Pada bulan April 2019 lalu, produsen ternama gadget Samsung, mengeluarkan seri terbarunya yaitu Galaxy A10 dan A20 di Indonesia. Sebagar vendor smartphone kelas atas, tentunya produksi Samsung akan terus dinanti oleh penggemarnya di Indonesia, termasuk seri Galaxy A10 dan A20 ini.

Samsung Galaxy A10s vs Samsung Galaxy A20s
(sumber : yugatech.com)

Sebagai seri terbaru dari smartphone Samsung, tentunya keduanya hadir dengan spesifikasi yang terbaru. Menariknya, kedua seri tersebut juga dibanderol dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Berbeda dengan smartphone flagship seperti Galaxy S10 yang ditawar dengan harga selangit.

Nah, meski sama-sama seri teranyar dan dijual dengan harga terjangkau, apakah perbedaan dari Samsung A10S vs A20S ini? Yuk mari kupas satu per satu pada ulasan Samsung A10S vs A20S review berikut ini!

Aspek Tampilan Layar yang Diberikan

Dimulai dari aspek tampilan layar yang ditawarkan oleh Samsung A10S vs A20S, tentu saja ada sedikit perbedaan. Sebelumnya, ketahuilah jika kedua seri ini sama-sama menggunakan desain layar menyerupai waterdrop notch.

Samsung sendiri menyebut style layar poni tersebut sebagai “Infinity V”. Sedangkan untuk perbedaannya, terletak pada ukuran layar dimana Galaxy A10 hadir dengan lebar 6.2 inchi, sementara itu Galaxy A20 hadir dengan layar lebih lebar yaitu 6.4 inchi.

Perbedaan selanjutnya, terletak pada bagian panel layar yang digunakan. Ya, jika Galaxy A20 mengusung teknologi layar super AMOLED, seperti pada smartphone terbaru secara umum.

Maka, Galaxy A10 mencoba teknologi terbaru lain yaitu PLS. Meski demikian, kedua smartphone ini sama-sama menyematkan resolusi layar HD+.

Kapasitas Memori yang Digunakan

Selain memiliki perbedaan pada bagian ukuran layar, Samsung A10 vs A20 juga memiliki perbedaan pada sektor lainnya yaitu kapasitas memori.

Jika Samsung Galaxy A10S harus puas dengan kapasitas RAM sebesar 2GB, maka pengguna Samsung Galaxy A20S akan mendapatkan keleluasaan memori yang lebih besar yakni 3GB.

Tentu saja, perbedaan memori RAM tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja dan penyimpanan aplikasi. Meski demikian, untuk keperluan menyimpan file dokumen atau video, kedua smartphone ini sama-sama mengusung memori internal sebesar 32GB.

Jika masih kurang, pengguna juga diberi kemudahan untuk menambah memori melalui slot eksternal microSD sampai 512 GB.

Sektor Kamera Bekalang dan Depan

Pada bagian sektor kamera pun ada perbedaan antara keduanya. Ya, Galaxy A10 hanya menyematkan satu kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.9.

Sementara itu, Galaxy A20 telah menggunakan kamera belakang ganda dengan konfigurasi 13 MP aperture f/1.9 sebagai lensa utama dan 5 MP aperture f/2.2 sebagai lensa ultra wide.

Samsung Galaxy A10s
(sumber : revu.com.ph)

Tak hanya beda dari sektor kamera belakang, kamera depannya pun ada perbedaan. Seri Galaxy A10 dibekali oleh resolusi 5 MP aperture f/2.0 sedangkan A20 didukung oleh kamera depan beresolusi 8 MP aperture f/2.0.

Sektor Baterai yang Digunakan

Baterai adalah bagian penting yang harus diperhatikan ketika seseorang hendak membeli ponsel baru. Pasalnya, semakin besar kapasitas yang ditawarkan, maka ketahanannya akan lebih lama untuk digunakan seharian.

Nah, bicara soal kapasitas baterai, maka kedua seri Samsung A10S vs A20S ini rupanya terdapat perbedaan. Galaxy A10S hanya dibekali baterai berkapasitas 3.400 mAh, sementara itu Galaxy A20S memiliki baterai berkapasitas lebih besar yaitu 4.000 mAh.

Satu hal yang menarik dan mencolok dari Samsung Galaxy A20S ini adalah sudah menggunakan slot USB type C seperti smartphone flagship yang telah mendukung fitur fast charging. Berbeda dengan A10S yang masih menggunakan tipe USB 2.0 konvensional.

Sensor Fingerprint

Meski rilis pada waktu bersamaan, namun baik Samsung A10S vs A20S tidak kompak dalam hal penawaran keamanan berupa sensor fingerprint. Ya, jika Samsung A20s sudah menyematkan sensor fingerprint dibagian belakang perangkat, maka A10S tidak memilikinya.

Dari ulasan perbedaan Samsung A10S vs A20S di atas, tentu saja seri A20S ini jauh lebih unggul daripada seri A10S. Itulah alasan mengapa A20S dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada A10S. Bagaimana? Apakah ada salah satu seri yang menarik hati Anda? Jika tertarik untuk membelinya, pastikan hanya melalui situs web Bhinneka.com ya!