Tanggal 17 Agustus itu dijadiin hari kemerdekaan oleh orang Indonesia. Nah budaya yang kita punya gak jauh dari gimana memaknai perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang susah payah merebut kemerdekaan dari para penjajah. Sampe akhirnya kita punya bendera sendiri men, simpel gak pake gambar-gambar, Cuma merah putih. Jadi gampang anak-anak kecil kalo mau gambar bendera negaranya, Cuma kotak terus dikasih warna merah, kadang putih nya gak dibikin gara-gara kertasnya juga putih.

Nah hampir disetiap lingkungan perumahan itu selalu mengadakan lomba-lomba yang diperuntukkan anak kecil. Tujuannya mah biar mereka bisa semangat buat dapetin hadiahnya, tapi ya tetep aja mindsetnya kalo tanggal 17 agustus itu ada lomba yang dapet hadiah. Lombanya gak jauh dari balap karung, masukin pensil ke botol, makan kerupuk, mindahin belut sampe panjat pinang. Tiap tahun gitu aja terus gak ada perubahan, sampe-sampe anak tetangga gue berlatih tiap bulan biar bisa menangin lomba-lomba itu. Gile semangat juga dia. Padahal umurnya gak jauh dari gue(21).

Mungkin ini bisa jadi saran buat panitia dan lombanya jangan buat anak kecil doang ya.

1. Kuis pengetahuan

Kuis

Bikin acara kuis edukasi juga mantep ko wowkeren.com

Sekali-kali bikin kuis buat tes pengetahuan anak-anak. Pengetahuan universal aja. Kan lumayan tuh bisa nambah pengetahuan gak Cuma buat yang ikutan lomba, yang nonton kan juga tahu tuh jadinya. Kita jangan Cuma liat di tv doang, kita juga bisa bikin sendiri, ya yg penting mah ada sponsor. Eh gak ada sponsor juga gak masalah sih, lanjutin aja.

2. Pungut sampah

sampah

Mungutin tuh sampah, jangan suka nyampah doang juaranews.com

Masalah sampah nih harusnya jadi masalah serius yang harus dilawan. Nah kalo menurut gue sih generasi bocah gini nih yang paling sering buang sampah sembarangan. Ya kalo dewasa mah masih ada lah beberapa yang udah sadar. Tapi kalo bocah mah bodo amat buang dimana aja. Yang kaya beginian bisa dilombain, suruh pungutin sampah sekitar lingkungan, kan jadi pada teredukasi tuh sekalian bersih-bersih lingkungan kan.

3. Ngecat Trotoar

trotoar

Udah kusam masih aja dibiarin, mending bikin lomba beginian biar gak nyewwa tukang visitingkutaikartanagara.com

Nah yang ini juga bisa nih, kalo lo anak komplek pasti punya trotoar, biasanya. Bisa dilombain tuh kan lumayan, tampilan perumahan lo jadi bagus lagi. Daripada duitnya dibuat beli yang laen kan yang dipake trus diabisin begitu aja. Mending buat beli cat, buat ngecat trotoar, pos satpam, trotoar satpam.

4. Ngerakit PC

PC

Biar gak cuma maen game doang situstkj.wordpress.com

Kalo yang ini mah harusnya bocah-bocah sekarang udah jago. Lah sekarang kan generasinya anak warnet, masa ya Cuma pake tuh komputer doang. Mesti harus bisa ngerakit. Tapi modalnya lumaya sih kalo beginian dijadiin lomba. Apalagi kalo gagal, bisa jutaan melayang. Yah ini mah buat yang punya modal aja ya. Ato bisa cari sponsor dari produk-produk komputer.

5. Jual makanan

jualan

Jualan dari kecil biar tau nyari duit itu susah tunashijau.org

Kita jangan Cuma jadi tukang beli mulu alias konsumen. Nah ditanam sejak dini juga sifat-sifat enterpreneur. Biar mereka bisa ahli dalam komunikasi bahkan marketing. Jadi kalo ditanya guru ya bisa nyaut minimal, gak Cuma merengut aja. Bisa tuh tiap 17an suruh jual produk makanan sebanyak-banyaknya asal jangan dibeli sendiri aja. Itu mah sama aja.

6. Cari Pacar

cari pacar

Mau gak jadi hmmm domination.ancaran.net

Lomba ini Cuma buat yang udah dewasa yee khususnya yang jomblo ๐Ÿ˜€ kasian mereka sendirian di hidupnya. Eh tapi buat yang punya juga gak apa2 sih, cari selingkuhan tapi judulnya haha. Kan lumayan dapet hadiah plus pasangan hidup. Tapi ribet juga sih ini. Tar bisa aja mereka janjian duluan kan.

7. Jalan kaki sepanjang puncak bogor

jalan kaki

Jalan kaki kalo sanggup sampe atas puncak photobucket.com

Nah kalo berani adain nih yang beginian. Sampe ada yang juara alias bisa beneran jalan dari bawah sampe atas di puncak bogor, besok-besok gak ada lagi namanya program one way. Gak perlu macet-macet lagi, semuanya disuruh jalan aja ๐Ÿ˜€

8. Hack Google

hack google

Lo udah jago banget, bisa masuk anonymus dah techtechnik.com

Kalo ada lomba yang beginian, mesti dibuka se nasional kali ya. Kurang keren apalagi dia kalo bisa ngehack perusahaan macem google. Udah dapet hadiah pasti lo juga langsung bisa direkrut mereka, karena udah tau celah google kan. Emangnya Indonesia, nge hack website presiden malah ditangkep polisi ๐Ÿ˜€

9. Naik Gedung

Naikin tangga, jangan pake lift mulu tempo.co

Jarang bikin lomba buat karyawan. Nah kalo bisa bikin lomba cepat naik gedung, jangan pake lift, naekin tangga aja biar mantep. Tar yang juara dipajang fotonya di pintu utama biar orang pada tau rekor yang udah dipecahin disana ๐Ÿ˜€ bosen Cuma pegawai terbaik kerja doang yang dihargain.

10. Surprise Orang tua atau orang terdekat

Jarang kan lo ngasih surprise buat mereka republika.co.id

Jarang lomba yang bisa punya makna lebih. Tapi kalo yang satu ini bisa jadi opsinya. Ketika kita udah ketagihan sama dunia kita sendiri, padahal disana ada orang yang selalu nungguin kita menn. Ya gak mesti hanya lomba aja, kalo bisa mah tiap hari selalu ngebahagiain mereka, iya orang tua.

Nah itu semua opsi dari gue biar yang namanya 17 agustus gak ngebosenin. Balap karung, makan kerupuk kaya gak ada ide yang lain aja. Banyak Cuma males, udah jadi kebiasaan. Tapi gue gak munafik juga sih buat terima kasih sama EO yang udah ngelaksanain. Ya setidaknya lingkungan gue hidup dan bocah-bocah ada yang merhatiin.

Bagikan