Mungkin diantara kalian yang punya website atau blog sering dibilangin temen kalau biar website banyak pengunjung perlu di SEO in. Disuruh juga lah pakai jasa SEO. Benarkah?

Itu masih mending website atau blog nya udah jadi. Terkadang banyak juga diluar sana yang baru mau buat website udah ditakut-takutin lebih dulu. Buat website itu susah, mesti ngoding, belum lagi mesti SEO, susah tau.

Yang begitu nih menghambat kemajuan orang atau bisnis. Pertama, buat website itu banyak caranya, memang ada yang harus ngoding atau merangkai kode. Tapi perlu tau juga kalau ada juga cara yang instan kaya bikin mie goreng telor kornet keju.

Kedua, SEO itu sebenernya gak terlalu ribet. Cuma mungkin yang gak biasa dan gak mau pusing jadinya menganggap hal itu susah. Dan yang kaya gini gak sedikit nih. Apalagi kalau kalian punya bisnis, sayang banget kalau website bisnis kalian gak dioptimasi.

Nah optimasi ini memang agak banyak buat kalian yang awam. Kalopun mau belajar juga butuh waktu. Belum nanti pusing, stress gak bisa-bisa.

Sebelum makin jauh dan kalian masih belum ngerti apa yang gue omongin barusan. So, gue jabarkan dulu tentang apa sih SEO, kenapa perlu SEO dan kapan waktu yang tepat buat manggil atau butuh bantuan jasa SEO.

SEO itu Optimasi pada Mesin Pencari

Orang banyak bilang kalau mau posisi satu di google berarti website nya di SEO in.

Percuma kalo web gak di SEO, nanti gak ada yang baca.

Sebenernya yang dibilangin mereka bener walaupun kadang banyak juga yang belum tau SEO itu apa, hanya sekedar bilang aja. Apalagi yang kedua, website yang belum di SEO-in belum tentu dikit yang baca.

Nah apa sih SEO?

SEO itu search engine optimization atau optimasi mesin pencari

SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization atau kalau diartikan ke Bahasa Indonesia menjadi Pengoptimalan mesin pencari.

Apaan sih pengoptimalan?

Sederhananya kita mengoptimasi, meningkatkan potensi website kita biar disukai mesin pencari. Setelah disukai, mesin pencari bakal nampilin website kita di posisi paling atas di halaman pertama.

Siapa mesin pencari?

Yaitu si Ok Google, mbahnya para master, newbie dan segala jenis-jenis pengguna internet jaman sekarang. Google udah jadi bagian yang gak bisa ditinggalkan. Dikit-dikit panggil google, nyari jawaban ujian di google, apapun tinggal panggil OK Google!.

Padahal banyak loh mesin pencari selain Google, seperti Bing punyanya Microsoft, Yahoo, DuckDuckGo bahkan Indonesia juga hadir mesin pencari lokal yang dinamakan Geevv. Namun dominasi Google ini udah gila banget.

Makanya terkadang gue pengen ganti panduan diluar sana, bukan SEO lagi, tapi jadi GO, Google Optimization. Karena ya pasti yang jadi patokan adalah mesin pencari nya Alphabet (Induk perusahaan google).

Nah untuk SEO atau optimasi biar disukain google ini, perlu benerin apa yang ada di website kalian. Bukan nyuruh-nyuruh Google buat jadiin pertama gitu, mesti email google gitu request buat jadi pertama. Bukan gitu caranya.

Ada On Page, Ada Juga Off Page

Tapi benerin website kita sesuai yang Google mau atau kalau dalam SEO istilahnya adalah On page optimization atau optimasi bagian dalam website itu sendiri. Google udah ngasih tau bagaimana dan website kaya mana yang dia suka disini.

Nah kita sebagai pemilik website harus ngikutin semua hal itu biar disukain google. Kalau kalian baca, bakal banyak dan berlembar-lembar. Gak sejam dua jam langsung ngerti. Kalau udah paham juga belum tentu tahu bagaimana caranya.

SEO itu ada on page dan juga off page

Selain on page optimization, tentu ada juga yang namanya off page optimization yaitu optimasi diluar website kalian. Yang paling terkenal dan efeknya tinggi adalah link menuju website kalian. Selain link ada lagi yang ngebantu yaitu share di sosmed.

Para master website sering menyebutnya backlink atau link kembali menuju website kita. Apa fungsi dari backlink ini? Backlink ini berfungsi sebagai pemberi tahu google kalau link ini atau web ini bagus lho.

