Daftar GrabHitch gue bilang mudah sih. Karena kalian Cuma tinggal siapkan beberapa foto untuk diupload pada form pendaftaran.

Nah sebelum lanjut apa saja syarat dan cara daftar GrabHitch, kalian udah tau belum GrabHitch itu apa? Udah pertimbangin segala keuntungan dan resikonya? Kalau belum ya baca dulu artikel gue sebelumnya.

Baca Juga : Mau Penghasilan Tambahan? Coba Grab Hitch Sekaligus Dapet Temen Baru

Kalau udah baca ya berarti lanjut gue kasih tau apa saja syarat dan cara daftarnya. Persiapkan kamera canggih kalian, bebas mau DSLR atau kamera handphone pintar kalian.

Syarat yang Harus Dipersiapkan

Saat pendaftaran GrabHitch kita gak perlu ke kantor Grab seperti daftar jadi pengemudi GrabBike. Kan pengemudi Hitch gak perlu atribut Grab, jadi semua dilakukan dengan upload ke dalam sistem. Nah ini dia syarat-syaratnya.

1.Profile Picture

Seperti pengemudi ojek online lainnya. Butuh profile picture biar penumpang tau muka kita kaya gimana. Jadi nanti gampang dicari mereka kalau mau dijemput.

Jadi pastikan profile picture kalian jelas dilihat. Kalau bisa pasang foto paling ganteng/cantik kalian 😀

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Pastilah ya butuh KTP. Identitas paling utama biar bisa dipertanggungjawabkan semua pihak. Nah kalian harus selfie sambil pegang KTP kalian.

selfie ktp

Mirip kaya gini ya posisi nya tribunnews.com

Posisikan KTP kalian dibawah dagu. Hal ini untuk mempermudah verifikasi kesamaan foto dengan wajah asli kalian.

Jangan pake blits, foto nya siang aja biar ada cahaya matahari. Kalau pakai blits nanti gak keliatan KTP nya.

3. Surat Izin Mengemudi (SIM)

Kan kalian mau nyetir motor tuh. Pasti perlu izin juga dong biar gak kena tilang juga nanti. Jadi siapin ini juga ya, foto yang jelas ya, jangan pake blitz biar gak mantul karena cahaya blitz itu.

Fotonya siang hari biar ada bantuan sinar matahari. Ya kalau malem bisa pake lampu sih tapi ya jangan ada bayangan tangan juga nanti.

4. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Kalau tadi izin kalian jadi pengemudi. Sekarang keterangan kendaraan yang kalian pakai. Biar nanti dipertanggungjawabkan juga kalau terjadi apa-apa. Kan Grab bakal asuransiin kendaraan kita juga kalau terjadi kecelakaan. Jadi kalau bisa pake motor kalian sendiri biar kalau kenap-kenapa gak ribet ngurusnya.

Walaupun sesekali kalian bisa pakai motor yang beda, tapi nanti di aplikasi munculnya nomor plat sesuai STNK kalian. Jadi tanggung sendiri kalau nanti penumpang protes beda kaya di aplikasi.

5. Foto Motor

Ini sifatnya opsional alias bisa di skip juga nanti pas isi form. Kenapa gue cenderung skip upload foto ini? Karena susah ngikutin maunya Grab.

foto motor ninja buat ojek

Cara foto motor yang gue bingung dari grab motorbaru.com

Beberapa kali gue gagal upload karena gak memenuhi kriterianya Grab. Jadi kalau kalian gak mau ribet mending skip aja dulu.

Sekali lagi semua syarat diatas disiapkan dalam bentuk foto yang jelas ya biar cepet juga diproses Grab. Biar cepet kasih tebengan juga kan ujungnya.

Cara Daftar GrabHitch

Nah daftar nya bisa mengunjungi link ini >> Daftar Hitch atau via aplikasi Grab. Download dulu sana buruan. Nah kalau belum punya akun mending daftar dulu. Bisa pake Facebook, Google+, atau nomor telepon kalian sendiri.

Jadi nanti satu aplikasi bisa buat jadi penumpang atau pengemudi hitch. Tinggal ubah mode aja nantinya.

Setelah terdaftar akun kalian, langsung deh kita mulai proses pendaftaran Hitch.

homepage aplikasi grab

Buka aplikasi Grab di hape kalian

Masuk kedalam aplikasi Grab, bukan aplikasi Gojek. Terus pilih menu GrabHitch dibawah. Nah kan dipinggir kanan ada ikon Setir Mobil tuh. Klik deh ikon itu.

Step 1 daftar grabhitch

Masuk ke halaman upload identitas

Masuk deh di halaman upload. Kalian upload deh satu-satu mulai dari SIM, STNK sama selfie bareng KTP. Kalau udah ke upload dan tervalidasi, klik tombol “Selanjutnya” dibawah.

Step 2 daftar grabhitch

Lanjut input informasi kendaraan

Pindah ke tab informasi kendaraan. Kalian input deh model motor kalian bisa “Sport” atau “Bebek”. Trus nomor plat motor kalian, jangan plat motor tetangga ya.

Abis itu bahan bakarnya tinggal pilih “Bensin”. Ada foto kendaraan juga, tapi bisa di skip ko. Seperti yang gue bilang sebelumnya. Gak ngerti Grab maunya foto kaya mana.

Nah dibawah itu ada kode referral yang berfungsi untuk dapetin bonus tambahan kalau kalian isi.

Hint
Input kode aries5792 biar kalian dapet bonus langsung Rp 50.000 setelah 2x perjalanan.

Lumayan kan dapet ongkos plus bonus Grab dan Bonus referral. Kalau udah beres klik “Selanjutnya” lagi.

 

Masuk ke halaman pemahaman. Klik “Setuju” dan beres sudah pendaftaran kalian.

Grab butuh maksimal 2 hari buat verifikasi, tapi kayanya gak selama itu kalau foto kalian jelas. Karena dulu bahkan gue cuma nunggu beberapa jam doang.

Step 3 daftar grabhitch

Perhatikan baik-baik nih kesepahamannya

Tapi setelah terdaftar belum bisa pickup tebengan, karena belum diluncurin produknya hehe.

Nah kalau udah terdaftar akun kalian akan ada mode Driver di aplikasi yang kalian pakai. Kalian bisa mulai atur rute harian atau sekali jalan juga. Lihat panduan membuat rute.

panduan membuat rute grabhitch

Panduan membuat rute grabhitch grab.com

Selain berdasarkan jadwal atau rute, kalian juga bisa pickup lewat menu quick hitch yang diatur berdasarkan lokasi kita saat buka aplikasi.

Ketika kalian mau nebengin orang lain. Kalian tinggal klik aja list orangnya lalu “Slide to Accept” (Ini fitur nyusahin sih, slide nya susah, jadi bikin lama, mending tombol aja kaya dulu). Setelah masuk ke tab Confirmed, hubungi penumpang baik dengan telpon atau sms.

Perhatikan note nya, karena kadang ada yang memesan hitch untuk orang lain. Pastikan lokasi dan waktu penjemputan biar gak kena tipu, karena gak sedikit orang yang jail nyoba-nyoba aplikasi.

Nah setelah dikonfirmasi baru deh meluncur ke lokasi penjemputan. Jangan matikan aplikasi kalian, karena kalian harus memastikan bahwa kalian melakukan perjalanan.

tombol penting grabhitch

Tampilan aplikasi grabhitch ketika dapat penumpang

Akan ada 3 tombol yang harus kalian tekan sebelum dan setelah melakukan perjalanan seperti dibawah ini.

I’m Here : Ketika kalian sudah berada di lokasi penjemputan, segera tekan tombol ini pada detail penumpang di tab Confirmed tadi. Penumpang akan menerima notifikasi dari Grab. Tapi kalian juga kasih kabar ke penumpang kalau udah di lokasi.

Pick Up : Kalau udah ketemu sama penumpang, ya jangan lupa kasih helm nya hehe. Terus tekan lagi tombol ini biar Grab tau kalo kalian sudah sama penumpang dan akan melakukan perjalanan.

Drop Off : Tekan tombol ini kalo kalian udah sampe di lokasi tujuan. Aplikasi Grab kalian akan nampilin total tarif yang harus kalian terima dari penumpang. Jika gak ada, berarti penumpang pakai kupon gratis dan langsung masuk ke Wallet kalian.

Nah begitu lah syarat, cara mendaftar sampai cara menggunakan aplikasi GrabHitch. Ribet? Gak kan, prosesnya mudah, trus dapetnya lumayan.

Tips

Perhatikan jarak penjemputan dan lokasi tujuan sebelum Accept penumpang. Jangan maen Accept aja.

Jika kalian tiba-tiba mendadak gak bisa kasih tebengan, minta baik-baik ke penumpang buat Cancel perjalanan. Karena buat dapet Bonus, maksimal pembatalan Cuma 3x sehari.

Masih bingung? Boleh tanya-tanya silahkan sambil nunggu artikel lainnya dari gue ya 😀 Subscribe biar gak ketinggalan.

Bagikan