Pernah maen ke sukabumi? Eh tau gak daerah sukabumi? Atau jangan-jangan diantara kalian termasuk orang sukabumi lagi? Hehe. Harusnya sih anak 90an tau lah ya Sukabumi ada dimana.

Yaitu di jawa timur hahaha kalo kalian masih gak tau sukabumi itu dimana, mending kalian buka buku geografi deh hehe baca peta aja deh kalo gak mau baca buku.

sukabumi

Letak sukabumi tuh maps.google.com

Nah sukabumi ini terletak tetanggaan sama bogor. Karena bagi gue jarak nya gak terlalu jauh, jadinya bikin gue penasaran sama kota yang satu ini.

Sebenernya disana ada apaan sih? Kok kalo searching di internet nih, gak sedikit juga orang-orang yang jalan-jalan kesana.

Salah satu hal yang unik di sukabumi ialah adanya makanan khas, yaitu kue mochi. Katanya disana emang tempat asli asalnya kue mochi, kata siapa yak?

Hmm tapi emang bener sih, katanya disana ada daerah terkenal pembuatan kue mochi hooo #soktauloris

Yap kali ini gue mau sharing perjalanan gue seharian ke Sukabumi 😀 Destinasi ini gue udah rencanakan sama doi dari jauh-jauh hari. Dan akhirnya alhamdulillah kita bisa mencoret Sukabumi dari daftar list perjalanan kita.

Seperti biasa, sebelom pergi melancong ada baiknya kita cari tau dulu tempat yang kita tuju. Beruntung kan jaman sekarang udah bisa stalking apa aja.

Nah kalo kalian searching di internet, gak sedikit traveler yang pernah traveling ke Sukabumi dalam waktu sehari aja atau one day trip. Dan kita (gue sama doi) juga mau ngerasain deh.

Sebenernya kita cuma pengen ngerasain naek kereta ekonomi hehehe. Abis bingung kemana yang bisa pake kereta tapi Cuma sehari, pilihannya Sukabumi atau Bandung.

Eh kita pilih Sukabumi deh, penasaran juga disana kaya gimana.  Karena hari sudah ditentukan dan gak mau jadi wacana, akhirnya lanjutin deh.

kereta sukabumi

Kereta menurut gue sih lebih enak buat ke sukabumi hasmi.org

Sukabumi bisa kalian tempuh dengan berbagai cara, naek motor bisa, naek mobil bisa, naek pesawat bisa, jalan kaki bisa, naek angkot bisa, naek kereta juga bisa.

Waktu tempuh kalo pake kereta itu sekitar 2 jam. Berangkatnya dari stasiun Bogor Paledang, ingat! Paledang yaa bukan stasiun Bogor Commuter Line.

Kaya kita yang sok tau saat itu, kirain berangkat dari Bogor karena biasanya kereta sukabumi parkir disana. Eh ternyata bukan dari situ naiknya.

Jadi langsung lari-lari deh ke Paledang. Buat kalian yang dari Jadetabek, bisa naik commuter line dulu sampe Bogor trus jalan kaki deh ke Paledang.  Deket ko ke paledang, jalan kaki 5 menit juga nyampe.

Biasanya keberangkatannya itu jam 8 paling pagi. Jadi lo mesti pagian sampe Bogor biar gak ketinggalan kereta. Nah nanti sampe sukabumi sekitar jam 10 kalo gak macet.

Pas sampe sukabumi, ternyata gak ada bedanya sama bogor, panas trus macet, angkot dimana-mana. Nah kalo gue baca, pas keluar stasiun tuh banyak yang nawarin mobil charteran gitu, mobilnya ya angkot.

Katanya sih lebih nguntungin dicarter daripada narik biasa. Nah nanti dia nganterin kita ke tempat-tempat yang sering dikunjungin orang-orang.

Harga charter mobil berkisar 250-300 ribu (sumber dirahasiakan).

stasiun sukabumi

Ini nih penampakan stasiun sukabumi

Tapi pas gue sama doi berkunjung kesana, gak ada yang nawarin. Jadinya kita jalan sendiri aja, nyari di google, tempat-tempat yang bisa dikunjungin.

