Ya sekarang Indonesia merayakan hari jadinya. Tapi orang lebih sering menyebutnya 17 agustusan daripada hari kemerdekaan. Yang jadi budaya di kita yaitu tiap 17 agustus ini Cuma ngelakuin upacara gak di istana negara doang di tiap sekolah dan institusi apapun juga bikin upacara. Terus aja gitu tiap tahun sambil dengerin pidato pak presiden. Seharusnya mah bikin resolusi baru biar Indonesia makin merdeka ya gak. Indonesia kita ini udah banyak masalah apalagi yang jadi pejabat nambah masalah juga, korupsi yang gak berenti-berenti, hukum yang tebang pilih, sampe yang gabut sekalipun. Tapi apa daya menn, menunggu mereka yang bilangnya perwakilan kita Cuma buang-buang waktu. Emang udah seharusnya kita jalan sendiri, bikin perubahan sendiri.

Ada cara sederhana yang bisa kita lakuin menn. Biarkan kita dulu yang berubah baru nanti orang lain mengikuti.

Pakai Produk Lokal

banyakin beli produk lokal bro biar makin kaya Indonesia sbsinews.com

Sumpah ini sederhana tapi susah. Produk luar lebih menggoda, harga lebih murah, bentuk lebih bagus. Tapi ini bisa jadi masalah kalo tiap kali beli barang pilihnya produk luar. Terus produsen Indonesia gimana men? Mereka hidup dari mana coba kalo dagangan aja gak laku. Mungkin seperti elektronik kita kalah sama luar tapi kalo sandang, rasanya Indonesia masih sanggup buat sendiri. Barang ā€“ barang KW itu juga banyak buatan Indonesia menn. Setidaknya lo bisa lakuin itu, beli barang KW. Ya mungkin gak mirip-mirip amat tapi bisalah dipake juga.

Ikut Gerakan atau Komunitas Sosial

inovasia

Ikutan Komunitas sosial itu seru loh inovasiuntukindonesia.org

Lo pengen Indonesia maju. Terus ngarep kalo Indonesia bebas korupsi, bebas kemiskinan dan lainnya. Tapi kalo lo sendiri gak bergerak ya percuma. Kalo lo mau perubahan ya berarti ikut gerak. Lo bisa ikutan gerakan sosial yang ada. Kaya Indonesia Mengajar, Indonesia Bangun Desa ato kaya gue ikutan Inovasi Untuk Indonesia. Ketika lo mau buat ikut-ikutan beginian sama aja lo udah usaha bikin Indonesia lebih maju menn. Setidaknya kita bisa berbagi dan lebih ngerasain namanya hidup.

Buat Sendiri

bikin aja sendiri menn , bisa ko tribunnews.com

Pengen pake sebuah produk tapi masih jarang di pasaran. Ya lo bikin aja sendiri. Bisalah pasti. Kalo bisa minimalkan pemakaian produk luar men. Misal tuh aplikasi Gojek yang lagi naek daun. Dia ngebuktiin kalo Indonesia bisa bikin produk sendiri dan dinikmati sendiri. Berarti sebenarnya kita bisa ngegusur Facebook, twitter, Instagram dkk. Bisa buat sendiri dan nikmatin sendiri. Sumberdaya kita menang menn.

Apresiasi Produk Lokal

Gampang apresiasi karya orang, contohnya nonton di bioskop iponxonik.wordpress.com

Kalo udah ada yang bikin produk ya tolong di apresiasi lah ya. Ini lebih ke sebuah karya seni lebih tepatnya. Contohnya musik atau film. Indonesia punya banyak band lokal, sineas juga melimpah. Tiap pagi di tv yang disiarin apa? Acara musik tapi udah berubah sih makin gak jelas. Musik atau lagu udah dibikin susah-susah tapi orang Indonesia maunya download gratisan mulu. Gimana dia mau ngeband lagi, gimana mau nyanyi lagi kalo gak ada modal. Kalo lagu luar mah gak apa-apa download gratis šŸ˜€ kalo produk lokal beli aja lah. Cuma 10 ribuan deh kalo gak salah. Trus ada lagi Film Indonesia. Walopun bilangnya horor tapi isinya bokep ya tetep aja yang bikin orang Indonesia. Nah kalo tau gitu ya jangan download. Nonton lah di bioskop. Kita coba kasih penghargaan buat mereka yang udah bikin susah-susah menn. Biar mereka bisa hidup juga.

Balik Lagi Ke Indonesia

Kalo udah jauh-jauh ya balik lagi atuh ke Indonesia atdikbudlondon.wordpress.com

Ini buat lo yang kuliah di luar negeri. Balik kalo udah beres. Bantu orang-orang yang sama tanah kelahiran. Udah kuliah jauh-jauh tapi malah dipakai sama negeri orang, gak kasian apa. Indonesia butuh orang-orang seperti kalian biar Indonesia ini bisa jadi raja di negerinya sendiri. Denger-denger yang bikin Gojek juga lulusan luar negeri kan ya. Macem raditya dika juga lulusan luar kalo gak salah. Tapi balik lagi ke Indonesia dan bikin karya-karya keren. Nah kalo lo juga lagi kuliah diluar negeri. Siap-siap bikin sesuatu di negeri ini ya.

Setidaknya cara-cara itu bisa jadi usaha sendiri demi memimpikan negara ini merdeka. Cara itu yang gue rasa sebenarnya kita mampu asal mau. Coba bayangin kalo produk yang dibuat sendiri dipakai banyak orang, pasti bangga dan pejabat harusnya bisa mengerem impor. Kalo kita sering nonton ke bioskop, gue yakin pasti makin banyak film yang bakal dibikin. Jangan gengsi, justru bangga.

Bagikan