Pernah gak kalian ngerasain penyakit Asam Urat? Nah dengan cara Kompres ternyata dapat mengurangi nyeri dan bengkak pada serangan asam urat. Kira-kira pilih kompres hangat atau kompres dingin?

Serangan asam urat bisa sangat menyiksa sekali, semoga kalian tidak merasakannya ya. Nah asam urat ini ditandai sendi yang menjadi bengkak, kemudian hangat ketika disentuh, dan sangat merah.

Kalau kalian merasakan asam urat, kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan terapi kompres.

Bengkak dan peradangan pada asam urat dapat diredakan dengan kompres dingin. Biasanya kompres dingin diaplikasikan dalam 24 hingga 48 jam (1-2 hari) setelah bengkak terjadi.

kompres dingin atau kompres hangat asam urat
(sumber : balanganews.com)

Gunakan kompres dingin sekitar 15 hingga 20 menit. Bisa dengan membungkus es batu dengan kantung plastik atau kain. Lebih bagus lagi menggunakan kantung khusus es batu.

Kalian juga bisa bergantian mengaplikasikan kompres dingin dengan kompres hangat. Cara membuat kompres hangat dengan basahi handuk kecil dengan air panas, dan masukkan ke dalam kantong plastik untuk mencegah luka bakar.

Aplikasikan kompres hangat selama 3 menit, diikuti oleh kompres dingin selama 30 detik. Ulangi setiap jam untuk mengurangi bengkak.

Bagaimana? Gampang bukan? Kompres dingin mungkin lebih gampang, tapi buat es batu terlebih dahulu. Namun kalian juga bisa pakai kompres hangat tapi dikombinasikan dengan kompres dingin ya.

Oke, selain dengan kompres, beberapa cara berikut ini dapat membantu menangani bengkak pada asam urat.

Istirahat dan Kurangi Stres

Cobalah untuk beristirahat saat terjadi serangan asam urat. Hindari terlalu banyak bergerak. Daripada memperparah sakit yang dialami, lebih baik kalian istirahat dulu dari aktivitas lain. Mengurangi stres juga sebaiknya kalian lakukan, perbaiki kualitas tidur kalian agar kadar asam urat tidak naik.

Lepas pakaian yang mengganggu

Terutama pada area yang nyeri dan bengkak. Berat pakaian dapat meningkatkan rasa nyeri. Selain itu jangan lupa untuk pilih sandal yang longgar agar kaki tetap nyaman sampai serangan berlalu.

Minum obat penghilang rasa nyeri

Kalau udah sakit banget, kalian bisa minum obat penghilang rasa sakit nyeri yang dijual bebas saat serangan terjadi. Namun, lebih baik bicarakan lebih dulu dengan dokter mengenai obat yang terbaik untuk Anda. Takutnya salah minum dan membuat asam urat kalian semakin parah.

Konsumsi obat resep

Jika kalian pernah mengalami bengkak akibat asam urat sebelumnya, dokter mungkin telah meresepkan obat untuk mengobati serangan di masa depan. Minumlah sesuai petunjuk dokter.

Perhatikan pola makan

Asam urat dapat semakin menjadi kalau kalian terlalu sering mengonsumsi protein hewani dan alkohol. Oleh karena itu batasi asupan daging dan alkohol selama serangan asam urat.

Tetap terhidrasi

Penting untuk minum cukup air selama serangan asam urat. Ini dapat membantu membuang kristal-kristal asam urat dari sistem tubuh. Jadi jangan sampai dehidrasi, minum aja yang banyak.

Nah, ketemu dokter aja kalau langkah-langkah yang telah dijelaskan mulai dari kompres hingga minum obat resep tidak kunjung meredakan penyakit asam urat kalian. Dokter mungkin akan memberikan obat baru atau meminta kalian untuk melakukan tes cairan sendi atau suntikan kortikosteroid.

So, daripada ribet ngelakuin banyak hal diatas, ya lebih baik kita menghindar dari penyakit tersebut bukan? Buat yang masih sakit, mending langsung aja ketemu dokter. Oke sekian dari gue, kalau ada pendapat tentang asam urat bisa isi di komentar. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat, terima kasih.