Ada yang punya blog kah? Atau suka baca-baca artikel blog seperti Hipwee, Maxmanroe atau Lifehacks blog dari luar negeri. Hehe itu blog yang sering gue baca, kalau ada yang suka juga baca disana berarti kita samaan ya, entah disana tulisannya keren-keren dan banyak pengetahuan juga yang bisa diambil.

Dan menurut gue seperti itulah blog yang seharusnya. Memberikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat buat pembacanya, guelagi.com juga pengen jadi yang bermanfaat buat kalian, ya semoga gitu. Aktivitas ngeblog saat ini udah banyak, bahkan bocah SD aja udah punya blog, nih liat wardahazza.blogspot.co.id

Dulu ciri khas blog bisa diliat dari TLD (Top Level Domain) yang ada ekstensi wordpress.com atau blogspot.com atau tumblr.com itu pasti blog dimana orang-orang nulis apapun dari mulai curhat, nulis ulang buku pelajaran, upload mp3 bajakan dan banyak lainnya.

Dengan mendaftar di wordpress atau blogger atau tumblr, kalian udah bisa ngeblog gratis. Eiitt Tetapi ada kelemahannya yaitu alamat blog kalian jadi panjang. Bener gak? Estehpanass.blogspot.com ada lagi udinpenyok.wordpress.com, coba deh itung itu ada berapa huruf? Ditulis di kartu nama aja kepanjangan.

Kelemahan lain yaitu ketika kalian mau jualan online dengan alamat kaya gitu, misal gayungmandi.wordpress.com. Apa yang kalian pikirkan? Apa langsung ingin membeli produk yang dijual disana? Gue yakin tidak sepenuhnya, pasti ada rasa tidak percaya karena websitenya saja gratisan dan bisa jadi penipuan.

Sebelum gue jelasin apa sih keunggulan TLD (Top Level Domain) dotcom dan dotnet itu. Kalian udah tau belum apa itu Top Level Domain?

Top Level Domain (TLD)

Domain itu alamat. Ketika kalian punya blog, pasti ada alamat untuk mengaksesnya, ibarat kata blog kalian itu rumah pasti kan rumah itu punya alamat, nah domain itu alamat blog kalian. Sedangkan TLD itu adalah  ekstensi terakhir dari sebuah domain. Nah TLD itu dibagi 2 kategori nih yaitu :

  • gTLD (Global Top Level Domain) ialah TLD yang digunakan universal atau dapat dipakai seluruh individu/kelompok dengan memenuhi syarat tertentu pastinya. contohnya .com , .net , .info , .co , .org , .edu
  • ccTLD (Country Code Top Level Domain) ialah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara. Contohnya  .id (Indonesia), .au (Australia), .fr (France), .uk (United Kingdom), .sg (Singapore) dll

Menurut statistik banyak orang/kelompok yang memilih untuk menggunakan TLD global karena mudah dan gak banyak syarat dan dotcom lah yang menempati urutan paling atas disusul dotnet dibawahnya.

infografis tld terkenal

Liat deh TLD yang paling banyak dipake

Tapi jangan seneng dulu buat kalian yang blog masih ada embel-embel blogspot.com atau wordpress.com. Domain itu belum bisa dibilang Top Level Domain, melainkan Third Level Domain karena masih pake embel-embel dibelakangnya. Untuk itu kalian mesti upgrade domain kalian dengan memiliki TLD yang sebenarnya.

Kenapa harus upgrade? Begini alesannya kenapa #DotComForBlogging

1. Jadi Lebih Pendek

keunggulan menggunakan top level domain .com .net

Bikin pendek alamat domain blog kalian idwebhost.com

Efek upgrade alamat blog kalian adalah alamat blog kalian jadi lebih pendek. Misal yang tadinya namanya estehpanas.blogspot.com (23 karakter) trus upgrade ke dotcom jadi estehpanas.com (hemat 9 karakter bro). jadinya kan enak kalo ngasih tau orang atau ditulis di kartu nama, lebih singkat dan gak ngabisin space banyak.

Tips buat kalian yang ingin punya domain dotcom atau dotnet.

Jangan lebih dari 13 karakter, lebih dari itu bisa dibilang kepanjangan. Gue sering nyaranin ke temen-temen gue yang nanya pendapat nama domain baiknya gimana, gue bilang aja, jangan kepanjangan, ya maksimal 2 kata cukup, satu kata lebih baik.

Contoh : Hipwee.com (1 kata), MalesBanget.com (2 kata), GueLagi.com (2 kata). Jadi pastikan domain kalian jangan kepanjangan ya. Karena bakal berefek ke alasan berikutnya hehe.

2. Lebih Mudah Diingat Orang

keunggulan menggunakan top level domain .com .net

Orang gak perlu ke google lagi deh, langsung ketik di browser domain kalian pexels.com

Dengan kalian upgrade dan jadi lebih pendek, maka alamat blog kalian akan jadi lebih mudah buat diinget orang. Apalagi ditambah ekstensi yang familiar di telinga orang. Pastinya alamat anda akan nempel diotak. Ekstensi familiar ya kaya di statistik sebelumnya yaitu pake dotcom atau dotnet.

Pengguna internet lebih familiar dengan ekstensi domain tersebut. Coba deh bandingin, mending pake kedaikita.wordpress.com atau kedaikita.com. Bandingin lagi Tokopedia.blogspot.com atau tokopedia.com. Pastinya lebih simpel yang Cuma pake .com kan?

Kalian juga bisa liat website-website terkenal yang sering kalian kunjungin, kebanyakan pake dotcom atau dotnet pasti. Tokopedia.com, Bukalapak.com, Facebook.com, Twitter.com, instagram.com, telkom.net, navigasi.net dan banyak lagi.

3. Terlihat Profesional

Penggunaan TLD .com atau .net bakal lebih memperlihatkan sisi profesionalitas dari blog/website kalian. Udah simpel terus familiar di telinga, orang bakal lebih inget dan ngerasa blog kalian lebih pro. Coba bayangkan ada dua toko yang menjual baju yang jenis dan tipe nya sama, misal batik.

Ketika kalian meluncur di google, kalian nemu alamat batiksongketmurah.blogspot.com dan arlanbatik.com. Kira-kira mana yang akan kalian kunjungin atau kalian beli dengan informasi yang gak beda jauh? Gue sih bakal lebih milih arlanbatik.com karena terlihat lebih serius dan juga punya branding tersendiri.

Itulah mengapa banyak insan profesional berani pake TLD dotcom atau dotnet buat blog/website nya sendiri. Karena penting sebagai personal branding mereka. Contoh radityadika.com, arbainrambey.com, benakribo.com atau kaya gue yang bikin cv online di arieslagi.net .

Ketika kalian melamar pekerjaan pastinya perusahaan bakal liat profesionalitas kandidat, dan ketika kalian punya web profil sendiri pastinya bakal jadi nilai tambah.

Toko online pun sama seperti yang gue ceritain sebelumnya. Bakal lebih baik dan terpercaya ketika kalian punya nama toko sendiri. Contoh zara.com, zalora.com. Keren kan punya brand sendiri 🙂

4. Lebih Dipercaya

Tidak sedikit orang yang masih kurang percaya ketika mereka dapet informasi dari website-website yang berekstensi blogspot.com atau wordpress.com. Kenapa? Karena kebanyakan isi blog tersebut hampir copas dari website lain walaupun padahal banyak juga yang bener-bener serius ngisinya. Tapi yang ada di mindset pembaca adalah informasi disana belum akurat dan terpercaya.