Biar google makin percaya dengan website kalian karena ada link yang menganggap website kalian bagus. Semakin banyak backlink tersebut, potensi disukain google nya jadi lebih tinggi deh.

Tapi jangan asal buat backlink. Dulu orang banyak yang asal bikin backlink dari website jenis apapun. Berpikir yang penting bisa buat link dimanapun hingga akhirnya seperti spam / sampah.

Dan itu bekerja lho. Beneran terbukti saat itu, buat dorong website kita ke halaman pertama google. Tapi sekarang Algoritma google sekarang ini semakin canggih.

Karena banyak spam backlink yang bikin google bingung. Akhirnya sekarang gak boleh sembarangan. Google ningkatin standar backlink yang bagus dan memberikan penalti untuk website yang punya spam backlink.

Selain backlink yaitu share media sosial. Ini gak sebesar backlink sih tapi lumayan jadi faktor google. Tentunya semakin sering dishare, bakal banyak orang yang tahu dan syukur-syukur di klik dan dibaca mereka. Jadi banyak kan pengunjung kalian.

Ada White Hat, Tidak Sedikit Juga Black hat

Mungkin diantara kalian ada yang penasaran dan cari panduan SEO yang lain. Silahkan perbanyak ilmu kalian tentang SEO. Kalau mau lanjut baca ya monggo.

Nah ketika kalian terus penasaran dan langsung searching di google panduan SEO pasti menemukan istilah White hat atau Black hat.

Bicara tentang SEO tentu juga bicara tentang White hat atau Black hat. Keduanya merupakan cara atau metode optimisasi SEO.

SEO ada white hat dan juga black hat

White hat merupakan cara yang bersih dalam optimasi SEO. Sesuai namanya, metode ini mengedepankan cara-cara yang disarankan google. Jadi istilahnya menggunakan cara yang bersih buat dapat rangking yang bagus di pencarian google.

Tentu ini rekomendasi banget untuk kalian yang mau belajar ataupun mulai serius optimasi website kalian sendiri. Google suka dengan cara white hat, Ia merasa dipermudah jika kita menggunakan white hat.

Sebaliknya google bakal benci banget kalau ada yang masih pakai cara black hat. Cara-cara kotor dan licik buat mempengaruhi mesin pencari google.

Tak sedikit diluar sana yang pakai cara ini. Motivasi utamanya adalah ingin cepat rangking pertama di google. Sehingga mereka pakai cara black hat ini untuk buat websitenya lebih cepat diindex dan memaksa google untuk menaikkan ranking websitenya.

Google memang terus menerus berkembang untuk antisipasi kelakuan pemain SEO dengan black hat ini. Ia tak segan-segan memberikan penalti ke website yang masih pakai cara ini bahkan yang lebih parah adalah website kalian bisa tidak dimunculkan di pencarian google.

Halaman kedua saja sulit, ini kena penalti. Yasudah cara yang gampang adalah buat website baru lagi. Karena sulit sekali jika sudah terkena penalti google. Jadi kalau mau optimasi SEO, sebaiknya pakai cara sehat saja yaitu cara white hat.

Nah pada penasaran kaya gimana sih cara White Hat dan Black Hat itu. Pengennya gue bikinin artikel baru sih karena lumayan panjang pastinya kalau jabarin cara-cara ini.

Mungkin gue bisa kasih tau secara umum ya.

White Hat : konten yang bermanfaat dan informatif, backlink natural, optimasi judul dan lainnya.

Black Hat : konten yang asal, keyword stuffing, backlink tidak natural atau spam, dan lainnya.

Diantara cara tersebut, ada juga nih pemain SEO yang menggunakan keduanya. Bisa dibilang sebagai cara Grey Hat. Bingung kan? Iya banyak juga yang pakai cara Grey Hat. Nah biar gak bingung, nanti aja ya di artikel berikutnya.

 

Kenapa Website Kalian Perlu Dioptimasi?

Mungkin pertanyaannya kurang tepat. Gue ubah jadi “Penting gak SEO untuk website kalian?”

Nah jawabannya Pengoptimalan atau optimasi website adalah pilihan, bukan keharusan semua pemilik website. Kenapa? Karena ya emang gak semua website perlu dioptimasi. Website Raditya Dika misalnya atau website pak presiden.

