Gak nyangka udah mau selesai aja nih tahun 2017.  Seperti kebiasaan sebagian orang, buat resolusi tahun baru adalah hal yang gak bisa dilewatkan.

Walaupun banyak juga yang Cuma buat tapi habis itu dilupain. Ya mungkin mereka hanya ikut-ikutan kali ya.

Tapi menurut gue, buat resolusi tahun baru sama aja buat rencana dan goal yang pengen dicapai di tahun berikutnya.

resolusi tahun baru

Goal tersebut yang harusnya bisa jadi semangat tiap hari-hari yang kita lewatin. Hidup kita jadi lebih terarah dan gak hanya let it flow aja.

Kalau kalian masih hidup dengan prinsip let it flow, sebaiknya cepat-cepat ditinggalin. Kalian gak akan tahu udah sampai mana perjalanan hidup kalian. Siapa tahu stuck jalan ditempat.

Tentu itu bukan hal yang bagus dong. Dimana-mana hidup itu buat yang lebih baik. Ya masa mau gitu-gitu aja.

Nah makanya mulai sekarang nih mumpung mau tahun baru kan kalian bisa buat perencanaan dan target yang mau dicapai di tahun baru.

Evaluasi Tahun Ini Terlebih Dahulu

Sebelum beranjak buat resolusi tahun baru, ada baiknya buat evaluasi dulu apa aja yang udah kita lakuin tahun ini. Jangan sampai target tahun baru malah udah dicapai tahun ini.

Misal Alhamdulillah tahun ini bisa lulus kuliah atau Alhamdulillah tahun ini kalian udah dapet kerja ditempat dan posisi yang diimpikan sejak kuliah.

Tulis aja semua pencapaian kalian di tahun ini. Gak Cuma hal-hal yang gede aja, hal-hal kecil juga ditulis aja.

“Walaupun pencapaian kecil, tetaplah sebuah pencapaian yang harus disyukuri.”

Buat goal atau target tahun baru

Setelah tahu pencapaian kalian tahun ini. Waktunya buat target-target yang ingin dicapai di tahun depan.

Nah gue akan membagi ke beberapa bagian atau kategori yang harus kalian tentuin sendiri di masing-masing kategori dibawah ini ya.

Karier Profesional

resolusi karier

Pertama adalah target karier di tahun baru. Klise emang sih, pertanyaan yang berulang-ulang dan seringnya Cuma jadi wacana.

Tapi sebisa mungkin kalian komitmen dengan target yang kalian mau. Misal di tahun depan harus dapet kerja buat yang belum dapet sampai sekarang.

Buat yang udah dapet kerja tapi belum sesuai bisa ditargetin mau pindah kemana tahun depan. Buat yang udah nyaman ditempat yang sekarang, target tahun depan dapat promosi jabatan.

Bisa juga tahun depan resign dari kantor yang sekarang terus jadi enterpreneur, bikin usaha sendiri yang punya kebebasan waktu.

Kesehatan Jasmani

resolusi kesehatan

Karena tahun depan akan banyak target yang harus dicapai, jadi badan kita juga harus terus sehat. Kalau sakit mulu nanti malah jadi penghambat.

Tahun depan harus lebih banyak berolahraga. Eits, bukan berarti olahraga itu harus nge gym. Yang terpenting kalian menggerakkan badan lebih lama dan gak cuma duduk di depan meja kantor seharian.

Misal tiap weekend wajib jogging. Tiap hari harus pemanasan sebelum berangkat aktivitas. Sampai hal kecil kaya naik turun lantai di gedung kantor lewat tangga dan benerin posisi duduk setiap beberapa menit.

Dan juga asupan yang masuk ke dalam badan ini diusahakan bergizi. Jangan makan junk food mulu. Junk food setiap seminggu sekali misalnya. Tiap hari banyakin sayuran dan buah.

Kemampuan / Skill

resolusi skill

Gak Cuma karier yang dikejar tapi juga kemampuan diri. Jangan terlalu puas dengan apa yang kalian punya sekarang. Karena percayalah masih banyak yang lebih hebat diluar sana.

