Sama halnya dengan membeli, urusan jual rumah juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan, termasuk cara membuat iklan jual rumah tersebut.

Kendati investasi properti merupakan investasi yang paling menguntungkan, namun menjual rumah sesungguhnya bukanlah persoalan mudah.

Rumah sendiri termasuk ke dalam non-liquid assets yang tidak mudah diperjual-belikan. Sehingga, membuat iklan jual rumah yang menarik merupakan strategi jitu dalam memasarkan rumah tersebut.

Bagi kalian yang ingin menjual rumah, berikut ini akan gue berikan beberapa tips dalam membuat iklan jual rumah secara menarik agar cepat laku dan mendapatkan untung besar.

1. Ketahui kelebihan dan kekurangan rumah

Tips pertama dalam membuat iklan jual rumah yang menarik adalah dengan mengetahui segala kelebihan dan kekurangan dari rumah yang sedang kalian jual.

Meski terdengar sepele, namun hal ini sering kali membuat iklan yang kalian muat menjadi tidak informatif, sehingga membuat calon pembeli ragu dalam membeli rumah tersebut.

Cari tahu seluk-beluk tentang rumah, mulai dari hal terkecil sampai terbesar, seperti kondisi bangunan, lingkungan, serta segala fasilitas umum dan penunjang yang ada di sekitar rumah.

Setelah kalian mendapatkan daftar kelebihan dan kekurangan, masukan daftar tadi ke dalam iklan jual rumah yang akan dibuat nanti.

2. Lakukan renovasi jika perlu

Reparasi rumah
(Photo: Max Pixel)

Berhubungan dengan tips membuat iklan jual rumah yang pertama, tips berikut ini adalah tahapan kedua yang dapat dilakukan setelah kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan dari rumah tersebut.

Logikanya, kalian tidak akan mau membuat iklan yang menampangkan kekurangan dari rumahmu dong? Nah maka dari itu kalau bisa lakukan renovasi terhadap rumah kalian. Hal ini cukup disarankan jika memang penting.

Jika ada kerusakan-kerusakan kecil, seperti engsel pintu rusak, dinding retak, genteng bocor dan lain-lain, jangan ragu untuk melakukan reparasi agar nilai jual rumah kalian jadi lebih meningkat.

3. Cek harga pasaran tanah

Mengecek harga pasaran tanah adalah hal yang penting kalian lalukan dalam membuat iklan jual rumah.

Sebab, pada dasarnya pembeli pasti sudah mencari tahu terlebih dahulu berapa harga pasaran rumah di daerah tersebut.

Maka dari itu, meski kita ingin menjual rumah tersebut dengan harga yang menguntungkan, namun sebaiknya jangan jual rumah tersebut terlalu tinggi melampui harga pasaran yang ada.

Lantas, bagaimana sih cara menentukan harga pasaran rumah yang benar? Kalian dapat mencarinya dengan memeriksa Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di kawasan rumah tersebut.

NJOP sendiri merupakan harga jual terendah dari rumah tersebut. Biasanya, para penjualan rumah akan menaikkan harga sebanyak 2-3 kali lipat dari nilai NJOP, dan menjadikannya sebagai harga kisaran rumah.

4. Penuhi dokumen dan sertifikat pendukung

persiapkan dokumen rumah
(Photo: Pixabay)

Apakah dengan mengetahui harga jual yang tepat dari rumah tersebut kalian sudah siap untuk memasarkannya?

Tunggu dulu, sebelum kalian memasarkan iklan jual rumah itu, siapkan terlebih dahulu segala dokumen dan sertifikat pendukung rumahmu.

Sebab, para pembeli tentunya tidak tertarik terhadap rumah yang status legalitasnya tidak dimuat secara jelas di dalam iklannya, ibarat membeli kucing dalam karung.

Oleh sebab itu, penuhi segala dokumen seperti PBB asli, AJB asli, dan blue print yang dapat dijadikan sebagai bukti sah atas kepemilikan rumah.

Selain itu, pastikan segala urusan pajak rumah sudah beres, karena calon pembeli biasanya tidak mau repot mengeluarkan dana dan waktunya untuk mengurus hal-hal kecil ini.

5. Memuat listing di situs jual-beli rumah

Urusan tetek bengek rumah sudah beres, sekarang kalian siap untuk memasarkan rumah tersebut. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk memasarkan rumah agar cepat laku? Tentu saja, lewat situs jual beli rumah.

