Wisata di Jogja selalu jadi destinasi favorit para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Nah kalian emang bisa ke Jogja ini sendiri, tapi menurut gue lebih enaknya lagi bareng seseorang atau bareng temen-temen terus sewa mobil.

Keliling Jogja emang lebih enak sewa mobil karena Jogja itu luas banget. Makanya kalau kalian dari luar kota dan ingin wisata di Jogja, kalian gak harus bawa mobil sendiri. Karena di Jogja udah banyak rental mobil jogja lepas kunci yang bisa kalian gunakan.

Misal gue yang berasal dari Bogor gitu terus mau jalan-jalan ke Jogja, tentu agak merepotkan sih kalau harus bawa mobil dari Bogor. Yang ada tenaga udah abis duluan dan jadi mager mau kemana-mana. Dengan adanya rental mobil tentu bakal bantu gue banget.

Apalagi kalau mobil itu bisa dianterin ke lokasi kita mendarat di Jogja. Bakal mempermudah gue dan menghemat budget untuk sewa taksi online pastinya yang dipake buat jemput mobil atau menuju hotel. Benar gak?

Nah gue juga punya beberapa alasan lain kenapa kalian lebih baik sewa mobil di Jogja nih. 

Wisata di Jogja itu Luas dan Banyak

Jogja ini merupakan provinsi ya, tapi emang sih seperti kota, luasnya gak seperti kebanyakan provinsi di Indonesia. Mirip seperti Jakarta lah ya, cuma lebih luas. Nah karena luasnya itu, membuat tempat wisata di Jogja menjadi tersebar di berbagai tempat.

jogja itu luas dan enaknya pakai mobil wisata di jogja
(sumber : visitingjogja.com)

Bukan seperti Bandung misal, yang cuma ada di Bandung kota atau di Lembang gitu. Atau Bali misalnya, paling kan terpusat di Kuta aja atau Ubud. Eh Bali juga itungannya provinsi sih. 

Baca Juga : Menikmati Paket Tour Dengan Menggunakan Tiket Kereta Jakarta Bandung

Nah karena terlalu luas dan tersebar itu, kalian mesti bawa kendaraan buat kunjungin destinasi tersebut. Selain luas, kontur tanah Jogja tuh masih bentuk dataran dan pegunungan gitu. Jadi akan lebih baik ketika menggunakan kendaraan seperti mobil.

Biar Bebas Ke Berbagai Tempat

Namanya liburan, pengennya bebas dong mau kemana aja gak ada halangan. Dengan sewa mobil ini tentu bakal bikin bebas kalian keliling tempat wisata yang ada di Jogja. Jujur aja, di Jogja transportasinya kurang oke sih menurut gue.

Di Jogja ini emang udah ada yang namanya Trans Jogja seperti Transjakarta gitu. Tapi kurang terawat, mungkin udah jarang juga bus yang beroperasi. Kadang kalau liat haltenya aja udah porak poranda.

Selain itu, TransJogja hanya untuk di kota aja. Padahal Jogja lebih bagusnya di pemandangan alam.

Dengan pakai mobil, kalian bakal lebih bebas kemana aja seperti Bantul, GunungKidul, Pantai Selatan atau juga ke daerah utara menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Hemat Budget

Sewa mobil akan lebih menghemat budget traveling kalian. Harga sewa tersebut berlaku untuk penggunaan mobil seharian. Coba dibandingkan kalau kalian pindah ke satu tempat wisata ke tempat lain pakai taksi online.

Dompet lebih jebol dong pastinya. Kalau sewa mobil, bayar untuk seharian lalu tinggal isi bensin. Bebas kemana aja tanpa pengaruh jarak dan argo. Terus gak perlu nunggu-nunggu driver jemput. Apalagi kalau kita keliling sampai malam, jadi gak perlu takut gak dapet taksi.  

Lebih Nyaman dan Aman

Lanjut lagi alasan kalian untuk sewa mobil adalah sektor keamanan dan kenyamanan. Gue percaya di Jogja itu aman. Namun kita gak bisa juga kelewatan santai sama keadaan, karena kapanpun ketika ada kesempatan bisa aja kejadian kan. 

Naik mobil yang kita gunakan sendiri bakal lebih aman dibanding dengan menggunakan transportasi umum. Apalagi style kita yang seperti turis, bisa jadi sasaran oknum penjahat kan.

Selain itu, nyaman itu lebih pasti kalau pakai mobil sendiri. Tidak perlu sharing dengan orang asing di kendaraan umum. Misal gue gak suka asap rokok, kalau di kendaraan umum macam angkot ya boleh-boleh aja kan mereka ngerokok. 

Kan agak gimana juga kalau gue larang. Jadi dengan mobil yang disewa sendiri, kita bisa lebih nyaman pindah ke suatu tempat.

Jalan-Jalannya Gak Sendirian

Alasan yang gak bisa ditolerir lagi sih kayanya. Kalau kalian perginya gak sendirian alias bareng pasangan atau temen yang lebih banyak, tentu keliling pakai mobil adalah opsi yang tepat.

wisata di jogja wisata kaliurang pakai mobil
(sumber : dzargon.com)

Oke kalian bisa pakai motor untuk lebih hemat. Tapi percayalah, motoran di Jogja itu pegel. Gue udah pernah merasakan keliling di Jogja pakai motor. Udah panas-panasan, terus lampu merah banyak, lama pula lagi lampu hijaunya.

Jadi saran gue sih lebih baik kalian nyewa 1 mobil dibanding nyewa 2-3 motor. Harganya sama aja, Malah jadi tunggu-tungguan nanti di jalan. Belum tentu juga semua bisa pakai motor dan punya SIM.

Baca Juga : Aplikasi untuk Cari Penginapan Murah di Jogja

Bagaimana? Mungkin alasan-alasan diatas bisa kalian jadikan referensi untuk sewa mobil di Jogja kalau ingin wisata di Jogja. Harganya murah-murah kok, udah gitu kalian bakal dapet mobil yang masih baru lagi kan.

Kalian bebas deh pergi ke ujung utara, barat, selatan, timur Jogja naik turun pegunungan dan gak panas-panasan dijalan.

Sekian dari gue, kalau ada saran dan ide artikel bisa dong sampaikan ke gue. Nanti gue bisa buatkan biar manfaatnya bisa kemana-mana.