Piala dunia 2018 di Russia sebentar lagi bakal digelar nih. Buat anak muda mah ini bisa jadi tontonan yang gak bisa ditinggalin, apalagi yang suka sepak bola. Wah ketinggalan topik pembicaraan nanti.

Yang gak suka sepak bola pun kadang juga ikut nonton. Ikut-ikutan atau diajak sama pasangannya buat nonton bareng.

Oke daripada kelamaan, gue bakal berbagi informasi tentang piala dunia 2018 ini buat kalian yang awam dengan sepak bola nih. Semoga nanti gak cuma sekedar nonton pertandingan aja ya.

Dan ada juga jadwal lengkap nya yang bisa kalian save di kalender gadget kalian biar gak ketinggalan pertandingannya.

Tentang Piala Dunia 2018

Piala dunia 2018 kali ini bakal diadakan oleh Russia setelah 4 tahun lalu digelar di Brazil nih. Saat di Brazil, piala ini jatuh di tangan tim Jerman yang mengalahkan tim Argentina dengan skor tipis 1 – 0.

Pahlawan Jerman tersebut adalah Mario Gotze, pencetak gol di babak perpanjangan waktu. Nah tapi tahun ini doi gak diajak ke Russia sama Joachim Loew (Pelatih Jerman) karena performanya yang naik turun.

Nah Piala Dunia ke 21 ini masih diikuti 32 negara yang lolos kualifikasi. Salah satu kejutan piala dunia 2018 kali ini adalah keikutsertaan perdana negara Islandia (Iceland) dan Panama. Negara kecil tapi tim nya bagus, keren memang.

Piala dunia 2018 bakal berlangsung pada tanggal 14 Juni – 15 Juli 2018. Sedangkan pertandingannya bakal digelar di 12 stadion megah di 11 kota. Sedangkan partai puncak alias pertandingan Final bakal diselenggarakan di Stadion Luzhniki, Moskwa tanggal 15 Juli 2018 nanti.

piala dunia 2018 dan bola telstar 18

Piala dunia dan bola yang digunakan tahun 2018 (sumber : cnet.com)

Piala dunia kali ini punya banyak kejutan salah satunya yang udah gue sebut sebelumnya dimana ada Islandia dan Panama yang pertama kali ikutan. Kejutan lainnya adalah beberapa tim unggulan yang tersingkir dibabak kualifikasi.

Tim tersebut adalah juara dunia empat kali Italia, spesialis runner up Belanda, juara piala konfederasi 2017 Chili, Juara Oseania Selandia Baru, Juara Piala Afrika 2017 Kamerun dan Juara Concacaf 2017 Amerika Serikat.

Dan berikut adalah negara yang lolos dan bisa kita saksikan di Piala Dunia 2018.

Zona Asia (AFC) : Arab Saudi, Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan

Zona Afrika (CAF) : Maroko, Mesir, Nigeria, Senegal, Tunisia

Zona Amerika Utara (Concacaf) : Kosta Rika, Meksiko, Panama

Zona Amerika Selatan (Conmebol) : Argentina, Brazil, Kolombia, Peru, Uruguay

Zona Eropa (UEFA) : Belgia, Denmark, Inggris, Islandia, Jerman, Kroasia, Perancis, Polandia, Portugal, Russia, Serbia, Spanyol, Swedia, Swiss

Dan kemudian dibagi kedalam grup dibawah ini. Nah disini gue juga ikut prediksi siapa aja yang bakal lolos nanti ke 16 besar.

 

Grup A

Grup B Grup C Grup D

Uruguay

Spanyol

Perancis Croatia

Russia

Portugal

Denmark

Argentina

Mesir

Maroko

Peru

Nigeria

Arab Saudi Iran Australia

Islandia

 

Grup E

Grup F Grup G Grup H

Brazil

Swedia Belgia

Senegal

Swiss

Meksiko Inggris

Jepang

Serbia

Korea Selatan Tunisia

Kolombia

Kosta Rika

Jerman Panama

Polandia

Piala dunia 2018 Russia ini bakal ditayangkan oleh perusahaan TV milik Chairul Tanjung yaitu Trans TV, Trans 7 dan Transvision sebagai pemegang lisensi tayangan Piala Dunia untuk Indonesia.

Jadwal Russia yang bersahabat bikin kita bisa nonton juga di jam yang gak terlalu larut. Pertandingan dimulai dari jam 5 sore, jam 7 sore, jam 10 malam dan jam 1 dini hari. Itu waktu WIB ya. Buat kalian yang WITA atau WIT tinggal ditambah 1 dan 2 jam aja.

Congratulations !!