Banyak sekali situs jual beli rumah yang difungsikan dalam menjual rumah, namun menurut pengalaman gue, 99.co Indonesia adalah salah satu yang terbaik dalam memasarkan rumah agar lekas terjual.

Sedikit sharing saja sih, bulan lalu om gue meminta tolong untuk menjualkan rumahnya lewat internet.

Gue sendiri tidak pernah menjual rumah sebelumnya, apalagi menggunakan situs jual beli rumah. Maka gue buka beberapa situs jual beli rumah online yang gue dapatkan melalui situs pencarian Google.

Gue cari tahu bagaimana cara membuat listing di situs tersebut, kemudian gue posting iklan jual rumah om gue ke beberapa situs tersebut, salah satunya ya situs 99.co Indonesia.

Betapa terkejutnya gue ketika mendapati, bahwa iklan yang baru dimuat tadi sudah direspon oleh calon pembeli yang bertanya mengenai rumah tersebut.

Waktunya sangat singkat, terhitung kurang dari 24 jam setelah gue memposting iklan tersebut. Namun, kabar baik ini hanya gue dapatkan melalui satu situs jual beli rumah, yaitu 99.co Indonesia.

Singkat cerita, rumah tersebut akhirnya terjual dalam waktu yang sangat singkat, terhitung hanya dalam waktu beberapa minggu setelah gue memasarkan postingan tersebut, lho.

Buat kalian yang ingin menjual rumah, gue sarankan untuk mengunjungi situs 99.co/id, daftarkan diri kalian, dan mulailah membuat iklan jual rumah di sana. Dijamin, mudah dan menguntungkan!

6. Buatlah informasi secara jelas dan singkat

membuat listing di situs jual beli rumah
(Photo: Pexels)

Menyambung pengalaman gue menggunakan situs jual beli rumah, ada beberapa hal yang gue pelajari dalam membuat iklan jual rumah secara online.

Pertama, karena penjual dan pembeli tidak dapat berkomunikasi secara langsung (tatap muka), maka informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli hanya bisa ia dapatkan melalui iklan rumah tersebut.

Maka dari itu, kita sebagai penjual wajib hukumnya menyertakan sebuah informasi sejelas-jelasnya yang dibutuhkan oleh calon pembeli pada deskripsi iklan.

Hal-hal seperti kondisi bangunan, fasilitas, lokasi, sarana-prasarana, lingkungan rumah, dan lain-lain penting untuk kalian masukkan pada deskripsi rumah.

Sertakan alamat yang jelas, agar calon pembeli dapat mengetahui secara pasti letak rumah tersebut berada.

7. Unggah foto secara jelas dan berkualitas

Tips terakhir dalam membuat iklan jual rumah, khususnya melalui situs jual beli rumah adalah memasang atau melampirkan foto rumah secara jelas dengan kualitas tinggi.

Banyak sekali listing rumah yang dipasarkan tanpa memuat foto yang mempuni dan menggambarkan secara jelas bentuk dari rumah tersebut.

Percayalah, hal pertama yang dilihat para pembeli rumah adalah visual dari rumah tersebut dulu, baru kemudian deskripsi rumah.

Kalau foto yang kalian pasang saja sudah terlihat buruk dan tidak menarik, bagaimana iklan jual rumah yang kalian pasang bisa dilirik oleh calon pembeli?

Minimal, siapkan kamera dengan kualitas gambar 5 megapixel ke atas, bila perlu pakai kamera profesional seperti DSLR dalam memotret setiap sudut rumah.

Angle pengambilan gambar juga penting untuk diperhitungkan, usahakan untuk mengambil sudut rumah yang dapat memperlihatkan seluruh bagian rumah secara jelas.

Selain itu, gunakan pencahayaan yang mempuni dalam mengambil gambar, bisa dengan memperhatikan sudut rumah yang terang, bisa pula menggunakan pencahayaan tambahan dari lampu.

Intinya, buatlah foto sebaik mungkin, agar calon pembeli rumah tertarik untuk membeli rumah tersebut.

Baca Juga : Tips Buat Yang Pertama Naik Pesawat Terbang

Itu tadi 7 tips membuat iklan jual rumah yang menarik agar rumahmu cepat laku. Semoga informasi yang gue berikan ini bermanfaat ya.

Selamat mencoba!