Alhamdulillah, akhirnya masih bisa bertemu sama bulan yang berkahnya melimpah sampe tumpah-tumpah dah. As you know, bulan ini kalo bikin kebaikan bisa berlipat-lipat ganda, tapi gak juga kebaikan sih yang berlipat, kalo lo ngelakuin dosa juga bakal kena berlipat-lipat menn. Nah biasanya nyokap nih riweuh banget kalo mau ramadhan begini, mesti ini itu lah, tapi gue ngikutin lah, gue mau jadi anak yang berbakti aja. Sebenarnya ini nih yang perlu lo siapin menjelang bulan ramadhan ini.

1. Mandi Wajib

Mandi wajib nih wajib. Biasanya kalo nyokap gue nyuruh keramas dulu H-1 tuh, sore-sore lebih tepatnya. Katanya sih biar bersih, ya emang harusnya itu. Tapi lebih tepatnya gue sebut mandi wajib, sebagai simbol menyucikan diri buat menyambut bulan suci. Kalo lo lagi ‘dapet’ mah ga usah mandi wajib, sama aja kotor-kotor lagi nanti. Tapi ini gak ada hadisnya ya, bukan gak ada sih, Cuma gue belum nyari aja. Tolong cariin ya.

2. Siap Sedia Sarung/Mukena

Siapin sarung lebih banyak situkangjahit.wordpress.com

Sarung / mukena itu peralatan wajib dan yang bakal sering lo pake selama bulan ramadhan cuy. Kalo zuhur, ashar mungkin lo ada di kantor atau di kampus, tapi malemnya lo solat tarawih kan. Nah pasti bakal lebih sering dipake. Jadi kalo bisa siapin lebih banyak karna bakal lebih cepet kotor nanti.

3. Taruh Quran di Tempat Strategis

Mumpung nih pahala bisa berkali-kali lipat dapetnya kalo berbuat kebaikan, bisa nih kalo ada waktu luang buat baca Quran alias ngaji. Mungkin lo bisa jadwalin rutin buat ngaji, misalkan tiap abis solat baca 5 juz, atau abis tarawih gitu kan bareng-bareng sama temen. Kalo yang udah terlalu lama sendiri mah ya sendiri aja bacanya. Nah biar gampang kalo mau ngaji. Taro di tempat yang sering dan gampang lo jangkau, asal jangan ditempat yang kotor yak.

4. Pasang Alarm

Kalo alarm bunyi, ya bangun, jangan tidur lagi telegraph.co.uk

Alarm udah wajib sewajib-wajibnya. Gak juga sih kalo di lingkungan rumah lo ada yang bangunin sahur. Nah kalo rumah lo sepi, wajib hukumnya alarm buat sahur. Kan gak keren kalo puasa gak pake sahur. Tar lemes lagi seharian, trus buka deh ditengah jalan, ganti deh abis lebaran. Gak seru menn. Nah mending siapin alarm itu tiap hari, bisa pake jam weker, atau telepon pintar lo. Yang penting jangan lupa dicharge tuh hape. Tar hape mati, alarm gak bunyi lagi, trus bangun pas imsak, sedihnya. Tapi penting juga nih, kalo lo udah bangun ya jangan tidur lagi, malah keblablasan nanti kan. Kalo udah bangun lu langsung duduk, trus cuci muka broo, gak jamin bisa langsung bangun 😀

5. Tempel Jadwal Buka

Jadwal imsakiyah nih krusial kalo susah denger adzan syaamilquran.com

Jadwal buka puasa paling dicari-cari nih. Keseringan tiap ramadhan pasti ada jadwal beginian yang ditempel ditembok. Kadang perlu juga nih apalagi kalo lagi mati lampu, ato lagi dijalan yang gak kedengeran suara azan magrib. Mesti juga punya jadwal beginian, munngkin lu siapin di mobil, ato save di hape lo, jadi kalo udah waktunya buka, ya dibatalin puasanya, jangan ditunda-tunda bro.

6. Putusin Pacar Dulu

Putus aja dulu deh ngonoo.com

Nah ini menurut lo penting ga?buat yang punya pacar aja ya 😀 . Kadang pacar nih suka rese kalo lagi ramadhan gini. Minta jalan keluar pas lagi tarawih, minta ditemenin makan siang-siang, minta ditemenin ke mall nyari baju, mending sebentar, lah ini mah lama banget milihnya, mending kan dirumah, istirahat, kan lagi puasa, jadi gak kaya hari-hari biasa, ya gak? Jadi saran gue mending lo putusin dulu aja pacar lo 😀 atau setidaknya break lah ya, tapi ga bakal ampuh sih break mah, langsung aja sekalian putus biar nanti abis lebaran bisa nyari lagi.

 

Ramadhan emang bulan yang ditunggu-tunggu. Lo bisa milih memperbanyak pahala atau dosa. Ya mudah-mudahan sih kita bisa dapet banyak pahala ya kan, biar bisa nutupin dosa-dosa kita sebelumnya. Jadi gak ada salahnya kalo lo bisa siap-siap dulu sebelum masuk ke bulan ramadhan tahun ini biar lebih mantep lagi ngejalaninnya. Nah mugkin itu tips-tips dari gue, kalo lo punya topik yang bisa dibahas, sampein aja ke gue, mumpung lagi ramadhan. Tunggu tips selanjutnya edisi ramadhan di guelagi.com ya. Subscribe aja biar gak ketinggalan 😀