Kalian pekerja kantoran? pernah gak sih terbesit pikiran untuk cari penghasilan tambahan ? Ya gimana kebutuhan terus bertambah sedangkan gaji cuma segitu aja. Bagaimana cicilan bisa cepet lunas ya gak?

Pastinya kalian yang kepikiran buat cari tambahan udah cari apa saja caranya. Dari mulai investasi, bikin usaha sampingan sampai ikutan MLM. Gak salah kok kalau mau ambil cara itu.

Tetapi selalu ada pikiran yang gak enak sebelum mulai. Investasi takut ditipu, bikin usaha pakai modal banyak, ikutan MLM hmm duh males nyari orangnya.

Lalu muncullah inovasi baru yaitu ojek online. Dimana pada saat awal diluncurkan banyak yang membuat pekerja kantoran bantin setir buat jadi ojek online. Sebut saja Gojek, Grab dan Uber.

ojek online demi penghasilan tambahan grabhitch

Ojek online muncul sebagai sarana mencari penghasilan tambahan smeaker.com

Yang sampe sekarang belom berhenti ribut dengan angkutan resmi konvensional. Mudah-mudahan cepat terselesaikan ya masalahnya.

Balik ke topik, Nah sudah tau belum kalau Grab buat produk baru untuk kita yang pekerja kantoran namanya GrabHitch.

Apa sih GrabHitch?

GrabHitch adalah produk baru layanan tebengan motor dari Grab Indonesia dengan harga yang terjangkau yang diluncurkan Oktober 2016 lalu. Segmen yang dikhususkan untuk pekerja kantoran yang sering pulang pergi tiap hari.

Buat kalian yang suka gak suka pakai kendaraan pribadi atau mungkin gak bisa mengendarai motor/mobil atau males naik angkutan umum bisa dicoba nih nebeng bareng GrabHitch.

grabhitch dapat kenalan sekaligus penghasilan tambahan

Hitch buat dapet kenalan baru sekaligus penghasilan tambahan grab.com

Kenapa? Karena harganya itu yang terjangkau banget (lebih murah dari GrabBike atau ojek lainnya). Abis itu Grab yang banyak duit ini suka kasih diskon. Lumayan berangkat ke kantor gratis, hemat isi dompet.

Trus kalian juga bisa dapet temen baru hmm bisa jadi ketemu jodoh ya kan? Hehe lumayan juga bantu mengurangi polusi kota yang semakin gila aja.

Nah trus hubungannya sama penghasilan tambahan apa?

Jadi dengan adanya produk GrabHitch ini, buat kalian yang punya motor dan suka berangkat sendirian ke kantor bisa jadi pengemudi GrabHitch ini.

Kenapa Mesti Jadi Hitch?

Pertama, kalian bisa ngurangin ongkos jalan ke kantor atau buat tambahan beli bensin. Iyalah, karena dulu awalnya saat peluncuran GrabHitch menetapkan harga minimal sebesar Rp 20.000 untuk sejauh 1- 20km. Jika lebih dari 20km akan ada tambahan Rp 1.000/km.

perbandingan harga grabhitch

Perbandingan harga GrabHitch dengan layanan lainnya ringros.com

Sekarang sudah berubah lagi skema tarifnya, nanti dijelasin dibawah ya. Lumayan kan buat nambahin bensin. Jadi makin banyak tambahan uang jajan, makin nambah juga tabungan #Alhamdulillah.

Kedua, kalian bisa ketemu temen baru tiap perjalanan. Yang biasanya ke kantor sendirian sekarang ada temennya. Bisa nemenin ngobrol saat macet ria di kota gini.

Ketiga, kalian juga mengurangi tumpukan penumpang angkutan umum lainnya. Kasihan kan daripada desek-desekan di kereta atau bus. Mending boncengan mumpung satu arah 🙂

Keempat, ini beda dari GrabBike. Kalian gak perlu ikut seleksi atau tes dari Grab. Itu artinya kalian juga gak pakai atribut Grab, gak pake Helm Grab, jaket Grab dan lainnya. Modalnya Cuma handphone android dan motor kesayangan kalian.

