Entah sekarang gue jarang dengar ada peluncuran laptop baru gitu seperti Redmibook 15. Apa karena gue yang kurang update? atau emang jarang ya? Macam Asus, Lenovo, HP, atau merk lain kayanya jarang deh ada berita peluncuran produk laptop baru. Ya gak sih?

Baru kali ini ada produk laptop (produsen baru sih mungkin ya, jadi perkenalan) Xiaomi yang serentak mengundang banyak tech reviewer untuk review produk barunya. Jelas sebagai perkenalan biar banyak yang tahu kalau xiaomi punya laptop juga yang bisa mendukung ekosistem elektroniknya.

Akhirnya Xiaomi berani buat ngeluncurin produk laptop nya ke Indonesia. Kalau kalian ngikutin perkembangan laptop, sebenarnya xiaomi udah punya tuh laptop mi notebook kira-kira 1-2 tahun lalu sih kayanya. Gue juga udah pantau, tapi ya gitu, dia gak mau kirim ke Indonesia. Jadi kalau mau beli ya siap-siap gak dijamin garansi nya.

Nah kali ini xiaomi coba pasar laptop Indonesia dengan meluncurkan Redmibook 15. Seperti biasa ya, xiaomi ini pakai nama Redmi buat ngetes pasar. Ini mirip dengan Redmi Airdots yang gue pernah beli dulu. Setelah Redmi punya hasil yang oke, next generation baru pakai nama Mi deh.

Baca Juga : Review Xiaomi Mi Band 4 : Worth It Dibeli Dengan Harga Segini

Ya semoga dengan Redmibook 15 ini berhasil dapetin pasar Indonesia, lalu Mi Notebook bakal menyusul. Mi Notebook lebih oke soalnya secara spesifikasi, desainnya pun mirip macbook pro. Jadi terasa lebih menarik.

Oke kita lanjut ngebahas Redmibook 15 ini dulu aja. Kita bahas mulai dari spesifikasi yang dibawa.

Spesifikasi Standar Laptop Kerja / Pelajar

Redmibook 15 bawa spesifikasi yang lumayan tapi masih dibilang standar sih. Kita bisa lihat dari prosesor yang digunakan, dia menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi 11th, seri tepatnya 1154G4. Prosesor ini punya kecepatan 3,0 GHz dengan 2 core, 4 thread. Cukup standar tapi kerasa gak lemot-lemot banget sih kalau dipakai kerja biasa.

redmibook 15 dengan layar 15 inch RAM 8GB Core i3
(sumber : mi.co.id)

Kalau buat game sepertinya jangan harap bisa sekenceng laptop gaming yang sebenarnya. Tapi kalau buat main feeding frenzy atau solitaire gapapa ini mah bisa lah ya.

Untuk RAM lumayan cukup dengan 8GB. Tapi sayangnya RAM nya onboard dan gak ada slot buat tambahan RAM. Jadi yaudah 8GB doang yang bisa dipakai, gak bisa upgrade lagi.

Ini juga sama di bagian storage, gak ada slot SSD tambahan yang bisa buat upgrade kecepatan. Tapi udah cukup lumayan sih bagi gue dengan space yang dibawa ini SSD 256GB. Lebih gede dari storage macbook Air yang gue pakai sekarang yang cuma 128 GB. Dan ini juga bisa pilih varian 512GB, tentu harga yang berbeda.

Ya paling kalian bisa tambah penyimpanan lain harddisk eksternal. SSD cuma buat install aplikasi aja. Apalagi kalau kalian konten kreator yang harus simpan data lebih gede dan lebih banyak. Kayanya mah udah pasti punya harddisk eksternal.

Lanjut dibagian grafis, dengan budget seperti yang ditawarkan kayanya gak bisa harap banyak. Redmibook 15 cuma pakai intel UHD Grafis, standar aja. Jadi jangan dipakai main game yang butuh framerate tinggi.

Selebihnya standar juga seperti kamera depan dengan resolusi 720p, dan seperti laptop jaman dulu yang punya banyak port disampingnya. Masih ada 3 USB port, HDMI port, LAN, port jack 3,5mm, SD card dan port charge. Belum pakai USB type C ya untuk charging, jadi masih pakai port biasa.

Redmibook punya port yang banyak
(sumber : mi.co.id)

Nah untuk baterai nih dia punya kapasitas 46Wh yang diklaim bisa tahan sampai 10 jam. Lumayan kan kalau buat kerja lama, jadi bisa dibawa travel yang gak perlu sering-sering ngecas. Ini bagian yang paling jadi pertimbangan. Baterai laptop harus bisa bertahan lama karena mager juga dikit-dikit ngecharge.

Redmibook 15 diklaim bisa tahan 10 jam dan pengisian hingga 50% dapat dicapai dalam waktu 33 menit. Berasa fast charging HP sih. Tapi ini termasuk fitur yang oke sih.

Desain minimalis premium

Xiaomi tentu bakal ngeluarin produk dengan desain kekinian, dan seringnya mereka meniru produk yang udah terkenal lebih dulu. Nah si Redmibook 15 ini terkesan premium ya dengan desain yang solid. Mirip sama macbook pro sih kelihatannya.

Warna yang dibawa juga 1 warna yaitu metalic dark grey aja. Tapi menurut gue pas sih warna kaya gini emang punya kesan premium dibanding putih polos gitu atau warna pallete. Warna dark grey lebih bisa digunakan siapapun.

