Ketika penyakit menyerang tubuh kita, secara spontan pengennya langsung minum obat. Cari obat ke warung kalau ada. Kalau gak ada, carinya ke apotek. Kalau gak bisa gerak, minta tolong orang disamping kalian.

Kalau penyakitnya bener-bener berat banget, mau gak mau harus ke dokter. Males sebenernya kalau ke dokter gitu. Mikirin administrasi, antrian, belum lagi dokternya lagi ada jadwal apa gak. Belum lagi siapa yang nganterin ke klinik atau rumah sakit. Ribet sih rasanya.

Mudah-mudahan sih beli obat aja langsung ampuh. Tapi tahukah kalian kalau terlalu sering minum obat-obatan yang beredar atau obat kimia gitu ternyata gak baik buat ginjal.

Makanya kalau kalian tanya dokter, sebenernya mereka lebih menyarankan untuk konsumsi obat dengan bahan-bahan alamiah untuk mengatasi penyakit yang kalian derita. Yang paling banyak dan sering bisa temui adalah obat bahan dedaunan.

daun obat alami daun sirsak
(sumber : pemburuombak.com)

Daun Penyembuh Penyakit

Nah dibawah ini gue punya 5 obat alamiah yang bisa kalian coba buat menyembuhkan beberapa penyakit yang sedang kalian derita.

1. Daun Bayam

Yang pertama ada daun bayam. Daun ini merupakan jenis daun yang dapat ditemukan baik di pasar maupun di supermarket dekat dengan rumah kalian. Tukang sayur aja juga pasti ada, tanya aja emak dirumah pasti kan suka beli sayur.

Tahukah kalian bahwa daun bayam ini dapat mengurangi gejala alergi? Kandungan magnesium yang tinggi dalam daun dapat menstimulasi selaput pada pernapasan untuk mengurangi gejala alergi. Obat daun bayam ini dapat dicoba bagi kalian yang mengidap Rhinitis Alergi.

2. Daun Jambu Merah

Daun selanjutnya adalah jambu merah yang ternyata dapat mengobati nyeri akibat sakit gigi. Daun ini memiliki sifat anti radang, anti mikroba, dan juga analgesik yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit.

Daun jambu diambil ekstraknya dan terus dijadikan obat kumur untuk mengurangi nyeri pada gigi. Nah kalau kalian sakit gigi nih daripada minum obat mending kalian cari daun jambu merah ini terus kumur deh. Mudah-mudahan nyeri gigi kalian bisa hilang tanpa kimia.

3. Daun Lidah Buaya

Daun Lidah Buaya ini dikenal dengan manfaatnya yang banyak. Daun lidah buaya dapat dikonsumsi, dijadikan vitamin rambut, serta dapat dijadikan sebagai obat untuk mengurangi produksi asam lambung.

Daun ini dapat mengurangi refluks asam atau produksi asam lambung. Khasiat daun ini patut dicoba jika kalian sering mengalami sakit maag. Mending tanam aja sekalian tanaman lidah buaya ini.

4. Daun Sirsak

Bagi kalian yang mengidap penyakit asam urat atau orang tua kalian biasanya, ada baiknya kalian mencoba untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat.

Sejak zaman nenek moyang daun ini terkenal dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Selain itu daun ini memiliki zat acetogenin yang berkhasiat untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Kayanya agak susah sih nyarinya, tapi kalau memang terasa butuh, lebih baik cari dan tanam sendiri sih.

5. Daun Wungu

Ketika kalian mengalami sembelit atau susah buang air besar, tidak ada salahnya jika kalian mencoba mengobatinya dengan daun wungu. Daun ini merupakan Obat sembelit dan susah buang air besar alami.

Daun wungu mengandung saponin yang mempunyai efek sebagai pencahar ringan atau mild laxative. Dibanding pakai obat sachet dipasaran itu, mungkin kalian mencoba yang alami terlebih dahulu.

Nah 5 daun tersebut punya khasiat yang gak berbeda dengan obat kimia yang harganya kadang suka ngabisin dompet. Daun-daun tersebut dapat menjadi alternatif jika kalian mengalami penyakit yang disebut diatas.

Tapi ya tetap lebih baik sehat sih, gak punya penyakit. Jadi gak perlu susah payah buat nyari-nyari apapun. Jadi jaga kesehatan kalian, cegah penyakit dibanding kesulitan untuk menyembuhkannya. Buat yang punya ide apapun, sampaikan di kolom komentar ya.