Beuh bener-bener lumayan crowded juga ya disana. Trus gitu panas. Kita jalan ke tempat pertama yaitu alun-alun kota Sukabumi.

Ternyata gak jauh-jauh banget, jadi kita jalan aja deh. Naek angkot malah kelamaan macet huhu.

masjid agung sukabumi

Masjid Agung Sukabumi dan Alun-alun Sukabumi

Alun-alun kota ini letaknya didepan masjid agung sukabumi. Pas nyampe sana sih emang bener ini tempat buat kumpul-kumpul, iya kumpulan cabe-cabean 😀

Ya kita disana cuma liat-liat sekitar, sambil istirahat + jajan. Trus kan tanggung tuh udah mau zuhur, pengen solat aja dulu. Eh pas diukur-ukur bakal kelamaan nanti, jadinya kita lanjutin perjalanan deh.

Udah siang perut laper, ya cari makan jadinya hehe. Nah waktu itu searching dulu tuh mau kemana yang deket dari situ.

Hmm dan kita tertarik mau nyobain nasi uduk ungu nih, pas diliat ternyata gak jauh-jauh banget dari alun-alun, jadinya jalan lagi deh.

Kita emang suka jalan sih hehe. Kalo lo gak kuat naek angkot juga ada, tapi nanggung hehe

nasi uduk mamih ungu

Lesehan nih bro

Nyampe TKP beuh tempatnya lumayan cozy nih, konsepnya lesehan gitu, dengan rumah 2 tingkat, trus dibelakang rumah berasa pedesaan gitu.

Lumayan jauh dari kebisingan sih, karena dari jalanan tuh kita masuk ke dalem, kaya di bagian belakang rumah gitu.

nasi uduk ungu

penampakan Nasi Uduk Ungu nih gan

Trus keburu laper, yaudah gue pesen yang warna ungu, sedangkan doi pilih yang warna ijo. Mayan enak bro, cobain lah kalo maen ke sukabumi yak. Bukan promo nih hehe.

Abis itu sasaran selanjutnya yaitu nyari mochi hehe. Iyalah makanan khas nya Sukabumi nih. Nah tempatnya itu yang terkenal adalah Gang kaswari (lihat maps).

Karena jauh kita mesti naek angkot deh. Dan sesampenya disana. Ini gang jualan mochi semua haha yaudah deh kita beli buat dibawa oleh-oleh hehe.

Harganya hmm ya gak terlalu mahal juga sih kalau yang usaha rumah pinggiran. Tapi kalo Mochi Lampion hmm buat kita sih lumayan harganya hehe. Tergantung budget kalian.

gang kaswari

Ini penampakan gang kaswari nih

Abis beli kita balik lagi deh ke alun-alun. Sebenarnya kalo kalian mau, kalian bisa ke wisata Selabintana. Disana keren viewnya.

Tapi prediksi kita bakal butuh waktu karena jaraknya yang lumayan. Jadinya kita dari alun-alun kembali deh ke stasiun. Cuaca masih panas banget disana. Dan ditambah kepala gue yang pusing jadinya yaudah lah nunggu aja di stasiun.

selabintana sukabumi

Pemandangan selabintana penawisata.com

Abis itu jam 4.30 kita pun balik lagi ke stasiun paledang bogor. Sampe sana pasti magrib ya kalo gak ada halangan, trus solat deh di belakang Matahari. Baru kita balik ke rumah masing-masing.

Baca Juga : Melihat Pesona Diatas Awan – Dieng Culture Festival 2016

Nah itu tadi pengalaman gue one day trip ke sukabumi bareng doi yang diawali dengan rasa penasaran, tapi ya cukup lah untuk melepas penat hiruk pikuk nya jakarta.

Kalian bisa ko jalan-jalan ke tempat lainnya di sukabumi. Tapi kalo sehari aja mah ya paling gak jauh beda sih kaya pengalaman gue barusan. Kalo kalian mau nyobain tapi bingung, boleh tanya-tanya aja, pasti dijawab 😀

Tiket Kereta Api Pangrango

  • Eksekutif >> Rp. 60.000 (sekali jalan)
  • Ekonomi >> Rp. 25.000 (sekali jalan)
  • Berangkat >> Pukul 08.30
  • Pulang >> Pukul 16.20

Bagikan