Banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan tagihan listrik mereka melonjak naik sejak menggunakan pendingin ruangan atau AC. Padahal, alat tersebut tidak akan memakan banyak daya listrik jika pengaturan suhu AC benar dan sesuai. Oleh sebab itu, mempelajari cara mengatur suhu AC yang benar sangat dibutuhkan agar tagihan listrik tidak membengkak. 

Cara Pengaturan Suhu AC Hemat Listrik

Walaupun terlihat mudah, tetapi ternyata mengatur suhu AC agar tidak memakan banyak daya listrik tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Pengguna harus memperhatikan berbagai macam hal saat melakukan pengaturan suhu agar AC bisa tetap berfungsi dengan baik dan juga daya listrik yang digunakan tetap hemat. Inilah beberapa cara tersebut: 

pengaturan suhu ac
(sumber : ccnull.de)

1. Atur Suhu Pada Derajat 24-25 C

Suhu AC yang standar dan tidak akan membuat daya listrik boros adalah sekitar 24-15 C. Pada suhu tersebut kinerja mesin dan komponen AC lainnya akan seimbang sehingga daya listrik yang diambil pun tidak akan begitu besar. Saat menyalakan AC, langsung saja atur daya sebanyak 24-25 C. Dengan suhu tersebut, ruangan tidak akan terasa sangat dingin dan juga tidak panas. 

2. Jangan Setel Suhu AC Pada 16° Celcius

Jangan pernah mengatur suhu AC terlalu dingin di bawah 16°C. Sebab, hal ini akan membuat konsumsi daya listrik AC boros karena kinerja mesin juga akan semakin berat. Lebih baik, pengguna mengaturnya di atas suhu 16 C saja. Jika memang cuaca sangat panas dan memerlukan AC dengan suhu yang sangat dingin, maka aturlah suhu menjadi 17 C dan gunakan bantuan pendingin lainnya. Hal ini tentu akan membuat daya listrik semakin hemat. 

3. Terapkan Pengaturan Suhu yang Berbeda pada Siang dan Malam

Saat siang tentu saja udara lebih panas dan suhu ruangan juga lebih tinggi daripada malam hari. Karena perbedaan suhu tersebut, sebaiknya pengguna melakukan pengaturan suhu AC yang berbeda ketika siang dan malam. Hal ini tentu saja akan menghemat penggunaan daya listrik. Saat siang terasa panas, aturlah suhu AC lebih dingin daripada malam hari yang biasanya terasa lebih dingin. 

4. Mematikan AC Ketika Bepergian

Hal ceroboh yang sering dilakukan pengguna sehingga penggunaan AC membuat listrik boros adalah membiarkan AC tetap hidup padahal di ruangan tersebut tidak ada orang. Hal ini harus dihindari dan periksa serta matikan AC ketika akan bepergian. Menghidupkan AC saat ruangan kosong hanya akan membuat daya listrik boros. Di samping itu ruangan juga semakin lembab. 

Selain menerapkan beberapa tips di atas, konsumsi listrik AC juga bisa ditekan dengan menggunakan jenis AC Low Watt atau AC dengan daya serap listrik rendah. Hal ini harus disadari betul oleh pengguna sebab kebanyakan sata membeli AC pengguna tidak mengetahui apakah barang yang mereka beli merupakan jenis AC Low Watt atau bukan.

Sebaiknya, tanyakan pada penjual apakah AC tersebut Low Watt atau bukan. Tanyakan spesifikasinya dengan lengkap agar benar-benar mendapatkan AC yang hemat listrik dan sesuai dengan keinginan. Dalam hal ini, pengguna sangat disarankan untuk menggunakan produk AC Low Watt dari Aqua Japan.

Baca Juga : Ini Dia Kiat Mudah Memilih AC Terbaik untuk Rumah

Jenis AC low watt akan lebih dianjurkan karena waktu pemakaian yang singkat. Dengan begitu, jumlah listrik yang dikonsumsi setiap AC dinyalakan juga semakin kecil. Tidak hanya itu, tegangan listrik juga menjadi lebih aman dan stabil dengan menggunakan jenis AC low watt ini. Apalagi harga AC low watt juga umumnya lebih rendah dibanding AC standar pada umumnya. Dengan pengaturan suhu AC dan pemilihan AC low watt yang tepat, dijamin tagihan listrik akan jauh lebih hemat.