entah gue gak pernah percaya kalo dapet dari blog-blog kaya wordpress. Pasti gue nyari lagi ditempat laen buat ngeyakinin. –Ana, 22 Thn

gimana ya? Blog kaya gitu kan gratisan, susah juga mau percaya, kek masih iseng-iseng atau lagi belajar gitu, jadi gue kalo mau beli-beli barang, ya cari yang ada namanya, gak yang brand terkenal juga, ya yang penting punya nama sendiri gitu, pake .com. –Rina, 21 Thn

yah blog gitu kurang terpercaya sih. Gue udah gak pernah lagi buka-buka wordpress atau blogspot gitu. Tingkat kepercayaannya gak ada. Kebanyakan copas. –Randy, 23 Thn

Semakin kesini bakal semakin jarang orang yang percaya isi blog yang masih pake wordpress.com atau blogspot.com atau ekstensi blog lainnya. Karena semakin kesini kualitas isi dari blog tersebut kurang baik dan banyak yang fiktif juga.

5. Biaya Murah

Emang sih pake wordpress atau blogspot atau tumblr itu gratiss. Tapi ya gitu kelemahannya, kurang dipercaya sama pembaca. Kan jadi percuma kita yang mau berbagi malah sia-sia dimata pembaca. Udah buang-buang waktu, energi, bahkan duit buat beli kuota modem ya gak.

Lebih baik berkorban sedikit biar blog kita lebih dipercaya dan dapat menghasilkan. Lagipula kelebihannya banyak kan, dari gampang diinget orang, lebih dipercaya, terlihat profesional dan lagi biayanya murahh bro.

6. Punya Alamat Email Sendiri

Keunggulan lainnya yang bisa kalian dapetin adalah kalian bisa punya email domain sendiri. Selama ini kalian pasti punya email dengan ekstensi @gmail.com atau @yahoo.com atau @rocketmail.com dan yang lainnya. Kalo kalian punya domain sendiri, bisa dipake buat ekstensi alamat email juga.

Misal guelagi.com nih, gue bikin aja email pribadi jadi aries@guelagi.com 😀 kan bisa buat branding sendiri jadinya.Kalian bisa tuh tulis di kartu nama kalian biar makin kece kan. Pake alamat website sendiri tambah alamat email sendiri.

Terlihat lebih profesional dan dipercaya pihak lain kalo ingin kerjasama dengan kalian. Trus kalo kalian tetep mau pake gmail karna gak mau gedein kuota hosting atau seringnya pake gmail, kalian tetep bisa pake alamat dengan ekstensi domain web/blog kalian. Gimana caranya? Nih kalian ikutin tutorial dari disini.

7. Mudah Diindex Google

Keunggulan yang terakhir menurut gue adalah website/blog kalian lebih mudah dikenali/diindex google. Jangan salah loh, gak semua domain yang terdaftar itu bisa tampil di google. Domain itu punya authority sendiri bro. Jadi gak sembarang google tampilin link di halamannya.

Nah kalo kalian mau bikin domain sendiri, coba cek dulu domain itu bekas dipake gak, karena yang bekas dipake itu bisa jadi dulu buat spammer. Imbasnya nanti bisa di banned google.

Ngeceknya bisa di http://whois.domaintools.com/ . contoh domain bekas bakal tertulis “Deleted and available again”. Perlu hati-hati bro kalo mau pake domain itu. Jadi menurut gue mending cari domain lain aja ya biar aman.

domain bekas

Contoh hasil dari domain bekas

Itulah keunggulan pake TLD .com atau .net. Dari mulai Url lebih pendek sampe gampang diindex mbah google. Coba dipikirin lagi buat yang mau ngeblog, atau bahkan yang udah punya blog tapi masih pake wordpress.com atau sejenis lainnya. Perlu dipertimbangkan lagi masa depannya kalo kalian gak mau ganti domain sendiri.

Bikinnya gampang, jangan apus blog kalian itu, cukup beli aja domain sendiri trus pasang deh di blog kalian.

Cara beli domainnya bisa liat disini

Kalo Cara pasang domain yang udah dibeli di blog sendiri bisa liat disini (untuk blog berjenis blogspot yaa)

Ada pertanyaan? Tanya aja sama gue. See you 🙂

Bagikan