FRANCE

Juara Piala Dunia 2018

 

Jadwal Tayang Piala Dunia 2018

Nah dengan jam yang bersahabat, bikin kita yang tinggal di Indonesia bisa nonton tanpa harus begadang. Malamnya bisa buat istirahat kan.

Oke, berikut ini adalah jadwal yang gue buat di Google Kalender nih. Pertandingan perdana akan dilakoni oleh tuan rumah Russia yang melawan tim Arab Saudi. Nah berikut jadwal lengkapnya.

Kalian juga bisa tambah jadwal ini ke kalender kalian di gadget kesayangan. Biar nanti dapet reminder sebelum pertandingan, biar gak ketinggalan pertandingan tim favorit.

Caranya, klik tombol +GoogleKalender dipojok kanan bawah kalender diatas.

Atau

Klik tombol dibawah ini untuk download file .ics

Terus buka file tersebut dan tambah deh ke kalender kalian.

Atau

Kalau masih gak bisa juga, ketik alamat email di kolom komentar ya biar gue bisa tambahin manual.

Jangan lupa nanti di refresh atau sync calendar nya pas udah babak 16 besar biar tahu jadwal selanjutnya ya.

Buat yang masih penasaran dengan Piala Dunia 2018 ini, kalian bisa baca-baca info dibawah ini ya. Gue coba rangkum stadion-stadion yang jadi tempat bertanding dan juga ada bola yang dipakai di piala dunia 2018 ini.

Kalau masih kurang, komentar aja biar gue tambahin informasinya.

 

Stadion – Stadion Piala Dunia 2018 Russia

Seandainya nih negara deket dari Indonesia, mungkin bisa berangkat lah nonton pertandingan. Tapi kalau harganya mahal juga mikir-mikir sih.

Nah Russia kan punya wilayah yang luas banget tuh. Untuk memudahkan transportasi peserta, Russia mengajukan kota yang dekat dengan benua Eropa nih.

Mereka mengajukan 12 stadion yang ada di 11 kota di Russia. Beberapa memang merupakan stadion yang digunakan oleh klub besar Russia seperti CSKA Moskwa, Zenit St. Petersburg dan lainnya.

Nah mending kita lihat stadion mana aja. Kali aja dapet tiket gratis nonton kesana ya kan.

Stadion Kaliningrad, Kaliningrad

kaliningrad stadium

Stadion ini mirip dengan Allianz Arena milik Bayern Muenchen. Dengan kapasitas 35.212 kursi, stadion ini menjadi stadion dengan kapasitas paling sedikit nih.

Stadion ini merupakan markas dari klub divisi satu Rusia, FC Baltika Kaliningrad. Bakal jadi venue empat pertandingan babak grup. Seperti Inggris dan Spanyol.

Stadion Kazan Arena, Kazan

kazan arena

Kazan Arena merupakan markas klub utama Russia, Rubin Kazan. Kapasitasnya sampai dengan 45.379 kursi dan termasuk stadion besar di Russia. Stadion ini dibangun untuk menggantikan stadion Sentral Kazan sebagai stadion sepak bola utama di Kazan.

Stadion Luzhniki, Moskwa

luzhniki stadium

Luzhniki ini menjadi stadion yang paling besar diantara stadion lainnya di Russia dengan kapasitas kursi hingga 84.745. Stadion ini juga yang akan menjadi laga final Piala Dunia 2018.

Stadion ini ditempati oleh klub Torpedo Moskwa. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah final Liga Champions 2008.

Stadion Otkritie Arena, Moskwa

otkritie arena

Stadion lainnya di ibukota Russia ini bernama Otkritie Arena. Kapasitas kursi hingga 45.360. Menjadi markas klub Spartak Moskwa dan juga sering dipakai oleh Timnas Russia nih.

Pernah juga dipakai saat Piala Konfederasi FIFA 2017. Bentuknya agak unik juga ya.

Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod

nizhny Novgorod

Stadion dengan kapasitas yang sama dengan Otkritie Arena ini menjadi stadion yang terpilih untuk pertandingan Piala Dunia 2018. Selain jadi venue fase babak grup, stadion ini juga menjadi venue partai perempatfinal.

Setelah Piala Dunia ini, stadion ini akan menjadi markas klub divisi satu liga Russia, FC Olimpiyets Nizhny Novgorod.

Stadion Rostov Arena, Rostov na Donu

rostov arena

Stadion dengan kapasitas 45.000 orang ini merupakan markas klub FC Rostov. Dan bakal jadi venue Piala dunia 2018 yang menggantikan stadion Olimp – 2.

Selain jadi venue penyisihan grup, stadion ini juga jadi tempat putaran 16 besar. Disini penonton juga bisa menikmati pemandangan kota.

