Beberapa jam lagi kita bakal bertemu sama Hari Idul Adha menn. Ini salah satu hari tasyrik alias gak boleh puasa. Jadi kalo lo puasa ya malah nambah dosa lah. Kenapa gak boleh puasa? Karna kita mau makan daging menn. Padahal mah makan daging bisa kapan aja yak, dasar manusia. Idul adha identik sama haji sama sembelih hewan. Kalo yang mampu ya berangkat haji, mendekat dan berdoa sama Allah. Nah yang masih belom, bisa ikut berqurban di mesjid-mesjid terdekat. Eh jauh juga boleh sih. Biasanya tradisi kita ialah menikmati daging itu dengan masakan macem-macem, dari sate, gulai sampe sate lagi. Nah karena semua berpikiran yang sama, maka ini lah yang akan terjadi. Benda – benda kaya gini bisa tiba-tiba hilang dari peredaran, serasa ada yang nimbun aja nih kaya bensin.

  1. Arang

arang

kadang suka ngilang di warung nih si item dutabriket.com

Ini nih yang susah dicari di warung-warung. Iya arang itu tuh yang rambutnya warna kuning keemasan gitu. Selalu aja keabisan duluan kalau mau beli. Udah langka, giliran lagi moment begini makin tambah langka. Kebiasaan orang Indonesia kalo lagi idul adha kaya gini ialah mengolah daging dengan dibakar dibikin sate. Nah biar mantep dan hemat ya pake benda yang satu ini. Jadi kalo lo emang nanti mau niat mau bikin sate, siapin dari jauh hari keburu keabisan. Kalo keabisan yaudah terpaksa pake kompor, bakar langsung ato bikin yang laen.

  1. Tusuk Sate

tusuk sate

Kalo udah males bikin pengennya beli, tapi kalo lagi hari idul adha malah keabisan mulu produksitusuksate.wordpress.com

Kalo yang ini temennya arang. Kadang-kadang ilang juga nih. Kalo males kan ya beli. Nah kalo beli kadang-kadang suka gak ada alias keabisan. Jadi mending lo pikir-pikir dulu. Lo mau bikin sendiri atau mau beli aja? Nah kalo mau beli ya beli nya dari sekarang, jangan nunggu hari H. keburu keabisan lo, tar Cuma dapet bungkusnya doang lagi. Tapi kalo lo mau bikin sendiri yaudah bikin aja, cari bambu dulu masa pake lidi ya letoy lah. Nah kalo udah bikin sendiri, bikinnya yang banyakan biar bisa lo jual lagi ke orang 😀 kan lumayan bisa dapet untung.

  1. Pisau Tajam atau golok

pisau tajam

pisaunya kadang lupa diasah euy, emak-emak cuma pake doang infodapur.com

Suka ilang dan kalopun ada palingan tumpul karena emak-emak Cuma pake doang gak pernah diasah. Kan gak mungkin kalo lo mau motong daging pake gunting trus motong tulang pake linggis. Siapin dari sekarang broo, jangan sampe lo tusuk langsung bongkahan daging gede.

  1. Alat Panggang

alat panggang

yang ini kalo lagi dibutuhin kalo gak ilang ya rusak pusatalatpanggang.blogspot.com

Ini juga temennya sate nih, udah niat banget mau bikin sate, arang udah siap, sate udah ditusukin kan, panggangannya gak ada. Kan gak mungkin juga dipegangin trus tuh sate. Tapi kalo lo mau nyoba sih gak masalah, silahkan aja gue mah. Nah kadang-kadang suka ilang tuh alat panggangan entah lupa naro ato udah rusak besinya bikin jadi gagal nyate. Tapi kadang dia ini bisa disubtitusi menn. Pake batu bata, trus buat naro satenya ya cari besi batangan buat ganjel.

  1. Gas

gas 3kg

Gas kalo abis pas hari H, yaudah wassalam pengusahamuslim.com

Daging udah dibagiin trus dibersihin juga udah, dipotong-potong udah trus bumbunya juga udah siap lah pas mau masak gas nya abis. Yaudah beres dah. Siap-siap keliling kampung dah. Kadang atau sering pas lagi moment begini gas 3kg langka men di warung-warung. Karena udah diborong sama emak yang lain. Mending lo nyari dan siapin dari sekarang keburu keabisan.

  1. Pacar

pacar selingkuh

Nah udah dah, pasti ngilang yang ini mah tribunnews.com

Yang ini kalo udah hari idul adha pasti ilang. Kalo pacar cowo alesannya di masjid bantuin pemotongan, padahal mah lagi nonton sama yang lain. Kalo cewe bilangnya lagi bantuin mama masak daging, padahal mah lagi jalan-jalan sama yang lain. Yaudahlah arsip aja kontaknya. Trus wasap sama yang laen deh.

Momen hari idul adha emang kadang bikin hectic, walopun gak liburan panjang kaya idul fitri, tetep aja animo nya beda. Nah tapi budaya orang Indonesia tetep aja pengennya nagih daging doang. Padahal kan seharusnya kita juga kalo mampu ya harus bagi-bagi juga ke yang lain. Jadi kalo emang lo udah punya duit lebih, coba lah kurban, biar pada nyate juga yang lain ya gak?

Selamat Hari Raya Idul Adha , Semoga kita semakin dekat denganNya 

Bagikan