Misal tahun depan harus bisa lebih baik desain di Sketch. Atau tahun depan tambah pemrograman bahasa baru dan lainnya. Atau bisa lancar komunikasi biar gampang prospek klien.

Tentunya kemampuan ini akan berelasi dengan karier yang kalian ingin capai. Semakin mahir dan banyak kemampuan lain yang kalian punya, potensi karier yang meningkat akan lebih tinggi.

Bisa coba dengan bertanya ke mentor atau ikut kursus online atau sering dateng ke event workshop.

Finansial

resolusi finansial

Hal ini juga termasuk paling penting. Jangan sampai semua gagal karena kalian kesulitan finansial.

Misal, tahun depan berencana bikin anggaran tiap bulan biar bisa makan tiap hari dan beli pulsa.  Jangan sampe gak bisa makan karena duit abis belum gajian.

Kalau kalian berencana mau ambil kartu kredit tahun depan, coba dipertimbangkan lagi kebutuhan dan resikonya.

Yang mau ambil cicilan, coba liat lagi kemampuannya bisa bayar cicilan tepat waktu atau gak. Jangan sampai kalian gak bisa bayar sewa kost karena duitnya dipakai buat cicilan.

Penting Lainnya

resolusi nikah

Ada dua hal yang menurut gue juga penting kalian capai di tahun baru yaitu Nikah (buat yang belum) dan Liburan. Karena gue gak tau namanya, jadi gue anggap ini hal penting untuk resolusi tahun baru.

Nikah adalah hal yang paling indah dan juga hal yang lebih rumit. Indah karena bisa jalanin sisa hidup ini berdua, gak sendirian.

Rumit karena bakal banyak tantangan yang harus dihadapi nantinya. Tapi kalau berdua kuat, pastinya bisa ngelewatin tantangan itu.

Buat yang belum berpasangan sah tahun ini, semoga di tahun depan kita bisa punya pasangan hidup ya. Bukan Cuma enak berdua tapi nikah juga untuk ibadah biar dapet berkah.

Satu lagi adalah liburan. Jangan sampai kalian jadi pekerja yang terlalu loyal. Sampai-sampai waktu luang abis sama kerjaan. Yang ada malah bikin stres, dan tubuh jadi gak sehat nantinya.

Harus ada target bisa liburan kemana tahun depan. Bukan Cuma buat instagram tapi ini buat relaksasi pikiran juga biar lebih fresh karena keseringan jenuh.

Apalagi sekarang udah banyak travel agent dan juga harganya yang murah, contohnya Airy (endorse dikit). Tambah juga tahun depan banyak hari kejepit, waktunya habiskan jatah cuti.

Rencanakan Sekarang

Setelah semua tujuan atau goal sudah dibuat, tentu buat rencana bagaimana cara mencapai itu semua. Buat jangka waktu yang lebih pendek untuk evaluasi dan juga urutan prioritas.

3 bulan pertama harus punya skill apa aja, dalam waktu 6 bulan pertama harus bisa dapat kerjaan baru dan lainnya.

Misal,

  • Mahir javascript dalam waktu 3 bulan
  • Naik jabatan sebelum bulan Juni atau resign setelah lebaran
  • Jogging rutin di komplek perumahan tiap dua kali seminggu
  • Turunin berat badan sampai 5kg di semester awal
  • Nikah di bulan syawal
  • Liburan tiap bulan

Dan target lainnya yang kalian udah buat. Semakin spesifik, semakin bagus untuk dijadikan evaluasi dan semangat buat ngejarnya.

Baca Juga : Jangan Kebanyakan Ngomong, Kerjain Aja Dulu

Tulis di sebuah kertas lalu tempel ditembok sebagai pengingat kalian. Atau bisa juga kalian tulis di notes smartphone kalian dan tambahin juga reminder biar kalian inget terus.

Akhir tahun depan lakukan hal yang sama kaya akhir tahun ini. Coba liat seberapa jauh komitmen kalian sama tujuan sendiri.

Kalau banyak gagal, berarti introspeksi diri ya. 😊

Share Yuk: