada didepan kita. Kerusakan mata bisa terjadi oleh kebiasaan yang kurang baik sampai diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 bisa memicu terjadinya komplikasi berupa kerusakan pada mata. Hal ini terjadi karena kadar gula dalam pembuluh darah yang berlebih berpotensi merusak pembuluh darah yang ada pada area retina. Saat terjadi masalah pada area retina, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya katarak atau bahkan kebutaan. 

Jadi, ketika kalian atau anggota keluarga kalian didiagnosa mengalami diabetes tipe 1 mulailah lakukan perubahan dan cegah komplikasi berlanjut hingga ke area matanya.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung akibat diabetes
(Sumber : idntimes.com)

Darah yang mengalir ke tubuh kita mengantarkan berbagai nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari. Saat kadar gula dalam darah terlampau tinggi, maka sistem kerja organ tubuh akan terganggu dan mengakibatkan terjadinya komplikasi. Nah, salah satu anggota tubuh yang akan terdampak oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi adalah jantung.

Komplikasi diabetes tipe 1 berupa serangan jantung merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Sebab, jantung merupakan anggota tubuh yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Peran besarnya tersebut tentu akan terdampak apabila kadar gula dalam darah tubuh kita terlalu tinggi. 

Oleh karena itu, selalu atur pola makan agar tidak berlebihan dan mencegah terjadinya komplikasi pada bagian jantung tubuh kita.

Demikian 2 komplikasi penyakit diabetes yang perlu senantiasa kita waspadai. Selalu sediakan obat di rumah kita agar dapat mencegah terjadinya kondisi yang semakin parah apabila suatu penyakit terjadi dengan beli obat online di Goapotik agar semakin mudah. Semoga bermanfaat.