Dibagian cover tertulis Redmi dan slogannya “Power your creativity”. Tulisannya kecil di bagian kanan dan emboss kedalam gitu. Udah oke sih, dibanding di posisi center. Atau bisa tiru lenovo dibagian tepi. Pas ngebuka layar dari posisi tertutup sanggup pakai 1 tangan ternyata.

warna dark grey metalic
(sumber : mi.co.id)

Layar yang dipakai sesuai namanya ya, Redmibook 15 membawa layar lebar 15,6 inch. Awalnya gue kira dengan layar 15 inch itu berarti keyboardnya bakal ada numeric pad, eh ternyata gak, jadi space ke tepi laptop cukup lebar.

Nah sayangnya layar yang lebar itu belum pake panel yang oke punya. Dia masih pakai layar TN yang pastinya sudut pandang untuk dapetin gambar yang bagus lebih terbatas dibanding pakai panel IPS.

Selain itu tepi layar juga masih terlihat lebar ya, terutama bagian atas dan bawah. Tapi ini seperti laptop lainnya sih, karena untuk menempatkan kamera dan juga logo Redmi. Dengan layar TN, tapi resolusi yang dibawa udah FHD. Jadi gak jelek-jelek amat juga.

Ke bagian keyboard, bagian yang paling jadi perhatian gue sang tukang ketik. Gue belum nyobain ya, tapi kalau lihat tech reviewer seperti Malvin dari BIT sih katanya travel key nya cukup oke. Secara desain cukup premium, dan punya layout standar, mirip dengan lenovo atau HP sih kalau gue perhatikan.

Di bagian mousepad nya ini mantep sih. Luas banget kayanya jadi buat touch harusnya seru sih. Dan gak ada tombol fisiknya, jadi mousepad nya bisa diklik dimanapun pastinya.

Speaker terletak dibagian bawah dan udah stereo 2W+2W. Jadi enak kalau lagi video meeting dengan kamera yang cukup lah ya 720p.

redmibook 15 bobot 1,8kg
(sumber : mi.co.id)

Bobot ini penting kalau kita punya mobilitas tinggi apalagi dimensi laptop ini cukup lebar ya dengan ukuran 15 inch. Redmibook punya bobot 1,8kg terbilang lumayan sih, ini belum ditambah charger yang masih konvensional. Mungkin kalau digabungin sekitar 2kg lah ya. Silahkan dipertimbangkan buat kalian yang pengen dibawa-bawa laptopnya.

Harganya Pas Untuk Spesifikasi yang Dibawa

Redmibook 15 udah bisa pre order mulai 28 Juli nanti. Dijual dengan harga lebih murah 1juta dari harga seharusnya. Harga yang tertera sih Rp 5.999.000. Normalnya 1jt lebih mahal, kita lihat saja apakah gimmick atau memang harganya segitu.

Secara spesifikasi dan dibanding dengan laptop lainnya ini termasuk murah loh. Pasaran sekarang ini untuk kelas core i3 itu sekitar 7-8 jutaan. Emang bikin gempar sih kalau xiaomi bisa jual dengan harga 6 jutaan.

Harga segitu mungkin sekarang cuma dapet intel celeron seringnya. Jadi kalau dari segi harga tentu xiaomi masih memegang kendali dengan memberikan harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang lumayan.

Kesimpulan Redmibook 15

Laptop dari xiaomi ini emang ditunggu-tunggu sih dan kali ini dikeluarkan Redmibook 15 dengan ukuran 15 inch, cukup lebar. Karena pasar laptop 15 inch ini menurut gue kurang banyak ya dibanding 13-14 inch yang paling laris. Tapi kayanya emang xiaomi bakal ngetes pasar dulu sebelum laptop lainnya seperti Mi Notebook.

Nah kalau Redmibook 15 ini menurut gue sangat cocok buat pelajar yang lagi kuliah, pelajar yang sekedar zoom meeting atau tugas yang mengandalkan office. Selain itu buat pekerja yang juga mengandalkan office ini juga cocok. Atau yang sekedar menggunakan browser seperti penulis macem gue gini.

Dengan kombinasi harga dan spesifikasi ini termasuk worth it. Yang ditunggu dari segi keawetan atau daya tahan kalau dipakai lama sih. Tapi Xiaomi juga udah menjamin dengan garansi 2 tahun untuk perangkat keras dan 1 tahun untuk baterainya. Cukup menarik, baterai nya juga dijamin garansi.

Selain itu yang lupa gue mention adalah dengan harga 6jutaan ini, kita udah dapet OS Windows 10 Home. Lumayan banget kan buat hemat beli OS kalau kosongan.

Pertimbangan sebelum membeli Redmibook ini adalah ketidakmampuan untuk upgrade lebih tinggi lagi dibagian RAM dan storage. Karena tidak ada slot tambahan dan sudah onboard. Jadi perlu ekstra keras untuk mencabut solderan.

Buat yang lagi cari laptop standar, bisa banget sih coba andalkan Redmibook 15 ini. Layar yang lebar, desain yang premium udah cukup harusnya. Nah buat yang pengen beli, bisa ikutan preorder mulai 28 Juli 2021 di website official xiaomi.

Untuk di marketplace kita tunggu deh, nanti juga gue kasih link nya kalau udah ada ya.