Xiaomi Mi Band 4 memang telah dirilis beberapa bulan yang lalu, apakah gue buat artikel ini termasuk telat? Ya biarkan saja. Karena gue buat ini bukan berarti nanti akan seterusnya mengulas gadget seperti beberapa reviewer terkenal saat ini. 

Tapi kalau nanti ada minat dari pembaca blog gue ini dan Allah ngasih rejeki yang cukup, bisa jadi gue akan membuat review gadget yang lain ya.

Nah kali ini gue baru saja membeli sebuah gadget yang masuk kategori wearable device yaitu smartband alias gelang pintar dari Xiaomi. Kalian juga mesti tahu ya, kalau ada yang namanya smartband dan smartwatch.

Gelang pintar dan jam pintar cukup memiliki perbedaan ya. Walaupun sama-sama bisa menunjukkan waktu, namun mereka memiliki perbedaan fisik. Jam pintar lebih berbentuk jam seperti biasanya, mempunyai dimensi layar yang lebih besar dibanding strapnya. 

Sedangkan gelang pintar ini juga seperti gelang biasanya yang tidak memiliki bentuk berbeda ditengahnya seperti jam tangan. Dimensi layar smartband lebih kecil namun cukup menampilkan informasi yang cukup lengkap.

Lalu kenapa gue membeli sebuah smartband dibanding smartwatch? dan kenapa juga gue membeli Xiaomi Mi Band 4? Simak lanjut dibawah ini ya.

Alasan Beli Xiaomi Mi Band 4

Sebelum tahu alasan gue beli smartband ini, kalian bisa tonton video unboxing Mi Band 4 yang gue buat dan upload di channel youtube gue.

Alasan utama membeli sebuah smartband dibanding smartwatch adalah kemampuan finansial. Iya benar, kemampuan finansial gue cuma cukup untuk membeli smartband ini. Karena smartwatch punya harga yang cukup mahal, bisa lebih dari harga sebuah smartphone. Malah bisa dapet dua smartphone.

Lalu smartband ini juga memiliki fungsi atau fitur yang tidak jauh berbeda dengan smartwatch. Salah satu yang gue kejar adalah fitur notifikasi. Ini jadi alasan gue paling utama membeli sebuah wearable device seperti ini.

Karena gue pengen banget lebih dekat dengan seseorang seperti istri dan anak gue. Nah salah satu hal yang menghalanginya adalah smartphone gue sendiri. Gue pengen tidak mudah terdistraksi dari keseringan melihat smartphone. Jadi fitur notifikasi ini sangat dibutuhkan.

Selain itu, fitur tambahan lainnya adalah tracking dan alarm. Biasanya orang beli sebuah smartband atau smartwatch itu untuk memotivasi dia biar rajin olahraga dan bisa di track deh seberapa jauh hasilnya. Alarm ini lebih mantep lagi, seperti dibangunin emak, jadi smartband kita bisa bergetar buat ngebangunin kita.

Berdasarkan fitur-fitur tersebutlah gue merasa butuh gadget ini untuk menemani keseharian gue. Lalu kenapa Xiaomi Mi Band 4? Baru rilis dan lebih menarik dari kompetitornya.

Sebenarnya sangat subjektif ya gak sih? Oke, jadi sebelum beli Mi Band 4 ini gue punya opsi smartband lainnya seperti Huawei Honor Band 4 dan Galaxy Fit E.

Galaxy Fit E ini karena gue tertarik untuk melengkapi smartphone gue yang sama-sama dari Samsung. Yang bikin gue mikir untuk ngambil gelang ini adalah dari segi harga yang lebih mahal dan layarnya yang masih monokrom. Lumayan harganya sekitar 600ribuan, sekitar 2 kali lipat Mi Band 4 ini.

Jadi gue terpaksa mengurungkan niat untuk menggunakan brand Samsung untuk hal gelang pintar ini, abisan kemahalan sih. Mungkin kalau fiturnya oke ya bisa tertarik juga. Eh tapi nanggung juga, karena tambah sedikit lagi, gue bisa dapet smartwatch Amazfit Bip yang punya fitur lebih oke.

Lalu Honor Band 4, salah satu smartband yang selalu dibandingkan dengan Mi Band 4 ini. Alasannya gue gak jadi ngambil smartband ini adalah brand Huawei yang beresiko karena perseteruan dengan Google. Gue nya takut kenapa-kenapa aja sih kedepannya, jadi cari aman aja.

mi band 4 vs huawei honor band 4
(sumber : seluler.id)

Selain itu, Honor Band 4 ini juga punya tampilan AMOLED sebenernya. Tapi balik ke selera sih, tampilannya gak sebagus Mi Band 4 menurut gue. Lalu, watch face nya ini gak bisa diganti-ganti. Berbeda dengan Mi Band 4 yang bisa di custom apapun. Tapi punya nilai plus juga dimana kalau mau ngecharge Honor Band tidak perlu dilepas strapnya.

