Sebagai sebuah negara besar dengan jutaan penduduk di dalamnya tentunya Indonesia memiliki begitu banyak potensi wisata yang bisa menarik warga mancanegara untuk mendatangi Indonesia.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki perbedaan yang unik dan tidak dimiliki oleh wilayah lain, oleh karena itu jika kalian ingin mengenal lebih dalam tentang Indonesia kalian gak bisa hanya mendatangi satu wilayah saja.

Kalian harus sering-sering wisata ke tempat-tempat yang punya sejarah, hal unik, kuliner khas dan hal yang membedakan dengan tempat lainnya. Biasanya banyak tersedia jasa yang menyediakan wisata dalam satu paket.

Jadi kita yang booking paket wisata tersebut bisa pulang bawa pengalaman yang lebih lengkap ketika berwisata ke suatu daerah. Paket wisata yang ada di Indonesia bisa dikatakan merupakan sebuah paket wisata komplit, dan inilah 5 paket wisata yang ada di Indonesia yang bisa kalian rasakan.

1.Wisata Budaya

dieng culture festival
(sumber : bisniswisata.co.id)

Yang pertama adalah wisata budaya. Beragam budaya yang ada di Indonesia tampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia di mata dunia. Beragam tempat wisata budaya kian ramai dikunjungi, belum lagi beragam festival dan event budaya pun kerap diselenggarakan di hampir seluruh pelosok negeri ini.

Salah satunya festival budaya yang diadakan tiap tahun adalah Dieng Culture Festival (biasanya awal bulan Agustus). Sesuai dengan namanya, festival budaya ini diadakan di Dieng Jawa Tengah, dan tiap tahunnya festival ini berhasil mendatangkan begitu banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kalian yang suka dengan sejarah sangat cocok untuk menikmati festival budaya seperti ini. Karena gak Cuma hal yang modern, namun kita juga merasakan budaya yang memang turun temurun dilestarikan.

2. Wisata Religi

makam sunan giri
(sumber : republika.co.id)

Sebagai negara yang  mayoritas masyarakatnya adalah umat muslim, wisata religi bukan hal yang tabuh lagi di Indonesia. Paket wisata religi atau yang juga dikenal sebagai wisata ziarah ini biasanya dilakukan secara berkelompok dengan mengunjungi makam-makam atau tapak tilas tempat peninggalan para tokoh Islam.

Wilayah yang paling banyak dikunjungi untuk wisata religi salah satunya adalah di wiilayah Jawa yang memang dikenal sebagai tanah asal dari 9 tokoh penyebar agama Islam yang juga dikenal sebagai wali songo atau yang berarti 9 wali.

Kalau ini seringnya emang dikunjungi barengan seperti dari majelis taklim, majelis pengajian gitu. Lebih ke menghormati leluhur dan mengetahui sejarah persebaran agama islam.

3. Wisata Horor

lawang sewu semarang
(sumber : kompas.com)

Kalau ini sih mungkin jarang juga yang mau ikutan. Ya kan gak semua orang suka hal mistis, malah kebanyakan orang paling menghindari hal ini. Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dan tiap bangunan memiliki ceritanya tersendiri terutama mengenai cerita mistisnya. Zaman penjajahan Jepang pun juga sama, banyak hal sadis yang terjadi di masa lampau.

Tapi anehnya banyak para wisatawan yang cukup tertarik mengunjungi bangunan peninggalan sejarah untuk merasakan aura mistis yang ada dibangunan tersebut.

Misalnya saja bangunan Lawang Sewu yang walaupun saat ini difungsikan sebagai museum dan tempat wisata sejarah tapi banyak juga yang menguji keberanian mereka dengan mendatangi Lawang Sewu menjelang maghrib atau malam hari.

4. Wisata Alam/Unik

danau tiga warna di flores
(sumber : ksmtour.com)

Keberagaman serta keunikan sangat tidak bisa dilepaskan dari citra Indonesia, begitupun dengan tempat wisatanya. Indonesia punya alam yang sangat luas dan beraneka ragam. Dengan keragamannya tersebut, setiap area punya hal unik yang bikin kita tertarik untuk melihatnya.

Salah satu tempat wisata alam dengan hal unik adalah danau tiga warna yang ada di Gunung Kelimutu, Flores. Sesuai dengan namanya, digunung ini terdapat 3 kawah yang setiap kawahnya memiliki warna yang berbeda yaitu merah, putih dan biru. Unik, ya!

5. Wisata Instagramable

kampung jodipan malang
(sumber : gomuslim.co.id)

Paket wisata yang paling laris saat ini adalah wisata Instagramable, dimana para wisatawan biasanya datang untuk berfoto dan mengunggah foto tersebut ke akun Instagram mereka.

Baca Juga : 3 Tempat Refreshing di Jakarta Untuk Pelarian dari Suntuknya Pekerjaan

Melihat minat seperti ini, Pemerintah dan masyarakat Indonesia pun berlomba-lomba menciptakan tempat wisata Instagramable. Salah satu tempat wisata Instagramable yang cukup terkenal adalah wisata Instagramable di kampung wisata Jodipan atau yang lebih dikenal dengan kampung warna warni.

Itulah 5 paket wisata yang dimiliki Indonesia, kalian lebih suka paket wisata yang mana? Apapun pilihan paket wisata kalian, pastikan membeli seluruh keperluan wisata kalian di Mister Aladin, ya! Mister Aladin Teman Travel Terbaikmu!