Gimana sih kak cara bikin website kaya punya kakak itu?

Tiba-tiba gue disodorin pertanyaan di whatsapp dari adek kelas hehe. Ternyata ada juga ya yang masih tertarik untuk bikin blog atau website sendiri. Ya terlepas buat iseng-iseng atau pengen bikin karya keren yang bisa jadi inspirasi buat yang lain kan jadi bermanfaat tuh.

I will say “Very good, yes you can!!” Gue pasti dukung tapi mesti bener-bener yakin dulu. Jadi tetep lah pada keinginan kalian. Trus sebelum kalian jauh melangkah, gue punya beberapa pertanyaan yang mesti kalian jawab.

1. Apa sih website?

Gak yakin sih kalo kalian masih belum tau website itu apa hehe lah kalian aja udah sampe sini berarti ya udah paham lah harusnya. Jadi sebenernya website itu halaman yang terhubung dengan server tempat dimana file-file diletakkan.

Berarti kalau kalian lagi berkunjung ke guelagi.com ini berarti kalian itu lagi akses barang-barang (file) milik gue yang gue udah taro di suatu tempat (server).

apa itu websiteWebsite itu seperti rumah di dunia maya businessnewsdaily.com

Paham gak? Ya secara sederhana sih gitu. Kalo masih bingung sok atuh tanya dibelakang ya atau baca-baca lagi bisa juga. Soalnya kalo gue jelasin disini bisa jadi kaya kuliah nanti, nih tulisan bisa jadi slide presentasi hehe.

Nah website itu punya 2 atribut utama yaitu hosting dan domain. Hosting itu ibarat gudang tempat nyimpen barang. Nah barang itu kita sebut file, okay?.

Sedangkan domain itu adalah sebuah alamat biar orang tau gudang kita tuh dimana. Jadi guelagi.com itu alamat alias domain dan gue taro barang-barang gue (file) di wordpress sebagai gudang.

Contoh domain : google.com, facebook.com, instagram.com, xxx.blogspot.com, estehpanass.wordpress.com

Contoh hosting gratis (blog) : wordpress, blogger, tumblr

Begitu lah logika tentang apa sih website. Jadi ya fyi aja buat kalian. Kalo kalian Cuma punya alamat doang tapi gak punya barang ya percuma kaya ngunjungin rumah kosong aja.

Begitupula sebaliknya, punya barang-barang tapi gak dikasih tau alamatnya ya gimana orang bisa liat apa yang kalian punya. Begitulah website yang punya hosting dan domain.

2. Kenapa mau bikin website?

Dia bales “pengen bikin aja kak, mau nulis-nulis juga kaya kakak”. Nah ini pertanyaan sebelum melangkah lebih jauh. Coba tanya dulu diri kalian masing-masing, coba solat istikharah dulu hehe.

Karna kalo misal alesannya Cuma ikut-ikut aja tanpa ada tujuan yang pasti ya bakal jadi percuma dan akhirnya terbengkalai deh. Kan sayang udah buang-buang duit, tenaga, waktu tapi gak berkelanjutan.

Gue juga ikut-ikut sih, tapi gue punya keinginan yaitu pengen berbagi pikiran kepada kalian yang membaca tulisan gue. Ya siapa tau bisa bermanfaat buat kalian kan, alhamdulillah gitu hehe semoga.

website

Coba tanya diri kalian, kenapa mau bikin website ignitionmedia.com

Trus gue juga pengen banget punya identitas tersendiri di dunia maya biar orang gampang nyari gue 😀 maklum lah pengangguran jadi pengen punya personal branding.

Nah karena keinginan gue itu, makanya sampe sekarang masih gue urusin nih blog walaupun kelamaan vakum hehe dan ada juga web profile gue. Jadi coba beneran cari alesan kenapa kalian mau bikin website atau blog.

Ya gapapa kalo emang Cuma pengen nulis-nulis aja, atau kepengen ngikutin kaya si itu tuh, kayanya keren punya website atau pengen berbagi ilmu nih sama yang lain biar bermanfaat kan boleh juga.

Bebas aja kalian punya alesan apa, yang penting jangan musiman aja kaya banjir haha. Kalo emang pengen punya rumah di dunia maya kaya gue, ya lanjutkan bikin dah website/blog yang kalian mau.

Tapi kalo masih setengah hati sih hmm ya bikin aja dulu biar tau rasanya hehe kali aja kalian jadi ketagihan.

3. Website apa sih yang kalian pengen?

Pertanyaan selanjutnya, kalian mau punya website kaya apa sih? Hmm sebelum jauh mending kalian tentuin dulu mau punya website macem apa. Nih gue kasih tau tipe website yang ada, secara general ada 3 macem.

Web Statis

website statis

web yang bertipe statis cuma nampilin gambar dan text aja kaya gini nih springloaded.co.za

Static website adalah web yang cuma nampilin barang yang kalian punya, gak terima perubahan dari orang yang berkunjung alias cuma buat diliat aja tanpa bisa diatur-atur.

Nah biasanya web statis ini dipake buat nunjukin profil perorangan atau perusahaan trus kadang juga buat informasi event dan banyak lainnya. Pernah kan kalian ngunjungin web yang cuma tampilin informasi aja? Atau nih contoh web profil gue arieslagi.net .

Nah kaya gitu web statis, kalo kalian Cuma pengen punya website yang nampilin self profile atau profil bisnis kalian yang gak butuh interaksi dari pengunjung, opsi web statis jadi pilihan.

Web Ecommerce

website ecommerce

web ecommerce yang pasti ada yang pernah kalian kunjungin

Nah kalo tipe ini contohnya kaya bukalapak, tokopedia, lazada dan kawan yang lainnya. Web ini dipake buat jualan, nampilin produk dan pengunjung bisa milih-milih dengan interaksi berbagai macem.

Kalian punya bisnis dan pengen di publikasi, opsi nya bisa dibikin jadi web ecommerce. Sebenernya web statis pun bisa kalau Cuma buat nampilin produk aja.

Tapi kalau pengen si pengunjung bisa input pesanan, atau ganti-ganti warna atau input data apapun bakal lebih baik kalo pake model ecommerce ini.

Web Blog

Haha kalo ini sih modelnya ya kaya guelagi.com. Web blog yang gue fungsikan untuk tempat tulisan-tulisan gue yang kadang suka gak jelas ini. Web ini termasuk web dinamis karena sering berubah dengan adanya tulisan-tulisan baru.

shitlicious

Blog nya bang allit shitlicious.com

Contoh aja nih blog nya bang alitt. Salah satu inspirasi guelagi tuh. Bang alitt itu pakai blogger tapi beli domain sendiri jadi shitlicious.com. Coba deh baca tulisan-tulisannya, menghibur banget.

Kalo kalian nemu di google dengan nama embel-embel blogspot.com atau wordpress.com atau tumblr.com itu web blog. Nah tapi bisa juga yang udah beli alamat (domain) sendiri kaya guelagi.com atau shitlicious.com tadi.

Jadi kalo kalian pengen sering nulis dan bikin tulisan banyak atau suka curhat apalah itu, bikin lah yang model blog kaya gini.

4. Berapa yang bisa kalian investasikan?

Haha punya apa kalian? Jadi gini, ketika ada keinginan pasti ada sesuatu yang dibutuhin ya gak? Ya ibarat pengen jualan, ya berarti butuh modal dulu lah.

Nah kalo kalian pengen bikin website berarti butuh budget untuk dua tadi yang gue sebut yaitu hosting dan domain atau gudang dan alamat. Kalian punya berapa?

Minim budget

Biasanya pemula itu gak pengen yang ngeluarin duit. Bener gak? Hehe gue soalnya gitu, kalo mau nyobain, gak pengen yang pake duit karna gak punya duit juga sih hehe. Ya coba aja kaya facebook instagram kan gak pake duit, tinggal bikin, klak klik trus beres.

Nah kalo kalian pengen yang gratisan tapi pengen punya web blog kaya guelagi.com ini, kalian bisa daftar di blogger.com, wordpress.com atau tumblr.com. Setelah daftar kalian tinggal isi aja deh sama tulisan kalian.

website gratis blogger wordpress tumblr

Blog gratisan silahkan pake blogger, tumblr atau wordpress publicbroadcasting.net

Kalo ditanya rekomendasi pake yang mana, hmm gue pernah nyoba ketiganya. Blogger itu punyanya google, keuntungannya ya web kalian cepet diindex dan bisa muncul di halaman 1 google asal tulisan kalian bener-bener keren.

Sedangkan wordpress punya keuntungan template dan plugin yang banyak, guelagi ini sekarang pake wordpress loh. Jadi kalian bisa modif lebih banyak web kalian.

Kalo tumblr juga templatenya banyak dan lebih simpel dari wordpress atau blogspot. Tampilan tumblr juga lebih simpel biar bisa fokus pada tulisan.

Nah kalo kalian mau bikin ecommerce juga bisa gratisan, ya tadi pake wordpress. Dia nyediain template untuk ecommerce juga. Kalo mau buat web profile juga bisa pake wordpress. Hehe banyak ya? Iya makanya gue pake wordpress.

Kalo mau pengen punya alamat yang custom sendiri, kalian bisa ngeluarin budget buat beli alamatnya aja. Kan server hosting nya udah di wordpress/blogger/tumblr tadi.

Baca Juga : 7 Keunggulan menggunakan domain sendiri

Harga domain itu berkisar 110-130 ribuan untuk ekstensi .com . karna harga domain itu beda-beda. Nih gue kasih daftar harga yang ada di idwebhost.

list harga domain

Nih coba liat harga domain di idwebhost.com

Budget cukup

Kalo kalian pemula dan punya cukup budget berarti bisa punya keduanya, hosting dan domain. Apa sih keuntungan punya hosting? Jadi kalo kalian punya server sendiri, kalian bebas buat taro barang- barang yang kalian punya, kaya foto, video 3gp, dokumen, mp3.

Beda kan kalo kalian daftar di wordpress/blogger/tumblr, ibarat kaya kita numpang taro disana dan kalian pun gak bisa naro barang-barang yang lain selain yang diposting.

Gue pengen punya hosting dan domain tapi gue juga maunya pake blog kaya wordpress gitu, bisa gak? Bisa atuh dan itupun yang gue lakukan pada guelagi.com ini.

Gue beli hosting dan domain biar bisa banyakan yang gue bisa upload. Kalo kalian mau tau caranya, nanti di bagian lain gue kasih tau biar kalian bisa buat kaya guelagi.com ya.

Yang perlu kalian pertimbangin sebelum ngeluarin budget yang cukup ini adalah mau dibawa kemana website yang kalian pengen.

Balik ke alesan no 1 sih, kalo kalian Cuma pengen iseng-iseng mending jangan keluarin budget yang banyak, tapi kalo udah serius dan punya perencanaan yang matang baru deh gapapa keluarin budget.

Harga hosting bergantung sama kuota yang bisa kalian sewa. Dari mulai 10 MB sampai 50GB pun ada. Harganya mulai dari 75ribu sampai 2,5 juta tiap tahun. Hosting itu bisa beli per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan atau per tahun. Nih gue kasih tau daftar harga di jetdino.com.

list harga hosting

Ini harga hosting di jetdino.com

Ketika kalian milih beli hosting berarti kalian juga harus punya domain tersendiri. Jadi total yang kalian keluarkan harga hosting + domain.

Tapi kadang ada juga yang beli hosting gratis domain, biasanya kalo hosting yang kuotanya gede harganya juga lumayan. Sok dibaca dulu ya kalo mau beli. Butuh bantuan? Tanya gue aja, insya allah bisa gue bantu.

5. Apa yang harus dilakukan sekarang?

Setelah menjawab 4 pertanyaan diatas, ini jadi pertanyaan terakhir. Sekarang udah tau apa yang harus kalian lakukan? Ya dibikin lah atuh mbak mas hehe.

Bingung mau beli dulu atau nanti aja?? Hmm tergantung sih kalian mau bikin website apa dulu. Kalo kalian mau punya web blog, gue sih lebih milih buat nulis aja dulu sebanyak-banyaknya, kalo udah punya cukup tulisan baru deh beli domain.

nulis website

Ngetik aja dulu tulis apa yang mau kalian publish yarsi.ac.id

Kalo masih mau coba-coba mending daftar wordpress/blogger/tumblr trus nyobain deh ngeblog tuh kaya gimana.

Nah kalo kalian pengennya bikin web ecommerce atau web profile ya itu juga bisa daftar di wordpress. Jadi nanti tinggal beli domain aja deh kalo mau diseriusin.

Atau kalo kalian anak komputer dan bisa ngoding bisa tuh custom sendiri. Kalian bikin dulu di lokal baru deh beli domain dan hosting sebelum di upload.

Buat kalian yang butuh bantuan untuk gimana sih daftar di wordpress. Nanti ya di artikel selanjutnya gue coba buat tutorial nya kalo emang banyak yang pengen hehehe.

Jadi jawab dulu pertanyaan-pertanyaan barusan sebelum bener-bener mau pengen punya website. Biar rencana kalian gak nyerong kemana-mana nantinya.

Dan kalo bingung tanya aja gue nya yaa. Terima kasih sudah berkunjung kesini. Tunggu artikel selanjutnya ya 😀

Bagikan