Udah lama juga gak nabung disini. Maaf ya sudah lama meninggalkan kalian, gara-gara skripsi nih, jadi nulisnya bukan buat disini, malah di tempat lain. Tapi gak bisa juga sih mengkambinghitamkan skripsi. Harusnya bisa beriringan kaya hidup di dunia kaya gini. Dimana manusia seharusnya bisa beriringan menuntaskan urusan di dunia dan juga untuk akhiratnya. Jadi tiba-tiba religius begini gue. Mungkin gara-gara ramadhan nih jadi bahas beginian. Abisan kalo lagi suasana kaya gini tuh ingetnya Cuma kalo mati nanti gue bawa apa ya? Jadinya ya Cuma flashback apa yang udah gue kerjain, banyakan dosa atau  pahala. Sayang gue gak bisa nanya malaikat yang ada di pundak gue. Kalo bisa sih gue bisa nabung pahala trus bikin dosa lagi deh nanti 😀 . ya gak lah, bercanda aja.

Ramadhan udah tinggal bentar lagi abis, harusnya kan di bulan begini bisa nabung pahala lebih banyak, tapi gue ngerasanya kebanyakan ngurusin dunia, astagfirullah. Di pikiran gue selalu muncul pertanyaan-pertanyaan begini nih, kayanya sih malaikat disuruh bisikin ke tiap-tiap manusia, tapi ya tergantung pada ngedenger atau gak. Gue juga gak bisa bilang kalo gue ngedenger, Cuma kebawa aja di pikiran. Nah kalo pertanyaan-pertanyaan ini muncul dikepala lo juga, coba deh dijawab.

Udah solat tepat waktu belum?Ikutan jamaah di masjid atau sendirian biar cepet?

Sholat Tepat Waktu

Sholat teh tepat waktu, kasian ada yang nungguin belumpernahada.wordpress.com

Nah kalo pertanyaan begini gimana mau menyangkal. Yang namanya solat wajib 5 waktu ya harusnya tepat waktu gak molor. Dari jaman SD kalo pelajaran agama ya emang begini dikasih taunya. Jadi gimana mau pura-pura lupa kan, tetep aja keinget. Kalo gue sih coba terus kejar namanya tepat waktu itu, ya walaupun sendirian tapi tetep nyoba lah. Nah karna gue cowo ya pantesnya di masjid solatnya, kalo cewe mungkin gak wajib kan di masjid, tapi kalo kita yang cowo-cowo harusnya sih di masjid. Ini emang susah bro, banyak godaannya. Skripsi gue salah satunya yang ngegodain mulu minta dikerjain. Haduh payah gue. Tapi kalo lo udah sering ngelaksanain tepat waktu berarti lo keren. Biar lebih keren lagi, dijalanin juga tuh yang sunnahnya, biar makin sempurna, ya minimal solat qabliyah atau ba’diyah.

Puasanya udah bener?atau masih suka ngomongin orang dibanding baca Al-Quran?

Ghibah

Aduhh emang susah ya jaga nih mulut

Kalo yang ini kadang suka susah dikendaliin. Kalo udah dipancing temen, lidah secara otomatis berkata dengan sendirinya, astagfirullah. Susah jaga yang namanya lisan. Terlalu dahsyat dan gampang nyakitin orang lain. Perintahnya kalo emang gak ada yang baik untuk diomongin ya diem aja harusnya. Tapi susah menn diem tuh. Apalagi yang orangnya ekstrovert, bawaanya ngoceh mulu. Emang mesti belajar terus nih yang kaya beginian. Bisa jadi bencana kalo kebiasaan. Nah cara ampuh lainnya ganti obrolan lo dengan baca buku, yang lebih bagusnya ya baca Quran alias ngaji, dapet pahala iya, terhindar dosa juga iya. Cobain bro.

Udah sedekahin harta lo?atau Cuma dipake buat menuhin isi perut sama beli baju baru?

Ada hak orang lain di dalam harta yang kita punya baitalkamil.org

Yang ini nih sering lupa. Padahal hidup di dunia ini gak sendirian, bahkan Dia ciptain ada yang diatas ada juga yang dibawah biar manusia tuh saling bantu. Tapi apalah daya, kadang setan di sebelah lebih kuat bisikannya. Jadi ngebuat kita serakah sama diri sendiri, lupa kalo diluar sana ada yang nungguin sepercik bantuan dari kita yang mampu. Gue sering kesadar ketika gue kena musibah, pasti itu penyebabnya ya kurang sedekah. Tapi gak pernah kapok, kena lagi kena lagi. Jadi ya gue sih nyaranin kalo lu mesti punya perencanaan di tiap periode biar harta kita bersih. Nah kalo ramadhan begini kan wajib tuh buat zakat fitrah. Yaelah Cuma dikit, masa masih aja pelit sih. Jadi jangan pada lupa bayar ya zakatnya. Udah gampang sekarang, lo bisa ke masjid, ataupun yang online juga udah ada.

 

Seharusnya masih banyak pertanyaan lainnya. Tapi seringnya gue kepikiran itu yang bikin gue inget mati. Bagusnya di ramadhan begini nih nabung pahala sebanyak-banyaknya mumpung bonus berlimpah. Biar nanti kalo khilaf ya bisa di cover, mudah-mudahan. Sebisa mungkin jalanin yang wajib, ditambah belajar penuhin juga yang sunnah biar makin sempurna, biar urusan beres, biar jodoh nya makin sempurna juga 😀 jadi sudah sedekat apa lo hari ini? cuma lo yang bisa jawab.

Laksanakan akhiratmu maka akan selamat pula duniamu

Share Yuk: