Pesatnya perkembangan digital sangat menuntut kita untuk terus mengakses internet setiap hari. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 175 juta lebih pengguna internet di Indonesia dengan pencapaian rata-rata penggunaan internet hingga 8 jam per harinya. Tidak mengherankan jika peran modem internet yang bagus sangat dibutuhkan untuk pekerjaan sehari-hari.

Fungsi Modem Internet yang Bagus untuk Keseharian

Sangat banyak hal yang bisa dilakukan dengan modem internet mulai dari browsing, searching, shopping, hingga pekerjaan pun sudah banyak yang remote sehingga Kalian harus terhubung lewat internet dengan rekan kerja. Hal yang tak bisa dipungkiri bahwa Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan karena hampir seluruh pekerjaan dilakukan dengan internet.

modem internet
(sumber : gadgetren.com)

Apalagi, seperti yang kita tahu modem sangat terkenal dengan keunggulannya yang sangat fleksibel dan praktis. Kalian bisa membawa modem ini kemanapun dan tentunya bisa diakses kapanpun. Lain halnya dengan wifi yang harus menggunakan router dulu untuk terkoneksi dengan ponsel atau perangkat komputer. Modem juga bisa terhubung ke banyak perangkat sehingga sangat cocok untuk Kalian yang ingin berpergian apalagi lebih sering beraktivitas di luar rumah.

Fitur yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Modem Internet

Meski sudah ada banyak sekali pilihan modem internet yang bagus, namun pemilihan modem tentu tetap tidak bisa sembarangan. Sebelum membeli modem, ada beberapa hal yang harus Kalian perhatikan, diantaranya adalah:

1. Tujuan Penggunaan

Perhatikan tujuan penggunaan Kalian sebelum membeli modem. Jika hanya untuk browsing biasa atau akses ke sosial media, Kalian tidak perlu membeli modem dengan kuota yang lebih besar. Kecuali jika digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti berbisnis, upload video, konten, dan lain sebagainya barulah Kalian membutuhkan modem dengan kapasitas yang lebih besar.

2. Cek Akses Point

Sangat penting bagi Kalian untuk memastikan apakah daerah Kalian sudah bisa mengakses jaringan tersebut. Untuk mengeceknya, Kalian bisa cek lokasi di website provider masing-masing. Jika belum terjangkau, maka kemungkinan koneksi internet Kalian akan bermasalah. Maka dari itu, pastikan hal ini dengan mengeceknya terlebih dahulu dan pastikan bahwa daerah tempat tinggal Kalian sudah terjangkau dengan provider modem yang akan Kalian pakai.

3. Harga

Tak kalah penting adalah masalah harga. Modem yang mahal tentu juga memiliki spesifikasi yang bagus. Namun, Kalian tidak harus membeli yang mahal jika modem dengan harga ratusan saja sudah bisa membantu pekerjaan. Bahkan dengan harga mulai Rp. 500-an Kalian sudah bisa membelinya, dengan catatan tidak digunakan untuk pekerjaan yang terlalu berat.

Rekomendasi Modem Internet yang Bagus

modem internet orbit
(sumber : telkomsel.com)

Untuk memudahkan Kalian dalam memilih modem internet terbaru dengan kualitas yang bagus, inilah rekomendasi modem internet yang bisa Kalian pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya adalah:

1. Telkomsel Orbit

Siapa yang tidak tahu dengan Telkomsel Orbit? Sebuah layanan digital yang berbasis kabel fiber optik. Produk ini telah tersedia di pasaran dalam 4 varian yaitu orbit star lite, orbit star 2, orbit max, dan orbit pro. Keempat varian ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan tentunya Kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Produk ini juga banyak digunakan oleh para pebisnis karena bisa terhubung ke 32 hingga 64 perangkat sekaligus. Kualitasnya sudah pasti terjamin, karena Kalian akan diberikan kartu garansi 7 hari untuk paket datanya dan garansi satu tahun untuk modemnya. Jadi Kalian tidak perlu khawatir, karena telkomsel selalu berusaha memberikan pelayanan terbaiknya. Kalian bisa dapatkan produk ini mulai harga Rp. 600 ribuan hingga Rp. 2 jutaan di marketplace (Shopee, tokopedia, blibli), website resmi atau GraPARI terdekat.

2. Telkomsel 4G LTE

Modem ini didukung dengan daya baterai yang cukup besar yaitu 3000 mAh sehingga bisa digunakan hingga 12 jam. Kalian bisa dapatkan modem ini di pasaran mulai harga Rp. 839 ribuan. Ketersediaan jaringan 4G LTE hampir di seluruh daerah Indonesia membuat modem tipe ini bisa Kalian gunakan dari sabang hingga merauke.

3. Smartfren Mifi

Kemunculan beberapa modem dengan spesifikasi menarik tidak akan bisa menggeser posisi modem satu ini. Tampilannya memang sangat minimalis, namun dari segi manfaat ia mampu terhubung hingga 10 perangkat dalam satu waktu. Daya baterai yang cukup besar yaitu 2000 mAh akan semakin menunjang terselesaikannya pekerjaan Kalian dengan baik dan tepat waktu.

4. XL Go

Rekomendasi terakhir adalah modem XL GO IZI yang menawarkan bonus kuota hingga 20 GB. Modem ini mampu memberikan kecepatan yang maksimal mulai dari 50 Mbps sampai 150 Mbps. Dengan harga Rp. 630 ribuan saja Kalian sudah bisa dapatkan modem dengan harga yang lebih terjangkau sehingga tidak heran modem ini sangat digemari banyak orang.

Nah, itulah 4 rekomendasi produk modem internet yang bagus untuk Kalian coba. Berbagai produk tersebut bisa Kalian pilih dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan Kalian. Semoga rekomendasi diatas bisa menjadi referensi untuk Kalian ya!