Lah mereka kan udah terkenal, tanpa perlu optimasi juga udah banyak yang ngunjungin. Bahkan gak perlu cari di mesin pencari. Langsung direct aja alamat domainnya.

Google yang pintar tanpa perlu ribet buat jadiin websitenya dia jadi posisi pertama dengan keyword Raditya Dika.

kenapa website perlu dioptimasi SEO

Nah kalau kita? Kita mah apa, gue Cuma seorang warga biasa aja. Tapi pengen juga terkenal kaya dia. Gue atau kalian yang punya website harus bersaing dengan orang banyak yang sama pengen terkenal.

Untuk itulah salah satu caranya dengan optimasi website sendiri biar bisa ranking 1 google. Apa keuntungannya website yang dioptimasi?

  1. Google Friendly / Disukai Google

Tidak lain tidak bukan, keuntungan yang utama adalah disukai oleh mesin pencari atau Google. Dia suka website yang bener-bener ngebantu penggunanya. Bukan yang isinya Cuma sampah atau klik bait.

Website yang kontennya klik bait itu maksudnya penipuan. Judulnya apa, isinya tentang apa. Bilang jual mobil tapi isi kontennya tentang judi online. Yang kaya gitu banyak, dan banyak juga yang di banned sama google.

Nah kalau bener-bener optimasi dan bermanfaat buat penggunanya. Pasti disukain google dan berpotensi buat terus naik rangking nya di mesin google.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Nama kalian atau nama produk kalian adalah kata yang paling diingat oleh konsumen produk yang kalian jual. Memang mungkin saja mereka tidak mengenal nama produk kalian, tapi karena nama kalian.

Namun bagaimana untuk calon konsumen baru? Tentu mereka gak tahu apa-apa sebelumnya tentang produk yang kalian jual. Bagaimana mereka bisa tahu produk kalian? Mungkin ada yang jawab media sosial atau broadcast message.

Bener jawabannya, tapi seberapa banyak temen kalian? Seberapa banyak grup whatsapp kalian? Cara lainnya adalah bersaing dengan produk lainnya di mesin pencarian.

Mesin pencari adalah alat yang sering bahkan selalu digunakan kebanyakan orang. Ketika produk kalian muncul di halaman 1 dan nomor 1 di google, bagaimana? Tentu user tersebut akan membaca produk kalian bahkan mungkin klik dan masuk ke web bisnis kalian.

Semakin banyak yang melihat dan sering melihat produk kalian di posisi teratas google tentu brand produk kalian bakal terkenal. Makin banyak yang tahu dan mungkin bakal banyak juga yang coba membeli produk kalian.

  1. Peluang Konversi Yang Tinggi

Kalau website kalian udah selalu di peringkat teratas pastinya semakin banyak orang yang tahu dan kalau kalian pasang kalimat persuasif tentu mereka bakal tertarik buat klik website kalian.

Percayalah, pengguna google jarang bahkan jarang yang lihat halaman ke 2 , 3 dan seterusnya. Kalian bisa cari risetnya di google itu sendiri. Oleh karena itu penting sekali buat berada di posisi teratas google.

Tingkat konversi bisa lebih tinggi dibanding produk yang sama di bawah website kalian. Kenapa mungkin? Ya semua tergantung dengan gimana kalian menyajikan produk kalian sendiri di website kalian.

Kadang website kalian udah ramah SEO atau udah SEO friendly tapi gak ada yang beli produk kalian berarti ada yang salah di website kalian. Oleh karena itu penting untuk membuat website yang menarik tapi sejalan dengan SEO friendly juga.

Kapan Butuh Bantuan Jasa SEO ?

Setelah tahu apa aja yang ada dalam SEO, ya mungkin memang belum seluruhnya sih. Karena ilmu SEO udah banyak banget apalagi google selalu update algoritme terbaru membuat trik-trik SEO selalu berkembang.

Sebagai pengguna ya kita mau tidak mau mengikuti apa yang pemilik produk inginkan. Jadi update info dari google adalah keharusan buat semua pejuang SEO.

Cari jasa SEO ?

Nah gak sedikit diluar sana yang udah tau dasar-dasar tentang SEO seperti yang gue sampaikan diatas, tapi belum juga paham. Udah nyari banyak sumber, tetap aja belum paham dan bingung caranya.

Sementara produk kalian harus segera dipasarkan. Harus menunggu sampai bisa? Tidak juga, disinilah waktunya kalian butuh jasa SEO. Gak usah malu minta bantuan jasa SEO, karena memang SEO ini gampang-gampang susah.

Bahkan kalau kalian cari di google, kursus SEO juga banyak bertebaran karena memang tidak semua mengerti tentang bidang ini.

Nah daripada keabisan waktu, dan produk kalian malah gak laku-laku. Mintalah bantuan jasa SEO. Kalian jadi hemat waktu, gak perlu repot-repot belajar. Kalian bisa gunakan waktu yang kosong untuk pengembangan produk, mengurusi karyawan dan banyak lainnya.

Kalau kalian searching di google tentang jasa SEO maka banyak banget yang menawarkan. Kalau bingung cara milihnya, gue kasih tau kriteria jasa SEO yang bisa dipilih.

  1. Jaminan Pelayanan Terbaik

Pilihlah yang memberikan pelayanan terbaik. Pilih yang mau menerima komplain kalau memang ada kesalahan atau keluar dari target perencanaan. Jasa SEO terbaik adalah yang memberikan target dan juga timeline dalam pengoptimalan website.

Selain menerima komplain atau pertanyaan, pelayanan terbaik jasa SEO juga termasuk dengan memberikan laporan progress yang sedang dilakukan.

Nah jika kalian mau bekerjasama dengan jasa SEO, pastikan layanan terbaik yang dijamin oleh pemberi jasa SEO tersebut.

  1. Professional

Selanjutnya adalah pilih yang memang orang-orang tersebut profesional dan memiliki rekan jejak tentang SEO. Misal yang sudah memiliki portofolio atau yang memang kesehariannya berprofesi sebagai ahli SEO.

Seorang yang punya rekam jejak atau bahkan berprofesi sebagai SEO bisa menjadi nilai tambah karena memang mereka telah berkecimpung di dunia SEO ini.

  1. Harga Yang Terjangkau

Dan yang terakhir menurut gue adalah yang memberikan harga yang terjangkau. Harga atau biaya pasti jadi patokan dalam segala hal. Untuk itu, kalian bisa pilih jasa SEO yang memberikan harga yang kalian sanggupi.

Ingat, harga yang terjangkau bukan berarti kalian harus pilih yang memberikan harga paling murah. Jangan terjebak, karena harga murah mungkin mereka melakukan dengan cara Black Hat atau cara-cara curang lainnya.

Mesti hati-hati memang. Jasa SEO yang terbaik pasti memberikan harga sesuai apa yang dia lakukan, apa yang dia rencanakan. Perhatikan proposal yang diberikan, baca dan tanya lebih jelas tentang rencana atau paket yang ditawarkan.

Mungkin 3 kriteria itu sebagai kriteria dasar untuk memilih jasa SEO. Dan ketiga itu insya allah gue punya. Karena kebetulan memang SEO adalah profesi utama gue, kerjaan sehari-hari gue di salah satu perusahaan startup di jakarta.

jasa SEO guelagi siap bantu optimasi website kalian

Selanjutnya tentang pelayanan terbaik dan harga yang terjangkau insya allah gue akan berikan. Kita bakal ngobrol bareng menyesuaikan kebutuhan kalian. Harga bakal fleksibel sesuai apa yang perlu dikeluarkan.

Tapi perlu diingat nih, gue tidak menjamin website kalian bisa rangking 1 google dalam waktu yang terlalu cepat seperti itungan menit atau jam. Percayalah optimasi SEO itu butuh waktu kawan.

Gak bisa dalam waktu itungan menit atau jam. Mungkin bisa dalam waktu mingguan hingga bulanan. Apa penyebabnya? Yaitu persaingan dalam kata kunci yang dioptimasi. Kalian mungkin bisa nomor 1, tapi untuk kata kunci yang gak ada yang cari atau exact dengan nama website kalian.

Baca Juga : 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Buat Website Untuk Pemula

Kalau persaingan tinggi, berarti butuh effort/usaha yang tinggi juga. Biayanya mungkin lebih gede juga. Tapi gue berusaha untuk mengeluarkan biaya yang efisien dengan cara trik yang efektif.

So, buat kalian yang butuh bantuan jasa SEO silahkan kontak gue via apapun. Bisa Email, instagram, whatsapp, twitter. Kalau butuh pembicara tentang SEO juga gue dengan senang hati bisa berbagi. Silahkan kontak aja gue di aries@guelagi.com atau coba buka halaman ini.

Share Yuk: