Ciee ada yang baru keterima kerja yaa? atau ada yang baru nyari kerja terus butuh npwp? hehe sama kok, dulu juga gue begitu, kalo gak pake pajak mah gak bakal gue bikin dah kartu beginian.

Tapi setelah gue bikin, ternyata berfungsi buat yang lain juga yak, sekarang apa-apa yang berhubungan sama duit pasti ditanyain nomor pajak nya. Jadi keknya emang kalian mesti punya deh.

Nah gue bakal kasih tau kalian apa itu NPWP, syarat bikinnya dan bagaimana cara dapetinnya. Yang bingung komen yak. Kalo ada yang salah tolong dibenerin, manusia tak luput dari kesalahan termasuk gue hehe.

Apa sih NPWP?

kartu npwp

Nih wujud npwp gan pradirwancell.blogspot.com

NPWP itu adalah akronim alias singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Jadi artinya kalian hidup di negara ini gak gratis. Negara butuh penghasilan juga buat ngebangun sarana prasarana umum yang sering kita pake dan gaji para pegawai negara. Nah karena itu kita disuruh patungan buat ngebantu negara ini yaitu dengan PAJAK.

Ya kalo berurusan sama pajak mah kita udah banyak kenal lah pasti. Pajak kalo beli makanan di minimarket kembar tuh kan ada yang namanya ppn (coba liat struk deh), itu udah termasuk pajak. Nah kalo NPWP berkaitan dengan pajak penghasilan.

Jadi buat kalian yang udah gawe alias kerja dan pendapatan kalian udah diatas standar untuk dikenai pajak ya berarti udah harus wajib ikutan patungan. Biar pendataannya lancar dan gak salah, makanya masing-masing dikasih nomor pajak ini.

Eh iya, NPWP ini bukan buat perorangan aja, perusahaan juga wajib punya yang kaya beginian. Nah NPWP ini biasanya dibutuhin buat ngelamar pekerjaan atau perusahaan kecil yang mau ngajuin investor. Biasanya si perusahaan minta NPWP untuk kebutuhan pajak kantor itu sendiri.

Bahkan sekarang gak hanya buat terima gaji aja, sekarang kalau mau buka akun rekening Bank juga mesti ada kartu ini nih. Kalo ngajuin kredit motor pake juga gak ya? Beda ya dari jaman dulu Hmm. Yapp lanjut yaa.

Syarat Mendaftar NPWP

Nah kalo udah paham sama NPWP sekarang gue kasih tau syaratnya. Kalo masih belum paham mending kunjungin website direktorat pajak dulu yaa hehe. Oke yang masih bertahan, kita lanjutin lagi.

Sebenernya NPWP ini bisa kepake kalau pendapatan yang kalian dapet diatas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Berapakah itu? Yaitu sebesar *jengg jengg Rp54.000.000 per tahun atau Rp4.500.000 per bulan (Update Juni 2016). Kalau pendapatan kalian belum sampe segitu ya berarti belum wajib pajak.

Trus kalo kalian butuh buat syarat lamaran kerja itu kemungkinan gak dibolehin (kata petugasnya sih, tapi dicoba aja dulu), karena alesannya nanti gak ada yang nanggung pajak kalian. Jadi harus kerja dulu minimal sebulan atau kalau memang freelance ya bilang aja freelance, bikin usaha sendiri gitu. Nah kalo belom ada sebulan kerja , butuh dokumen tambahan lagi. Gue jelasin dibawah ya.

Nah ini dia yang harus disiapin…

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

ktp

syarat utama nih gan salaminzaghi.com

Nah ini syarat pertama yang harus kalian punya kalo mau bikin NPWP 🙂 . Kalo gak punya KTP ya gimana nyatet identitas hehe. Kalo belom punya ya bikin lah, minta tolong sama pak RT. Paling juga kena 20-30 ribu. Biasalah administrasi alias uang capek. Kalo di kantor pajak daerah regional gue biasanya ditolak kalo belom punya E-KTP. Jangan lupa sekalian di fotocopy dulu KTP nya.

2. Formulir Pendaftaran NPWP

formulir npwp

Tampang form pendaftaran nih bro ekstensifikasi423.blogspot.com

Ini yang kedua. Tenang aja formulir ini nanti dikasih sama penjaganya pas kalian dateng ke kantor pajak atau kalo online ya pasti ada formulirnya nanti. Jadi kalian ngisi di TKP bro. Siap-siap bawa pulpen aja, ya ada sih disana juga pulpen mah. Kalo kalian mau tau formulirnya, nih bisa cek disini

3. Surat Keterangan Usaha (SKU) *Opsional

surat keterangan usaha untuk bikin npwp

surat keterangan usaha dari kelurahan bro didisadili.blogspot.com

Nah ini syarat tambahan kalo kalian mau daftarin perusahaan/bisnis sendiri. Walaupun kalian punya warung kecil juga mesti punya yang namanya Surat Keterangan Usaha (SKU). Kata petugasnya kalian bisa dapetin SKU itu di kelurahan.

Isi surat itu macem nama pemilik, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nama usaha, alamat usaha.

Jadi ya mau gak mau bikin dulu hehe ya paling 20-50 ribu lah bikin, uang capek lagi 😀 This is Indonesia. Gue sih belom tau wujudnya kaya gimana, coba aja tanya google. Kalau ada yang tau, kasih tau gue ya.

4. Surat Domisili Daerah *Opsional

surat keterangan domisili untuk bikin npwp

nih surat domisili bro, bikin aja sama pak RT contoh-format-surat.blogspot.com

Nah ini nih kalo kalian mau daftar tapi bukan di daerah yang sama kaya KTP. Kaya di jakarta gini kan hampir sekian persen perantau, pasti KTP nya ya masih banyak KTP daerah.

Nah kalo kalian mau bikin di luar daerah domisili, kalian harus punya surat domisili. Lagi-lagi bikinnya di kelurahan 😀 tapi kalo bisa di RT /RW ya yang deket aja, siapin duit capeknya ya.

Permasalahannya gimana ngirimnya ya kan, gue sih belom tau gimana teknis ngirimnya. Mungkin bisa kalian scan terus print atau wajib ttd asli. Tapi coba aja dulu tunjukkin surat domisili kalian, walopun hasil scan, semoga petugasnya mengerti haha.

Kalo gak boleh ya yaudah pulang dulu kerumah, itung-itung ketemu emak babe kalo masih ada kan. Kasian mereka kangen kita.

5. Surat Keterangan Kerja *Opsional

surat keterangan kerja untuk bikin npwp

ini kadang dimintain nih, siapin aja bro pendaftaran-cpns.blogspot.com

Ini tambahan lagi nih. Kalau kita baru kerja kurang dari sebulan. Butuh yang namanya surat keterangan kerja. Tapi gak semuanya nanyain surat ini sih. Jadi mending disiapin aja daripada bolak-balik ya kan.

Secara format, tidak ada format khusus, coba tanya HRD di kantor kalian masing-masing. Kalo gak mau, bikin sendiri juga oke kok. Nih kalian bisa download template yang gue punya disini

Cara Mendapatkan NPWP

Udah siap belom tuh syarat-syarat yang gue udah bilang barusan? Kalo belom, bikin dulu sana, Lengkapin dulu, kalo udah, baru kita dapetin si kartu itu. Oh iya NPWP itu berwujud kartu loh, jadi kalian siapin slot kartu di dompet ya, biar bareng kartu yang lain, kan kasian kalo dijauhin, tar kangen lagi dianya 😀 Oke lanjut nih.

Nah cara buat dapetin kartu NPWP itu ada 2 cara yang dikasih dari Ditjen Pajak yaitu dengan cara ONLINE dan OFFLINE.

Kalo ONLINE kalian bisa meluncur ke halaman ini nih https://ereg.pajak.go.id . Tapi gue sih nyaranin buat gak daftar online. Karena lama menurut gue hehe tapi kalo kalian mau nyoba ya silahkan. Terlebih juga gue gak tau prosesnya.

Nah kalo OFFLINE, kayak gue bikin kemaren itu sehari juga jadi bro, paling juga Cuma sejam, ngantrinya aja yang lama hehe. Oke gue kasih tau nih alur untuk mendapatkan kartu itu. Simak yaa.

1. Niat

Ini penting banget nih, kalian harus awali sesuatu dengan niat hehe biar berkah yaa. Kalo emang mau bikin NPWP ya niatnya bikin NPWP. Jangan tar malah melancong ke mall sebelah lagi hehe. Tapi kalo sekalian juga gapapa sih.

Jadi niat dulu yang bener. Kalo emang mesti izin ya bilang ke atasan kalian kalo mau bikin NPWP dulu sebentar biar gajinya bisa ditransfer dan gak kena ditjen pajak hehe.

2. Siapkan Dokumen Pendaftaran

dokumen syarat bikin npwp

Jangan ada yang ketinggalan gan equator.co.id

Sebelom berangkat, makan dulu, mandi dulu biar badan enak dibawa pergi 🙂 . Siapin dokumen dulu sebelum berangkat. KTP dan fotocopy-nya (2 lembar minimal).

Trus kalo kalian harus bawa tambahan, jangan lupa dibawa tambahannya. Jangan sampe kalian balik lagi pulang gara-gara ada yang gak dibawa, malah capek dijalan kaya gue nanti.

3. Berangkat Menuju Kantor Pajak

kantor pajak pratama

Berangkat ke KPP yak bukan KUA panoramio.com

Nah sebelom berangkat cek dulu google maps dimana tempat kantor pajak daerah kalian. Jangan masuk kantor pajak daerah orang, nanti malah diusir. Nah namanya Kantor Pajak Pratama (KPP). Sekarang udah sampe tingkat kecamatan loh.

Karna gue daerah Pondok Gede Bekasi. Kantornya ada di gedung M-Gold Tower di lantai UG/5 di Jalan KH. Noer Ali samping Grand Metropolitan.

Nih untuk kalian yang di Bekasi, KPP yang bisa kalian datengin :

KPP Pratama Bekasi Utara >> Jalan Sersan Awan No. 407, Margahayu, Bekasi 17113 (021- 8808059, 8800253 021- 8802525)

KPP Pratama Bekasi Barat >> M GOLD TOWER, Jalan KH Noer Alie LT.UG 9-10, Bekasi 17148 (021- 28087160, 28087161, 28087162 021- 28087163)

KPP Pratama Bekasi Selatan >> Jalan Cut Meutia No. 125, Margahayu, Bekasi Timur, Bekasi 17113 (021- 88346441, 88346418 021- 88351002)

Jadi penting cari tau dulu dimana kantor pajak daerah kalian. Kalo udah dapet lokasinya, so waktunya meluncur. Hati-hati di jalan. Apalagi kalo cuaca ujan kan.

Tips
Tips dari gue, berangkatlah pagi-pagi, biar gak ngantri panjang. Kantor pajak itu bukanya jam 8 pagi sampe jam 4 sore. Nah berangkat dan sampe tepat jam 8 kalo bisa, biar gak ngabisin waktu disana.

4. Ambil Nomor Antrian Trus Ngisi Formulir

mesin antrian bikin npwp

nah ambil antrian bro, jangan langsung duduk aja haisinrusli.blogspot.com

Kalo kalian udah nyampe kantor pajak. langsung menuju satpam. Karena mereka udah nyiapin nomor antrian dan bakal ngasih kalian formulir yang harus diisi. Jadi jangan langsung duduk aja yaa.

Nah kalo mau minta nomor antrian, kalian biasanya dimintain fotocopy KTP, baru deh dikasih formulirnya dan isi segera sebelom dipanggil petugas di loket.

Kalo KPP Pondok Gede ada 2 loket yang ngurusin NPWP jadi ya cepet-cepet aja ngisinya. Kalo udah dipanggil, ya kasih persyaratannya. Trus nunggu deh palingan 5 menit dan tadaaaa!! dapet kartunya deh.

5. Cabut dari Kantor Pajak

keluar

kalo udah ya pulang, mau ngapain lagi emang lo? venturvillage.eu

Ya kalo udah dapet kartu ya cabut aja hehe. ngapain lagi disana? Nungguin petugas loket yang cantik? Bisa sih kalo gak ada kerjaan mah hehehe. Mampir nonton di mall sebelah juga bisa.

Nah itu pengalaman dan tips dari gue buat dapetin NPWP. Gampang kan? Iya gampang setelah gue melewati perjuangan 3 kali bolak-balik hehe. Jangan kaya gue yaa, makanya gue kasih tau tuh biar gampang kalo kalian mau bikin.

Kalo gue ditanya penting gak penting tuh NPWP? Gue jawab penting 😀 karena kalo mau gajian mesti pake NPWP itu, mau bikin rekening juga perlu NPWP, mau investasi juga perlu NPWP.

Gak jarang juga perusahaan ngewajibin persyaratan NPWP buat ngelamar di perusahaan itu. Jadi ya mau gak mau kita mesti punya NPWP.

So, sekarang udah tau kan. Selamat menikmati ya. Jangan lupa share kalo informasi dari gue ini bermanfaat 😀

Bagikan