Dunia memang selalu menyimpan kejutan yang tidak ada habisnya, ada saja hal mengejutkan sekaligus menakjubkan yang diperlihatkannya yang lalu menjadikan dunia ini memang benar-benar dipenuhi misteri.

Mungkin sudah tak terhitung misteri yang ada di dunia ini dan bukan hanya sebatas misteri menakutkan saja namun juga ada banyak misteri berupa fenomena alam yang menakjubkan.

Berbagai wilayah berikut ini menyimpan beragam keindahan fenomena alam yang sulit dijangkau nalar, seperti:

 

Fenomena Bioluminescence

Fenomena Alam Bioluminoscence

(sumber : gedubar.com)

Ingin menikmati keindahan alam yang langsung bisa disaksikan mata telanjang ? berkunjunglah ke Teluk Toyama – Jepang, Pulau Mudhdhoo – Maldives, Falmouth – Jamaika, Koh Rong – Kamboja, Teluk Mosquito – Puerto Rico, dan Kepulauan Matsu – Taiwan.

Fenomena alam dimana laut seakan-akan dapat mengeluarkan cahaya sendiri ini memang sangat mengagumkan.

Hal ini bukan sulap ataupun sihir melainkan karena emisi cahaya yang dihasilkan makhluk hidup bernama plankton di lautan yang diakibatkan adanya reaksi tertentu yang terjadi sehingga menghasilkan cahaya indah di perairan ini.

 

Kanada – Danau Abraham

fenomena alam danau abraham

(sumber : kumparan.com)

Cek situs booking hotel online di reservasi.com untuk berkunjung dan menginap di wilayah Kanada. Kenapa Kanada?

Karena disana ada yang bisa kalian lakukan yaitu menikmati pemandangan yang langka dan sulit ditemukan dimanapun salah satu danau disana.

Namanya Danau Abraham. Meski terlihat sekilas sama dengan danau lainnya, namun keunikan danau yang satu ini akan terlihat saat musim dingin tiba.

Pada danau Abraham terdapat gelembung-gelembung udara yang membeku di dalam air, gelembung yang membeku saat masih belum mencapai permukaan tersebut menjadi pemandangan yang luar biasa pada permukaan danau karena membentuk pola-pola unik nan indah.

 

Indonesia – Kawah Gunung Ijen

fenomena alam kawah ijen

(sumber : goodnewsfromindonesia.id)

Fenomena langka selanjutnya berada di negeri kita tercinta Indonesia, salah satu fenomena alam langka yang menyajikan keindahan bagi para penikmatnya yakni fenomena blue fire di Kawah Gunung Ijen.

Sesuai dengan namanya, blue fire Kawah Ijen merupakan semburan api berwarna biru yang terjadi di Kawah Ijen yang berada di Gunung Ijen.

Keindahan fenomena langka yang setiap hari terjadi dan menyedot banyak perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara ini terjadi di Indonesia (Gunung Ijen, Bondowoso).

Namun bukan hanya keindahan blue fire saja yang dapat memanjakan mata, ada pulau kawah berwarna hijau tosca dengan kedalaman 200 meter di kawah yang satu ini.

 

Mauritius – Air Terjun Di Bawah Laut

fenomena alam mauritius

(sumber : express.co.uk)

Jika kalian berada di kawasan Mauritius, kalian bisa nikmatin salah satu fenomena super langka yang akan membuat kamu takjub, yakni air terjun yang berada di bawah laut.

Pemandangan pantai yang berada di dekat Gunung Le Morne ujung Barat Daya pulau Mauritius ini memang sangat menakjubkan layaknya sebuah keajaiban atau ilusi mata saja, pasir yang berada di lautan seperti jatuh ke jurang yang dalam bersamaan dengan air laut di sekitarnya.

Sayangnya pemandangan air terjun di bawah laut ini hanya bisa disaksikan jika dilihat dalam sudut yang tepat saja. Karena pada kenyataannya pasir terbawa arus ke arah lautan lepas yang jika dilihat pada sudut yang tepat menghasilkan pemandangan layaknya air terjun di dalam laut.

 

Skandinavia dan Kanada Utara – Aurora Borealis

fenomena aurora

(sumber : usatoday.com)

Aurora Borealis atau dikenal juga Nothern Lights merupakan fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet.

Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara medan magnetik  yang dimiliki planet tersebut dengan partikel yang bermuatan yang dipancarkan Matahari.

Pancaran cahaya yang ditimbulkan biasanya berupa gradasi warna sehingga sangat indah saat dipandang mata.

Cek situs booking hotel online di reservasi.com untuk berkunjung ke Kanada Utara atau Skandinavia  untuk menikmati keindahan fenomena yang satu ini. Fenomena ini biasanya muncul pada September sampai April pukul 17.00 dan 14.00.

 

Venezuela – Sungai Catatumbo

fenomena sungai petir

(sumber : merdeka.com)

Pernah dengar fenomena Catatumbo lightning ? sebuah fenomena langka yang mengagumkan sekaligus menakutkan yang satu ini terjadi pada lapisan atmosfer bumi.

Sebuah fenomena petir yang terus menerus menyambar dengan intensitas yang tinggi yang bahkan bisa mencapai 400.000 lebih sambaran dalam setahunnya (petir bisa menyambar sampai 149 – 160 hari dalam setahun.

Terjadi sambaran rata-rata 280 kali dalam satu jam dan sambaran ini terus terjadi rata-rata selama 10 jam per harinya).

Fenomena langka yang satu ini terjadi di wilayah Venezuela tepatnya di Muara Sungai Catatumbo sejak berabad-abad yang lalu.

Pada Januari 2010 fenomena yang satu ini sempat tidak muncul yang diduga karena kekeringan yang terjadi, namun pada April 2010 fenomena ini kembali muncul.

 

Nah itu dia fenomena – fenomena alam yang menakjubkan. Tapi bukan hanya berbagai fenomena menawan di atas saja yang muncul.

Di dunia ini tentunya masih ada banyak fenomena langka lainnya yang hanya bisa dinikmati sekilas atau bahkan belum muncul ke permukaan atau belum ditemukan oleh manusia.

Nah buat kalian yang penasaran dan pengen nikmatin fenomena alam seperti itu, kalian bisa Cek harga hotel termurah untuk berwisata ke berbagai tempat tersebut sekalian menikmati keindahan alam sekitar.

Share Yuk: