Tentunya kita tahu listrik merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kini hampir semua mesin elektronik maupun industri menggunakan listrik sebagai penggeraknya. Bahkan mobil pun saat ini sudah menggunakan energi listrik.

Sayangnya kebutuhan listrik yang besar ini harus dibayar dengan harga yang besar juga sesuai dengan kapasitas penggunaannya sehingga bagi industri yang memiliki banyak mesin untuk berproduksi harus mengeluarkan biaya yang juga besar.

Gak mungkin dong kalau kita terus mengandalkan PLN selaku pemasok kebutuhan listrik kita? Kalau PLN sedang terkendala mematikan listrik, kita pun jadi terkena imbasnya, kita juga jadi tidak bisa menikmati perangkat elektronik yang membutuhkan listrik.

listrik pembangkit tenaga sinar matahari sinar surya
(sumber : tempo.co)

Dari masalah kekurangan listrik konvensional tersebut, kini muncul penemuan sumber listrik alternatif yang dapat kita digunakan dengan bebas yaitu energi listrik tenaga surya.

Listrik tenaga sinar matahari atau tenaga surya adalah salah satu sumber listrik yang saat ini mulai dipopulerkan selain sumber listrik tenaga air terjun dan angin di wilayah tertentu.

Untuk penggunaan sinar matahari, Indonesia yang terletak di kawasan beriklim tropis kaya akan sinar matahari dari pagi hingga siang hari. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai modal sumber listrik gratis bagi mereka yang sudah memiliki panel listrik sebagai wadah penyimpan sinar matahari sekaligus konvertor dari sinar matahari menjadi listrik.

Dengan menggunakan tenaga sinar matahari, ada banyak kelebihan yang bisa kita miliki yaitu:

Mengurangi biaya listrik dan Minim Perawatan

Tentunya dengan menggunakan tenaga sinar matahari yang gratis kita dapatkan saat siang hari, kita akan mendapatkan kehematan untuk bayar tagihan listrik PLN. Listrik berbayar tersebut bisa kita jadikan cadangan ketika cadangan listrik dari tenaga surya habis terpakai. Dana yang sebelumnya untuk tagihan listrik bisa kita alihkan untuk keperluan lainnya.

Bagaimana dengan biaya perawatannya? Perlu diketahui, biaya perawatan alat produksi listrik tenaga sinar matahari ini sangatlah minim. Jadi jangan khawatir dengan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan alat atau panel surya. Cukup beli pertama kali untuk pembelian, Kita sudah dapat menikmati listrik selamanya.

Mengurangi Polusi atau Limbah

Dengan menggunakan listrik tenaga surya berarti kita telah membantu mengurangi polusi dan limbah yang dibuang oleh mesin produksi listrik. Tenaga sinar matahari menggunakan teknologi ramah lingkungan bahkan tidak mengeluarkan polusi sama sekali.

Begitupun dengan polusi suara, alat produksi listrik tenaga surya ini tidak menimbulkan suara berisik seperti generator atau yang sering kita kenal dengan genset. Coba kalau kita menggunakan genset, butuh ekstra tenaga untuk meredam suara berisik mesin yang dihasilkan agar tidak mengganggu tetangga.

Lebih Awet dan Mudah Diatur

Alat produksi listrik tenaga surya ini lebih awet dibandingkan dengan generator tentunya. Tidak berhubungan dengan mesin membuat panel surya lebih tahan lama dibanding genset. Selain itu alat ini mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas listrik.  Sehingga tidak membuang-buang tenaga listrik jika tidak membutuhkan.

Dengan penyesuaian kebutuhan kapasitas listrik, tentu berhubungan dengan seberapa besar panel surya yang dibutuhkan. Semakin kecil kebutuhan listrik kalian, maka panel surya yang dibutuhkan juga kecil, sehingga dapat menghemat tempat untuk pemasangan.

Bagaiamana? Tertarik ingin menggunakan listrik tenaga surya di rumah atau pabrik yang kalian punya? Lumayan bukan untuk menghemat biaya dan juga mengurangi polusi dan ketergantungan dengan PLN.

pemasangan panel surya di atap rumah untuk listrik tenaga surya
(sumber : borneonews.com)

Nah, untuk bisa menikmati semua kelebihan dari sumber listrik tenaga sinar matahari tersebut di atas, kalian memerlukan panel surya terbaik. Untuk mendapatkannya, ada satu perusahaan handal yang bisa dipercaya yaitu PT. Sewatama.

Sewatama memiliki koleksi panel surya terbaik untuk kalian gunakan dalam berbagai kapasitas kebutuhan. Selain penyediaan perangkat listrik, PT. Sewatama juga memiliki banyak tenaga ahli untuk instalasi serta perawatannya.

Jadi jangan khawatir kalau bingung pemasangannya, cukup percayakan instalasi listrik alternatif Anda hanya pada PT. Sewatama untuk listrik yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Mungkin sekian dulu tentang listrik tenaga sinar matahari ini. Pilihan tentu ada pada kalian untuk mencoba listrik tenaga surya ini. Jangan lupa share jika bermanfaat ya. Dan tunggu artikel bermanfaat lainnya di guelagi.