Dengan segala pertimbangan akhirnya gue memilih brand Xiaomi Mi Band 4 dengan segala fiturnya. Ya kembali lagi, gue lebih utama mengincar fitur notifikasinya. Selebihnya bakal gue jelasin dibawah ini fitur-fitur yang dibawa Mi Band versi 4 ini. Mungkin kalian tertarik membelinya juga.

Fitur Xiaomi Mi Band 4

Xiaomi Mi Band udah merilis versi ke 4 nya tahun 2019 ini. Sebelumnya kita tahu, Mi Band 1 dulu hanya berupa kapsul yang memiliki teknologi fitness tracking tanpa penunjuk waktu. Jadi kita bisa lihat hasilnya melalui aplikasi yang ada pada smartphone kita.

Selanjutnya Xiaomi merilis kembali Mi Band 2 dengan layar yang bisa menampilkan jam. Mi Band 2 memiliki interaksi swipe untuk menampilkan informasi. Hanya saja, tampilan layarnya masih monokrom.

Lalu Mi Band 3 pun dirilis untuk upgrade Mi Band 2 dengan mengusung desain baru. Walaupun layarnya masih monokrom, Mi Band 3 memiliki desain layar yang cembung dan lekukan tombol home. Tapi ternyata sebagian pengguna kurang tertarik dengan desain tersebut.

Akhirnya di Mi Band 4 ini desainnya dikembalikan ke Mi Band 2 dengan layar flat. Tambahan fitur lainnya adalah pada layar yang berwarna, tidak lagi monokrom. Lalu apa lagi fitur yang diunggulkan?

Layar Full Color AMOLED

Seperti yang gue bilang sebelumnya, layar pada Mi Band 4 ini berwarna dengan menggunakan layar AMOLED lho. Layar itu bukan sembarangan, karena seringnya dipakai di smartphone kelas atas.

Nah, dengan layar tersebut, Mi Band 4 bisa menampilkan warna yang terlihat jadi makin cantik. Layar AMOLED juga membuat tampilan layar lebih cerah dan kontras.

Pelacak Aktivitas / Fitness Tracking

Smartband pastinya bisa untuk melacak aktivitas olahraga kita. Nah di Mi Band versi ke 4 ini katanya udah ditambahkan lagi sensornya yang bisa melacak aktivitas lebih akurat.

Kalian bisa buat lacak lari, langkah jalan, sampai berenang. Pas berenang juga sampai bisa melacak gaya renang yang kalian lakukan. 

Karena bisa berenang berarti Mi Band 4 ini sudah anti air. Klaimnya bisa diajak menyelam hingga 5atm atau sekitar 5 meter.

Bisa Tahan 20 hari

Ini mungkin jadi andalan smartband dibanding smartwatch adalah ketahanan baterai. Nah di Mi Band 4 ini bisa bertahan sampai 20 harian untuk sekali full charge.

Gue udah membuktikan ini sih, dan memang bisa bertahan segitu lamanya untuk pemakaian normal. Cukup membantu untuk gak sering-sering charge.

charging dock mi band 4
(sumber : instructables.com)

Kalau pakai smartwatch mungkin setiap 3 hari harus charge. Itu juga yang bikin temen gue semakin males pakai smartwatch karena keseringan abis baterai setiap mau pakai.

Health Monitoring

Selain sebagai pelacak aktivitas olahraga, Mi Band 4 juga bisa sebagai asisten kesehatan. Salah satu yang diunggulkan adalah pendeteksi denyut jantung.

Mi Band 4 bisa monitoring terus menerus denyut jantung kita. Jika terdeteksi hal yang berbahaya, dia akan memberikan notifikasi.

Lanjut, monitoring tidur kita. Mi Band 4 bisa mendeteksi seberapa lama kita tidur pulas. Tidur pulas tentu akan berpengaruh pada kesehatan bukan?

Ada juga alarm yang bakal bantu mengingatkan bangun pagi atau sekedar reminder tugas yang harus dikerjakan. Dia ini bakal bergetar setiap 10 menit sekali sampe kalian matikan sendiri alarmnya.

Ada juga Idle Alerts dimana fitur tersebut bakal ngasih tahu kita kalau terlalu lama duduk atau tidak bergerak. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah pegal-pegal pinggang kalian.

Bisa Atur Musik Dan Telpon Masuk

Fitur pembeda lainnya dengan Mi Band versi sebelumnya adalah di Mi Band 4 ini punya pengatur musik dan telpon masuk. Jadi kalau sebelumnya tuh gak bisa nolak telpon, jadi Mi Band bergetar terus kalau ada telpon masuk.

Nah kali ini kita bisa menutup telpon ataupun snooze bunyi nada dering dari smartphone kita.

Pengatur musik ini bagus sih ditambahkan di Mi Band ini. Jadi gak perlu buka smartphone untuk play, pause ataupun next song. Cukup klik dari Mi Band aja. Bahkan kita juga bisa mengatur volume juga.

Spesifikasi Lengkap Mi Band 4

Ini spesifikasi lebih lengkapnya yang gue dapat dari official website Xiaomi.

Weight22.1g
Water Resistance Rating5 ATM
Display TypeAMOLED
Screen Size0.95″
Resolution120 x 240 RGB
Colour Depth24bit
Screen BrightnessUp to 400 nits (max brightness), brightness adjustable
Touchscreen typeOn-cell capacitive touchscreen
Screen protection2.5D tempered glass with anti-fingerprint coating
ButtonSingle touch button (wake up, go back)
Wrist strap typeRemovable wrist strap (Mi Smart Band 4 is compatible with Mi Band 3 straps)
Wristband width18mm
Wrist strap materialThermoplastic polyurethane
Adjustable wrist strap length155-216mm
RAM512KB
ROM16MB
Sensors3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope; PPG heart rate sensor; Capacitive proximity sensor
Wireless connectivityBT5.0 BLE
BatteryLiPo, 135mAh
Charging Type2Pin Pogo Pin
Charging time≤ 2 hours
Standby timeUp to 20 days
Motor TypeRotor
Body materialPolycarbonate
AppMi Fit
System requirementsAndroid 4.4, iOS 9.0 or above
Sport Functions6 workout modes: Treadmill, exercise, outdoor running, cycling, walking, pool swimming; Count steps, distance,and calories burned
Health monitoringWorkout completion notifications, goal setting, sleep monitoring, heart rate monitoring, all-day heart rate checking, resting heart rate, heart rate chart, idle alerts
Other featuresAlarm, proximity sensor, pre-set watch face, customizable watch face, lock screen, timer, stopwatch, phone alarm and notifications, incoming calls, message notifications, calendar notifications, app notifications, weather forecast, Find my phone, phone unlock, event notification, Night mode, Do not disturb mode (works even without phone), music controls on band, Bluetooth broadcasting, battery level display, different ways to wear, OTA updates

Harga Xiaomi Mi Band 4

Nah buat yang udah makin tertarik, pasti bertanya-tanya berapa harganya. Oke kalau secara official, Xiaomi membanderol Mi Band 4 ini dengan harga Rp 399.000. Kalian bisa cek di official website Mi Indonesia.

Waktu itu gue sempat untuk mengecek di toko offline nya. Xiaomi kan memang sudah membuka beberapa gerai offline yang bisa beli langsung disana berbagai produk Xiaomi. 

Tapi, produknya tidak update. Xiaomi Mi Band 4 belum ada di gerai saat Oktober 2019. Jadi produk-produk yang ada di gerai tuh produk lama-lama gitu, kaya Mi Band 2, Mi Band 3 dan smartphone tahun sebelumnya aja gitu.

Padahal kan enak bisa coba-coba dulu ngerasain feel nya. Kalau mau cari produk Xiaomi yang udah dirilis beberapa bulan sebelumnya mungkin kalian bisa datengin gerai yang ada di Mall. Tapi kalau mau dapet produk update kayanya kalian gak bakal bisa nemuin itu.

mi band 4 punya banyak strap
(sumber : tokopedia.com)

Akhirnya gue membeli dari salah satu seller di marketplace yang terkenal dengan gratis ongkirnya. Gue mendapatkan harga yang lebih murah sekitar Rp 343.000 untuk China version gitu. Harga tersebut juga sudah termasuk dengan anti gores.

China version ini bukan berarti cuma bisa bahasa China ya. Tapi cuma sekedar boxnya yang bertuliskan tulisan China aja. Pas pertama disambungkan ke smartphone, dia akan mengikuti bahasa yang kita gunakan di smartphone. Jadi bisa bahasa Indonesia juga.

Worth it bukan dibanding beli di official Xiaomi. Barangnya pun sama kok pastinya, secara fitur ya. Perbedaannya mungkin karena bahasa China saja.

Baca Juga : Aplikasi Traveling Terbaik Cari Penginapan Murah di Jogja

Review Xiaomi Mi Band 4 Setelah Pemakaian

Setelah gue gunakan beberapa bulan ini, overall gue merasa puas dengan apa yang ditawarkan Xiaomi Mi Band 4 ini. Saat diawal gue mendapat barang ini, tidak ada kesulitan berarti ketika menggunakan diawal.

Saat dibuka dari box, Mi Band 4 sudah dalam keadaan menyala. Sepertinya tidak ada tombol untuk mematikan atau menghidupkan. Jika melihat menu, hanya ada pilihan reboot saja. Jadi kalau habis baterai, kalian charge saja, Mi Band 4 akan menyala kembali.

Oke jadi ketika dikeluarkan dari box, Mi Band sudah dalam keadaan menyala. Kita bisa langsung menghubungkannya ke smartphone. Karena gue punya yang china version, jadi semua bahasa china. Mesti gue koneksi ke smartphone biar berubah bahasanya.

review mi band 4 setelah pemakaian
(sumber : kompas.com)

Koneksinya cepat, dan seketika langsung sinkronisasi dengan smartphone kita. Setelah terhubung, gue bisa setting apapun. Notifikasi, alarm, goals tracking, dan lainnya bisa dengan mudah gue set. Oh ya biasanya updating dulu tuh menyesuaikan versi Mi Fit App yang kalian download di smartphone kita.

Fitur notifikasi jadi fitur utama yang gue cari dan notifikasi cepat masuk. Setiap ada pesan masuk, dengan cepat Mi Band 4 bergetar dan menampilkan isi pesan. Namun disini ada yang kurang gue suka. Jadi ketika pesan masuk lebih dari satu, Mi Band 4 ini akan mengurutkan dari pesan terakhir yang diterima. 

Kan enaknya dari pesan terbaru atau pesan terlama yang diterima, jadi bacanya pun runut dari awal hingga yang terbaru. Nah kalau Mi Band 4 ini dari yang terakhir diterima. Pesannya pun ditampilkan semua teks nya, jadi kita scroll terus aja kalau pesannya panjang.

Selanjutnya fitur Alarm. Yang gue rasa, getarannya kurang terasa sih kalau pas tidur. Apa gue nya aja kali ya yang pelor. Tapi fitur alarm nya cukup membantu sih, dia akan bergetar tiap 10 menit sekali sampai kita yang mematikan sendiri.

Untuk fitness tracking, overall is good. Tracking langkah kaki gitu ya pasti gak 100% akurat pastinya. Cuma ya cukup akurat menurut gue, ya sekitar 90% lah ya. Menurut gue udah cukup sih. Tracking lari juga oke dan yang belum gue coba adalah berenang. Karena Mi Band 4 ini bisa dibawa berenang. Nanti deh suatu saat nanti.

Kemudian bagian baterai. Ini yang paling oke banget sih. Baterainya Mi Band 4 ini bisa bertahan sampai 3 minggu lho. Gue sampe gak mikirin buat charge. Ini yang bikin beda dibanding smartwatch yang mesti charge mulu tiap 3 hari.

Pas charging pun gak butuh waktu lama ya. cuma 1,5 jam bisa bikin full. Memang gak ada adaptor yang dikasih, tapi kita bisa pakai adaptor smartphone kita. Cuma gue pakai yang arus 1A sih biar cocok dengan spesifikasi. Kalian juga bisa charge via usb laptop untuk arus yang lebih rendah lagi.

Apalagi ya? Denyut jantung ya so so lah. Cukup buat hiburan. Oh palingan fitur pengatur musik. Ketika dengerin musik, gue bisa dengan mudah mengatur via Mi Band 4 ini. Bahkan pengaturannya sampai ke pengaturan volume. Cukup membantu sih.

Tambahan lainnya sebagai hiburan adalah kita bisa mengganti-ganti watchface atau tampilan jam. Banyak aplikasi diluar sana yang bisa menampilkan watchface selain yang tersedia di Mi Fit. Ada juga yang bisa custom menggantikan dengan foto kita.

Kesimpulan

Dibalik karena sebuah kebutuhan, gue beli Xiaomi Mi Band 4 juga tertarik dengan harga dan brand. Harganya yang murah dari brand yang bukan abal-abal bikin gue pilih Mi Band 4 ini.

Baca Juga : 17+ HP Xiaomi Terbaru Harga dan Spesifikasi Updated 2019

Spesifikasi yang lumayan hampir sama dengan produk sebelah namun dijual dengan harga lebih rendah, pastinya bikin tertarik buat memilikinya. Harga 350ribuan bisa dapat kemudahan ini sih jelas terbayarkan.

Kalau kalian punya kebutuhan yang sama kaya gue gini, kalian bisa coba cari smartwatch atau smartband ini. Nah kalau kalian cuma punya budget yang minim, kalian bisa milih smartband.

Kemudian kalau bingung pilih smartband, gue sih bisa menyarankan untuk memilih Xiaomi Mi Band 4 ini. Fitur yang cukup menarik dan membantu aktivitas sehari-hari.

Bingung? tanyakan saja di kolom komentar ya.