Pernah terpikir untuk berwisata ke Brunei Darussalam? “Gue juga belum pernah sih“, Sebagai salah satu negara dengan lokasi yang paling dekat dengan negara kita, Brunei juga memiliki pesonanya sendiri dengan berbagai kuliner khas dan destinasi wisata di sekeliling keindahan danau dan sungai-sungainya.

Sebelum mulai membahas 5 rekomendasi destinasi wisata di Brunei Darussalam, Kalian bisa cek harga tiket pesawat terbaru di sini dulu. Lihat semua pilihan penerbangannya, mulai dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia, hingga Royal Brunei, semua siap menemani perjalanan melintasi langit bumi.

Kampong Ayer

Kampong Ayer adalah bagian yang sangat bersejarah dari Bandar Seri Begawan yang merupakan ibukota negara Brunei Darussalam. Nama yang terdengar serupa dengan bahasa negara kita ini memang berarti kampung air. Dibangun di atas sungai Brunei, Kampong Ayer adalah kota Asia rasa Venesia!

Kampong Ayer merupakan pemukiman air terbesar di Asia Tenggara dengan sekitar 30.000 penduduk yang sudah tinggal di sana secara turun menurun selama 1300 tahun! Pemukiman ini menggunakan perahu sebagai alat transportasi dan memiliki jaringan akses jalan dari kayu, jembatan pejalan kaki, dan papan sisi jalan yang menyebar di seluruh penjurunya.

kampong ayer
(sumber : kumparan.com)

Kampong Ayer memiliki 4200 bangunan, mulai dari rumah, masjid, restoran, toko, sekolah, bahkan rumah sakit, guys! Terbayang kerennya melihat langsung permukiman bersejarah satu ini! Meskipun sudah ada lebih dari seribu tahun, namun cukup banyak gaya hidup tradisional penduduknya yang tidak berubah. Kebanyakan dari penduduk lokal adalah nelayan, pedagang, dan pengrajin.

Jika ingin melihat dan merasakan langsung salah satu sejarah dari negara Brunei Darussalam ini, Kalian bisa langsung menaiki salah satu taksi air yang sudah siap sedia di depan Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Bandar Seri Begawan. Jangan lupa abadikan petualanganmu di sana, ya!

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid yang megah ini dibangun pada tahun 1958 dan dinamakan dari nama Sultan Brunei ke-28. Lokasinya yang berada pada jantung ibukota dan merupakan salah satu simbol kepercayaan agama Islam di negara ini, guys. Terlihat sangat mengesankan, masjid berkubah emas asli ini tampak mengambang di antara laguna bak taman air, tanaman hijau dan kebun bunganya sendiri.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Dengan jendela kaca berkilauan, lantai marmer Italia yang mengkilap, granit dari Shanghai, chandelier dari Inggris, karpet dari Saudi Arabia, Masjid kebanggan Brunei Darussalam ini benar-benar membawa material terbaik dari seluruh penjuru dunia, meningkatkan keindahan arsitektural dan suasana spiritual religinya.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
(sumber : republika.co.id)

Jika Kalian berjalan melewati jembatan marmer melintasi laguna taman airnya, Kalian akan sampai di tempat yang menyerupai Royal Barge dari abad ke-16. Lokasi ini biasanya digunakan untuk menyelenggarakan acara keagamaan seperti diantaranya adalah kompetisi membaca Al-Qur’an.

Kalian bisa mengunjungi Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin setiap hari dari jam 8 pagi hingga setengah 6 sore, tutup pada hari Kamis dan Jum’at. Masjid ini juga tutup untuk kunjungan selama waktu shalat. Jika berencana pergi ke sana, pastikan pakaianmu tertutup dan sopan. Pakailah atasan dan bawahan panjang untuk pria maupun wanita. Pssst, jangan lupa lihat keindahan Masjid ini yang diterangi lampu pada waktu malam hari juga, ya!

Baca Juga : Naik Kereta Ke Bandung Jadi Pilihan Terbaik Dibanding Terjebak Macet di Tol

Pasar Malam Gadong

Ingin menjelajah kuliner lokal di Brunei Darussalam? Siap-siap mengunjungi Pasar Malam Gadong yang selalu buka mulai jam 4 sore! Di sana, Kalian akan disapa oleh deretan penjaja makanan lokal, termasuk ikan dan ayam bakar. Kalian juga bisa coba Nasi Katok, yaitu santapan yang terdiri dari nasi dengan ayam bakar khas Brunei yang dilengkapi dengan saus pedas!

Pasar Malam Gadong
(sumber : visitsoutheastasia.travel)

Pasar malam satu ini juga dikatakan berhasil mempertahankan keunikannya karena tidak mendapat banyak campuran dari budaya luar. Jadi, untuk Kalian yang ingin melihat langsung budaya merasakan masakan daerah khas Brunei, langsung saja ke Pasar Malam Gadong, yuk!

Baca Juga : Salah Satu Transportasi ke Bandara yang Murah Biar Lebih Hemat

Taman Persiaran Damuan

Membentang di sepanjang sungai Brunei, Taman Persiaran Damuan ini dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang paling menarik perhatian para wisatawan di Brunei, guys! Pemandangannya yang indah membuat para penduduk lokal dan pengunjung kerap mengunjunginya dan bersantai di malam hari.

Taman Persiaran Damuan
(sumber : zeotrip.com)

Pulau yang berada di tengahnya adalah suaka yang menampung berbagai spesies kera, termasuk jenis Bekantan yang termasuk langka dan sudah terancam punah. Sudah puas lihat maskot Bekantan di Ancol, sekarang saatnya mengunjungi mereka langsung ke Taman Persiaran Damuan ini, guys.

Tasek Merimbun & Pantai Seri Kenangan

Tasek Merimbun adalah danau terbesar Brunei Darussalam yang berada sekitar 70 km dari ibukota Bandar Seri Begawan. Danau yang berbentuk seperti huruf S ini merupakan habitat dari berbagai spesies hewan dan tumbuh-tumbuhan. Di antara hewan yang tinggal di sana, ada juga hewan langka seperti kelelawar buah, lho.

Tasek Merimbun & Pantai Seri Kenangan
(sumber : bruneitourism.com)

Kalau Kalian tertarik melihat langsung keindahan danau ini, Kalian bisa mengambil paket perjalanan menggunakan perahu untuk meresapi suasana alam dan mengunjungi dua pulau danau yang berada di tengahnya. Setelah itu Kalian bisa langsung menuju kota Tutong dan bermain di Pantai Seri Kenangan dengan dengan hamparan pasir orangenya yang indah!

Pantai seri kenangan yang berarti pantai yang tak terlupakan ini berada di antara perairan kasar Laut Cina Selatan dan Sungai Tutong yang biasanya tenang. Untuk wisata yang menyenangkan, Kalian bisa rencanakan perjalanan Kalian mulai dari piknik sore di danau hingga menikmati matahari terbenam dari pinggir pantai. Hmm, nyaman dan romantis!

Baca Juga : 3 Tempat Refreshing di Jakarta Untuk Pelarian dari Suntuknya Pekerjaan

Nah itu dia rekomendasi tempat wisata di Negara Brunei Darussalam. Walaupun terlihat lebih kecil luasnya, negara ini memiliki tempat wisata yang bisa kita nikmati. Jangan lupa share jika bermanfaat, dan baca juga artikel lainnya di blog ini.