Kelima, Lagi-lagi ini beda dari GrabBike. Keuntungan yang kalian dapatkan adalah full tanpa dikurangi atau bagi hasil sama Grab. Jadi kalau tarifnya Rp 20.000 ya kalian dapetnya Rp 20.000. Beda dengan GrabBike yang bagi hasil 10% untuk Grab.

Mungkin suatu saat akan bagi hasil juga namun menurut gue masih lama karena ya produk baru, masih nunggu tumbuh dulu. Jadi yaudah buruan kalau mau nyari tambahan dari Hitch ini.

Dapatnya Lumayan Loh

Seperti yang gue katakan sebelumnya, pendapatan yang masuk bisa buat bayar bensin buat perjalanan pulang pergi kalian. Skema tarif sekarang minimal tiap perjalanan kalian dapet Rp 10.000 untuk jarak 1-10km.

tarif grabhitch

Skema tarif berlaku maret 2017 grab.com

Terus ada tambahan Rp 1000/km untuk 10-20km dan Rp 500/km untuk diatas 20km. Jadi misalnya kalian dapet penumpang yang minta nebeng dengan jarak 18km berarti dapetnya Rp 18.000. Kalau jaraknya 23km berarti dapatnya Rp 20.000 (20km) + Rp 1.500 (3km) = Rp 21.500.

Sekarang tinggal ukur deh jarak rumah kalian ke kantor. Lumayan kan dapetnya kalau misal tiap pagi dapet tebengan. Bensin jadi hemat. Bahkan gue aja bisa gratis kalau dapet segitu.

Gue tiap hari naik SupraX 125 dengan jarak 22km ke kantor. Tiap isi full (3 Liter) itu sekitar Rp 25.000 buat jenis pertamax, nah itu bisa tahan sampe 3 hari. Terus bayangin misal sehari aja gue dapet 1 tebengan yang tarifnya Rp 20.000.

Selama 3 hari udah dapet Rp 60.000. Lumayan kan buat nutup bensin Rp 25.000 yang bisa dipake 3 hari. Bahkan ada lebihnya bisa buat jajan atau nabung kan.

Selain itu, Grab juga selalu ngasih bonus kaya GrabBike juga. Hampir tiap bulan Grab kasih bonus ke pengemudi hitch. Misal setiap kali kasih tebengan dapet Rp 5.000. Nah kalo dapet banyak tebengan bisa dapet tambahan banyak diluar harga tarif.

Ada lagi bonus weekend kalo kasih tebengan di hari libur. Kan lumayan tuh daripada tiduran mulu, mending jalan-jalan bermanfaat tambah dapet duit jajan.

Tapi Punya Resiko Juga

Nah kan dibalik pendapatan yang lumayan itu, GrabHitch ini juga punya resiko juga. Jadi tetep lah ya dibalik keuntungan ada juga yang harus dikorbankan. Apa saja kah itu?

Berdasarkan pengalaman, gue dapat menyimpulkan beberapa resiko yang akan kalian alami sebagai pengemudi GrabHitch seperti

Pertama yaitu menambah beban. Iya yang tadinya biasanya kekantor sendirian kalian hanya menopang berat tubuh sendiri. Sehingga ketika berkendara dapat memacu motor sesuai yang kita mau. Gampang melewati celah macetnya jalanan.

Dengan adanya tebengan, tentu kalian harus menahan berat tambahan orang. Lalu kita pun gak bisa memacu motor seenaknya karena belum tentu yang kita beri tebengan bermasalah dengan kecepatan atau tidak. Jadinya ya mesti lihat dulu siapa yang kita kasih tebengan.

Kaya gue yang perrnah bawa ibu hamil. Yaudah mau gimana lagi, jalannya ya pelan-pelan. Daripada nanti tuh ibu ngoceh-ngoceh kan jadi ya gue anggap ngebantu orang juga supaya bayinya terjaga.

Kedua, adalah tempat tujuan yang gak selalu searah. Ketika kalian sudah jadi pengemudi Hitch, kalian akan dapat akses khusus ke mode Driver. Nah disanalah daftar penumpang akan tersedia sesuai rute yang kalian buat sebelumnya. Caranya ada disini.

Penumpang jarang yang searah dengan rute yang kita buat. Kalau yang nebeng ada di kantor yang sama sih beruntung, nah gue belum pernah temuin penumpang yang kantornya sama dengan gue.

Jadi kadang gue melenceng dulu arahnya gak seperti rute tercepat dari rumah ke kantor kalau sendirian.

Beruntung kalo jam masuk kantor kalian yang fleksibel. Nah kalo yang punya jadwal fix ya bisa-bisa bikin kalian telat absen nanti. Itulah mengapa mesti hati-hati sebelum pickup penumpang.

jas hujan tambahan

Bawa jas hujan tambahan omahfaqod.wordpress.com

Ketiga, sedia helm dan jas hujan tambahan. Biasanya kita Cuma pake helm satu terus bawa tas aja. Sekarang kalau mau kasih tebengan ya mesti modal bawa helm tambahan buat penumpang. Lalu biar gak neduh dijalan kalau hujan ya mesti beliin jas hujan lagi buat penumpang.

Buat kalian yang punya motor sport mungkin bakal susah atau ribet bawa helm lebih apalagi jas hujan tambahan hmm bisa sih ditaro di tas. Gue kadang memilih buat gak pickup penumpang kalau lagi hujan. Kasian sih tetep basah juga walaupun udah pake jas hujan.

Keempat yang jadi resiko adalah duit yang masuk ke Wallet atau dompet pengemudi itu lama cairnya. Dengan maraknya diskon yang dikasih Grab dan adanya Grabpay memungkinkan penumpang gratis perjalanan atau bayar dengan uang virtual yang akan masuk ke Wallet pengemudi.

Nah ketika masuk ke Wallet itu. Pengemudi hanya bisa mencairkan pendapatannya dengan minimal saldo Rp 50.000. Lalu proses pencairan dana tersebut hanya dilakukan di hari Selasa dan diproses selama maksimal 10 hari kerja. Jadi cukup lama juga, maksimal bisa sampai 2 minggu baru masuk ke rekening pengemudi.

Jadi begitulah kalau kalian tertarik nyari penghasilan tambahan bisa dicoba GrabHitch. Jangan lupa dipertimbangin lagi keuntungan serta resikonya. Kalau gak terima resikonya yaudah mungkin kalian bisa nyoba cara yang lain. Tapi kalau udah sepakat dan tertarik, yaudah segera daftar 🙂

Kunjungi link dibawah ini buat yang udah tertarik ikutan jadi pengemudi GrabHitch

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar GrabHitch

Apa yang gue tulis diatas merupakan pengalaman gue sendiri sebagai Hitch juga. Alhamdulillah selama ini gue merasa terbantukan dengan adanya produk ini. Walaupun tarifnya agak kurang menguntungkan sebenernya tapi karena Grab suka kasih bonus jadi agak tertutupi.

Selain itu, gue juga gak perlu daftar capek-capek seperti Gojek, Grab atau Uber yang harus dateng ke kantor untuk ikutan seleksi driver yang ngabisin waktu berminggu-minggu. Gak perlu beli atribut juga walaupun tetep modal helm atau jas hujan sendiri.

Sekian tentang penghasilan tambahan dari GrabHitch. Tertarik? Langsung menuju link yang gue sebutkan diatas ya.

Tunggu artikel selanjutnya ya, SUBSCRIBE aja biar gak ketinggalan 😀 Kalau ada yang mau kasih saran atau pengen gue bahas tentang suatu yang lain juga silahkan aja kirim ke email gue di aries@guelagi.com.

Bagikan