Stadion Krestovsky Arena, Sankt-Peterburg

krestovsky arena

Stadion Krestovsky ini juga disebut Zenit Arena karena stadion ini juga termasuk kandang bagi FC Zenit Saint Petersburg. Stadion ini punya kapasitas yang gede juga, yaitu 68.134 orang. Saat piala dunia 2018 stadion ini diberi nama stadion saint petersburg.

Stadion Cosmos Arena, Samara

cosmos arena

Stadion Cosmos Arena ini juga dikenal sebagai Samara Arena karena letaknya di kota Samara. Bentuknya yang unik dengan konsep angkasa ini menjadi simbol penghormatan budaya setempat.

Kota Samara ini menjadi kota evakuasi penduduk dari Moskwa selama perang dunia 2 berlangsung. Kapasitasnya tidak terlalu besar, hanya 44.807 orang saja. Stadion ini akan jadi markas klub divisi satu liga Russia, Kryla Sovetov.

Stadion Mordovia Arena, Saransk

mordovia arena

Mordovia Arena jadi venue lainnya untuk piala dunia 2018 ini. Stadion ini dibangun dalam rangka peringatan seribu tahun unifikasi etnis Mordovia dengan etnis lainnya di Russia.

Kapasitasnya juga tidak terlalu besar, hanya 44.442 penonton. Setelah Piala Dunia ini bakal jadi markas FC Mordovia Saransk.

Stadion Olympic Fisht, Sochi

fisht stadium

Berkapasitas 47.000 penonton ini bakal jadi tempat tanding penyisihan grup, putaran 16 besar dan juga perempat final. Bangunan stadion ini terinspirasi dengan Gunung Fisht ini punya bentuk unik yaitu gunung yang tertutup salju.

Stadion Volgograd Arena, Volgograd

volgograd arena

Stadion Volvograd Arena ini berkapasitas 45.568 kursi nih. Ini termasuk stadion yang baru dibangun untuk Piala Dunia ini. Dibangun diatas stadion lama Central Stadium.

Stadion ini akan dikurangi kapasitasnya setelah piala dunia dan bakal jadi markas klub FC Rotor Volvograd.

Stadion Ekaterinburg Arena, Yekaterinburg

ekaterinburg arena

Stadion terakhir yang menjadi venue piala dunia 2018 adalah stadion sentral di Yekaterinburg. Kapasitasnya tidak cukup besar, hanya 35.000 penonton saja. Saat piala dunia ini stadion ini dikenal dengan Ekaterinburg Arena.

Bentuknya unik juga yang ini, ada sisi yang gak ngikut lingkaran. Seperti sedang nonton film gitu. Tapi kalau hujan, ya dia doang yang kena.

 

Telstar 18 Nama Bola Piala Dunia 2018

Selain Negara yang bertanding dan juga stadion megah tempat berlangsungnya Piala Dunia ini. Gue juga tertarik dengan bola yang digunakan.

Tentu tiap sesi piala dunia, pasti ada bola baru yang dipakai dan biasanya langsung jadi hits laku di pasaran. Nah kali ini Adidas selaku official produsen bola Piala Dunia 2018 mengeluarkan bola dengan nama Telstar 18.

telstar 18

Telstar 18 ini merupakan versi terbaru dari edisi Telstar Adidas. Telstar lebih dulu dikeluarkan Adidas pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Yang kemudian di tahun ini dikeluarkan kembali tahun ini dengan teknologi terbarunya.

Telstar adalah singkatan dari Television Star atau bintang televisi. Dengan desain hitam putih yang saat itu TV masih hitam putih agar kelihatan bolanya.

Sekarang pun sama, masih hitam putih dengan gradasi abu-abu. Lalu terdapat logo piala dunia dengan warna emas.

Teknologi yang dibawa Telstar 18 ini adalah adanya chip NFC (Near Field Communication) yang tersematkan pada ujung bola. Entah gue juga masih belum tahu fungsi realnya. Mungkin buat deteksi bola kalau terjadi gol atau out.

Nanti pas partai puncak, Adidas bakal ngeluarin bola Telstar 18 versi khusus nih. Masih belum dirilis, jadi biar aja pada penasaran.

Baca Juga : 21 Film Terbaru 2018 dan Jadwal Tayang di Bioskop Indonesia

Nah mungkin gitu aja bahasan tentang Piala Dunia 2018 kali ini. Mudah-mudahan kita bisa nonton dengan tenang ya. Yang pertandingannya sore bisa nonton streaming kali ya. Atau pulang cepet aja.

Kalau ada yang keliru diatas, tolong dikasih tau guenya ya. Biar bisa direvisi. Tinggal komentar dibawah aja ya. Thank you udah mampir kesini. Semoga bermanfaat.

Stadion picture by : soka25east.com

Share Yuk: