Medali pertama Indonesia berasal dari cabang olahraga panahan pada Olimpiade Seoul 1988. Setelah itu berlanjut mendapatkan medali emas pertamanya pada Olimpiade Barcelona 1992. Hingga pada akhirnya Indonesia memiliki ‘tradisi emas’ di cabang olahraga bulutangkis sampai Olimpiade Beijing 2008. Kemudian disusul dengan cabang olahraga angkat besi yang meraih perak dan perunggu.

Indonesia pertama kali mengikuti ajang olahraga internasional di Olimpiade Helsinki 1952 dengan mengirimkan tiga orang atlet. Kemudian dilanjut dengan tim yang lebih besar pada Olimpiade Melbourne 1956, salah satunya tim sepakbola yang masuk ke dalam semifinal.

Di Olimpiade Muenchen 1972, Indonesia juga mendapat sorotan karena Charlie Depthios yang mewakili Indonesia di cabang angkat besi berhasil memecahkan rekor dunia. Namun sayangnya rekor itu diraihnya saat extra lift sehingga tidak tercatat dalam Olimpiade.

Purnomo dari cabang olahraga lari juga berhasil meraih prestasi dengan masuk ke babak perempat final pada Olimpiade 1984.

Olimpiade Seoul 1988, Medali Pertama Indonesia

peraih emas pertama olimpiade
(sumber : imsport.tv)

Nurfitriyana S. Lantang, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani yang mewakili cabang panahan Indonesia berhasil mengalahkan tim panahan AS dengan meraih perak. Trio atlet yang sering dikenal sebagai tiga Srikandi ini mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade pertama kalinya.

Olimpiade Barcelona 1992, Medali Emas Pertama

Susi Susanti adalah peraih medali emas pertama yang mewakili Indonesia di cabang bulutangkis tunggal putri. Tampak Susi menitihkan air mata ketika mendengar lagu Indonesia Raya diputar di arena. Peraih medali emas kedua adalah Alan Budikusuma dari cabang bulutangkis tunggal putra

Olimpiade Atlanta 1996, Tradisi Meraih Medali Emas

Pasangan ganda putra Rexy Mainaky dan Ricky Subagja melanjutkan tradisi perolehan medali emas di cabang bulutangkis. Di tunggal putri ada Susi Susanti sebagai juara pertahan yang memperoleh perunggu, disusul dengan Mia Audina yang meraih perak. Pasangan ganda putra Antonius Ariantho dan Denny Kantono meraih perunggu.

Olimpiade Sydney 2000, Indonesia Peraih Medali Terbanyak

Indonesia meraih enam mendali yakni satu medali emas dan dua perak dari bulutangkis serta satu perak dan dua perunggu dari atlet angkat besi.

Olimpiade Athena 2004, Bulutangkis Tunggal Putra Raih Medali Emas

Lagi-lagi cabang bulutangkis mendapatkan emas melalui Taufik Hidayat dan perunggu dari Sony Dwi Kuncoro. Pada ganda putra memperoleh perunggu dan angkat besi meraih perak.

Olimpiade Beijing 2008, Bulutangkis Indonesia Sebagai Juara Bertahan

hendra setiawan dan markis kido mendapatkan emas
(sumber : juara.bolasport.com)

Mempertahankan kemenangan bukanlah hal yang mudah. Namun, Markis Kido dan Hendra Setiawan di ganda putra bulutangkis berhasil membuktikan keberhasilannya dengan meraih emas. Sementara itu di ganda campuran memperoleh perak dan tunggal putri meraih perunggu. Sedangkan pada cabang angkat besi berhasil menyumbang dua perunggu.

Olimpiade London 2012, Tidak Ada Medali Emas

Pada Olimpiade kali ini Indonesia tidak mendapatkan emas satupun. Namun atlet angkat besi Eko Yuli Irawan berhasil mendapatkan perunggu dan Triyanto mendapatkan perak.

Baca Juga : Sehat Fisik Gak Cukup, Butuh Kesehatan Mental Juga

Nah pada Olimpiade Tokyo 2020 kali ini besar harapan masyarakat Indonesia agar para atlet dapat memborong emas. Kamu bisa memberikan dukungan kepada para atlet dengan nonton Olimpiade Tokyo secara streaming di Vidio. Pastikan kamu telah mendownload aplikasi Vidio agar bisa menyaksikan Olimpiade Tokyo 2020 secara gratis.

Nantikan perjuangan para atlet di Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang!