Kerja di Jakarta mungkin jadi banyak impian kebanyakan orang, namun dengan kepadatan penduduk yang tinggi, rasa penat dan jenuh seringkali muncul. Disaat itulah penduduk Jakarta membutuhkan tempat refreshing untuk melepas kejenuhan tersebut.

Bagi sebagian orang apalagi perantau, berkerja di Jakarta sangatlah menjanjikan. Ya bagaimana tidak, UMR di Jakarta cukuplah tinggi. Satu dari sekian alasan tersebutlah yang membuat banyak yang ingin bekerja di ibukota negara Indonesia ini.

Dengan banyaknya orang yang berpindah ke Jakarta untuk bekerja, membuat kota ini menjadi ramai dan paling terkenal dengan kemacetan. Perjalanan menuju kantor menjadi lebih lama karena habis waktu diperjalanan bersama kemacetan.

Polusi jadi tinggi membuat oksigen menjadi lebih tipis, bercampur dengan udara lain. Rasanya kesehatan menjadi lebih terancam berada di kota ini. Beruntung, Jakarta masih punya tempat – tempat yang bisa digunakan untuk berolahraga dan juga refreshing tubuh.

Tempat refreshing ini sangat dibutuhkan warga Jakarta dengan kepenatan berada di Kota ini. Belum lagi pekerjaan yang menuntut kerja keras bagai kuda. Menambah persoalan individu menghadapi kerasnya hidup.

Hampir setiap minggu tubuh ini sepertinya perlu refreshing untuk terus menghadapi hari-hari di Jakarta. Nah untuk itu, gue mau kasih tahu dimana aja tempat di Jakarta untuk kalian refreshing. Tidak perlu jauh-jauh, apalagi kalau Cuma punya waktu yang sedikit, kita bisa memanfaatkan area ini untuk sejenak menyatu dengan alam.

1.Taman Mini Indonesia Indah

tempat refreshing di jakarta - taman mini indonesia indah
(sumber : tamanmini.com)

Tempat pertama yang bisa kalian kunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah atau dikenal dengan TMII. Lokasinya di pinggiran Jakarta Timur nih. Cocok buat kalian yang tinggal di daerah Timur atau Selatan Jakarta.

Bisa juga kalian yang tinggal di perbatasan seperti Bekasi, Cibubur, ataupun Depok. Menuju TMII ini tidak butuh waktu yang lama karena letaknya yang dekat bahkan samping Tol Jagorawi dan JORR. Jadi tinggal keluar saja dari Tol dan tidak jauh dari pintu tol untuk masuk ke kawasan TMII.

Untuk masuk kedalam kawasan ini, kalian dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan Rp 15.000 untuk mobil. Jika kalian membawa motor, dikenakan tiket Rp 10.000. Setelah masuk kedalam kawasan TMII, kalian bisa jalan santai ataupun menikmati berkeliling seluruh area kawasan ini.

Di TMII kalian tidak hanya keliling saja, kalian juga bisa menikmati berbagai wahana rekreasi yang punya tiket tersendiri. Tapi kalau hanya ingin berkeliling juga sah-sah saja, kalian bisa mengunjungi rumah-rumah adat untuk bersantai atau naik kereta gantung. Suntuk pun hilang, badan kembali segar untuk lanjut pekerjaan esok hari.

2. Kawasan Mangrove PIK

tempat refreshing di jakarta - kawasan mangrove PIK
(sumber : wego.co.id)

Tempat refreshing kedua di Jakarta yang bisa kalian kunjungi adalah Kawasan Ekowisata Mangrove di utara Jakarta, tepatnya di kawasan PIK atau Pantai Indah Kapuk. Lokasi Mangrove ini tidak jauh dari Tol Prof Sedyatmo kok. Kalau kalian menggunakan transportasi umum juga termasuk mudah. Kalian bisa menuju kota Tua terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta ataupun angkot.

Disana kalian bisa menikmati alam yang ada, menghirup oksigen dengan leluasa dan juga melestarikan tumbuhan mangrove. Dengan keindahan kawasan ini tentu jadi spot menarik juga untuk menghiasi feed instagram kalian.

Tapi sayangnya kalian hanya diperbolehkan menggunakan kamera smartphone. Jika tidak izin terlebih dulu, kalian akan dikenakan denda mulai dari 1 juta rupiah membawa kamera DSLR atau kamera profesional lainnya. Karena itu tidak jarang spot ini dijadikan komersil untuk foto prewedding.

Buat yang ingin menikmati alam saja, tempat ini sudah cukup untuk jalan-jalan santai di jembatan ditemani tumbuhan mangrove yang ada. Waktu sore hari sangat pas jika ingin berkunjung kesini, kalau siang hari pastinya kawasan ini akan panas.

3. Kepulauan Seribu

tempat refreshing di jakarta - kepulauan seribu pulau seribu
(sumber : idntimes.com)

Tempat pelarian yang gak terlalu jauh dan rasanya paling tepat adalah Kepulauan Seribu. Menikmati indahnya lautan dan pantai dengan bersantai ria di sebuah pulau di Kepulauan Seribu jadi refreshing paling manjur mengobati suntuknya kesibukan di kantor.

Jika kalian punya waktu lebih, menginaplah satu malam di Kepulauan Seribu agar liburan singkatnya lebih terasa. Namun jika kalian Cuma punya waktu sehari saja, kalian tetap bisa berwisata ke Kepulauan Seribu ini. Karena saat ini banyak paket tour pulau seribu yang tersedia untuk kebutuhan wisata dalam sehari. Istilah terkenalnya adalah one day trip.

Baca Juga : One Day Trip ke Sukabumi

Pulau yang bisa kalian kunjungi di Kepulauan Seribu diantaranya Pulau Perak, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Dolphin dan Pulau Macan. Kalian bisa memulai perjalanan dari pelabuhan Muara Angke atau pelabuhan Marina Ancol.

Banyak kapal yang tersedia untuk mengantarkan kalian menuju pulau yang dituju. Kalian juga bisa memilih menggunakan jenis kapal sesuai budget yang kalian miliki. Kalau mau cepat tapi mahal ya kalian bisa menggunakan kapal jenis speed boat.

Nah 3 tempat tersebut jadi tempat refreshing di Jakarta yang bisa kalian manfaatkan untuk melepas kepenatan, menghilangkan kejenuhan, dan menghilangkan suntuknya pekerjaan kantor yang banyak.

Jangan kerja keras bagai kuda mulu, kalian juga berhak buat menikmati alam dan juga merilekskan rubuh kalian. Kalau sakit, justru tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang ada. Jadi lebih baik luangkan waktu sejenak untuk refreshing badan kita biar selalu fresh dan sehat selalu.

Bagaimana? Ada ide atau saran artikel lain? Tolong sampaikan di kolom komentar ya. Jangan lupa bagikan ke yang lain jika artikel ini bermanfaat.