Bicara tentang transportasi ke bandara tentu saat ini banyak pilihan. Berbeda dengan masa dulu yang mungkin pilihannya cuma taksi atau dianterin mobil tetangga. Sekarang ini kita punya pilihan seperti shuttle bus dari grup Blue Bird, yaitu dikenal dengan nama Big Bird. Penasaran? Kalian bisa cek tarif big bird selengkapnya di situs Traveloka.com.

Ke bandara dengan shuttle bus menurut gue adalah pilihan untuk lebih hemat budget liburan setelah dikuras harga tiket pesawat yang mahal. Kerasa banget lho sekarang kalau kalian misalnya ke bandara naik taksi online.

Misal kalian tinggal ngekos di daerah Blok M terus mau balik ke kampung halaman yang harus naik pesawat. Terus ke bandara naik taksi online, pasti tarifnya gak nahan. Minimal bisa sampai 100 ribuan. Belum lagi kasih tip buat driver (kalau kalian tipikal orang yang gak enakan). Langsung jebol kan tuh dompet.

Bus big bird
(sumber : bus-truck.id)

Coba misal kalian turunin gengsi buat naik semacam shuttle bus gitu. Dengan tarif yang murah kalian bisa saving sampai 50% dari tarif taksi online tadi. Kan lumayan bukan budget 100ribuan bisa buat pulang pergi bandara, gak cuma pergi aja.

Tarif Lebih Hemat

Faktor yang selalu jadi pertimbangan kebanyakan orang ketika traveling adalah budget. Kemampuan masing-masing orang pasti berbeda, apalagi soal budget ini.

Ada yang tajir melintir, butuh apa aja tinggal gesek. Ada juga yang pas-pasan, kalau mau milih sesuatu harus mikir-mikir, kira-kira apa yang bisa disubsidi.

Nah gue ini termasuk orang yang pas-pasan tadi. Mau gak mau hemat dan efisien jadi prinsip utama. Selama ada pilihan yang bisa dikondisikan, gue bakal milih pilihan itu. Ya seperti transportasi ke bandara ini. Shuttle bus mungkin jadi yang paling murah.

Misal kalian pakai Big Bird ini, kalian Cuma butuh ngeluarin uang sebesar Rp 39.000 saja untuk sepanjang rute yang tersedia. Selisih dari biaya transport tersebut masih bisa gue pakai buat beli sarapan atau buat nanti transport setelah sampai di bandara tujuan.

Fasilitas yang Lumayan

Dengan harga yang murah tadi, bukan berarti kalian dapetin bus yang seadanya. Justru menurut gue, fasilitas yang kalian dapetin ini hampir sama dengan transportasi lainnya seperti taksi online ataupun kereta bandara. Malah kalian bisa dapet lebih.

Wifi salah satu contohnya. Kalau kalian naik shuttle bus Big Bird, kalian bisa dapet Wifi gratis dong. Main mobile legends sepanjang perjalanan juga gratis. Kuotanya bisa disimpen kalau udah sampe tujuan. Mau download film juga bisa kali, buat ditonton nanti di pesawat.

fasilitas premium bus big bird
(sumber : bluebirdgroup.com)

Fasilitas lain seperti colokan listrik. Sulit lah ya dapat charger gratis di taksi online. Antara gak enak dan seringnya dipake sendiri sama drivernya. Udah gitu kalau bawa laptop ya gak bisa charge dong.

Nah di shuttle bus Big Bird ini bisa, ada colokan di tiap sisi kursi. Kalian bisa charge sepanjang jalan.

Satu lagi adalah toilet. Bayangkan kalian kejebak macet di tol menuju bandara, kan sering banget tuh tol bandara macet mulu. Kalau kalian kejebak, kedinginan di mobil terus kebelet buang air kecil gimana? Jadi susah juga kan. Beda cerita kalau kalian naik bus shuttle. Kalian bisa buang air kapan pun di perjalanan.

Jadwal Fleksibel

Setelah tarif dan fasilitas, soal waktu juga jadi pertimbangan. Oke setuju gue kalau shuttle bus ini gak fleksibel banget seperti taksi. Tapi tetep fleksibel itungannya. Kalau kalian pesen di Traveloka gitu, kalian bisa lihat pilihan jadwal fleksibel. So, kalian bisa nentuin sendiri mau kapan naik bus dari tempat asal.

Selain nentuin sendiri, kalian juga bisa ikut jadwal yang udah ada dari Big Bird itu sendiri. Biasanya setiap 30 menit sekali ada bus yang mondar-mandir. Fleksibel ini juga saat drop off atau turun dari bus. Kalian bisa turun dimana aja kalian mau selama tempat tersebut dilalui rute Big Bird ini.

Pembayaran Cashless

Buat orang yang jarang banget megang duit cash, metode pembayaran transfer gini pasti sangat disukai. Kalian gak perlu bayar cash ke supir bus. Kalian tinggal pesen aja, pilih jadwal dan langsung naik aja bus nya.

Sekarang gini kan hampir kebanyakan orang, uangnya udah berbentuk digital. Tinggal modal smartphone aja udah bisa langsung kebayar deh tiket bus. Kalian jadi gak perlu nyiapin duit cash atau mikirin kembalian yang belum tentu supirnya punya.

Baca Juga : Tips dan Pengalaman Untuk Yang Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Beberapa faktor diatas bikin gue lebih memilih ke atau dari bandara dengan shuttle bus ini. Buat kalian yang masih ragu sama shuttle bus, mending kalian coba dulu.

Big Bird sendiri aja ada dua tipe, Big Bird Reguler yang punya kuota 24 orang dan Big Bird Premium yang hanya bisa 12 orang. Tentu premium lebih banyak fasilitasnya.

Jadi mau pilih mana? Semua kembali lagi kepada kalian.