Wisuda itu dandan dari sebelum azan subuh, berangkat sebelum matahari terbit, pake kebaya segala rupa yang ujungnya ditutupin toga, duduk berjam-jam, nyanyi-nyanyi, dan maju kedepan buat dipindahin tali toga dari kiri ke kanan, trus udah selesai deh.

Wisuda. Gak jauh-jauh dari apa yang gue bilang barusan. Persiapan ini itu lah, belum juga bayarnya yang kadang-kadang gak murah.

Berangkat dari rumah, mending lah ya kalo deket sama tempat wisuda, kalo jauh? Ya nginep dulu, keluar duit lagi. Tapi apa yang ada di benak kita?

Ya gak apa-apa lah sekali ini. Bener kok anggapan kaya gitu, gue juga bakal bilang gitu.

Wisuda itu emang begitu ribetnya, tapi bagi gue, wisuda itu ada makna yang besar. Dan kalo kalian tanya gue, ikutan wisuda atau gak? Ya ikut lah. Sekarang gue kasih tau alesannya.

1. Orang Tua Bangga Anaknya Udah di Wisuda

Orang tua bangga liat anaknya sudah di wisuda

Mereka pasti bangga sama kita wowkeren.com

Ini alesan pertama bro. Orang tua kalian bakal bangga banget ngeliat anaknya udah berhasil lulus dari kampusnya. Apalagi yang ortu nya dulu gak sampe kuliah dan cuma sampe SMA atau bahkan gak sekolah sama sekali. Dateng ke wisudaan anaknya pasti bingung dan terharu liat anaknya yang lebih sukses dari mereka.

Kalian bayangin betapa bangganya mereka bisa liat kalian pake toga. Hari wisuda tuh ibarat hari yang paling spesial layaknya kado buat orang tua kita.

Mereka pasti nunggu-nunggu dan mau banget dateng walaupun jarak rumah kalian ke tempat wisuda kadang gak deket, ya gak? Ortu dengan semangat mengusahakan dateng walaupun harus jauh menyebrangi pulau.

So, buat kalian yang masih males ngikutin wisuda, sok dipikir-pikir lagi deh. Apalah arti sebuah bangun pagi terus pergi ke salon dengan pakaian kebaya yang gak murah juga.

Apalah arti bayar sekian rupiah, eh sayang juga bayar segitu banyak hmm itu buat apaan yak, keknya biaya gedung gak segede yang dibayangkan deh, hmm yowes lah dosa juga mereka nanti yang nanggung hehe.

The most important is Kebahagiaan lebih mahal dari itu semua bro.

2. Keluarga Besar Juga Ikutan Bangga

keluarga besar ikut bangga ada yang wisuda

Keluarga besar juga ikut-ikutan seneng blogspot.com

Ini gak serta merta alesan kedua juga sih. Ya Cuma ketika wisuda pasti yang ikutan bangga ya keluarga besar kalian. Para paman dan bibi, encang – encing, nyak babe, sepupu dan segala silsilah keluarga deh, ketika mereka tau kalian udah wisuda ya ikutan bangga dan terus muncul pertanyaan mainstream lainnya.

“Wahh hebat udah lulus ya”

“Masa sih udah wisuda? Emang kuliah dari kapan?”

“Ini baru keponakan Om”

“Wisuda udah, terus kapan nikahnya nih??”

Hehe kadang suka bikin geli kan, ya begitulah yang bakal terjadi. Jadi ya tinggal siapin aja jawabannya ya.

Gausah dibikin ribet lah. Kalau ditanya kapan nikah? Bilang aja “Jodohnya belum dateng tan.” Atau “Siapin aja om catering sama tempatnya” 😀

3. Disambut Banyak Temen/Adik Angkatan Selesai Wisuda

Wisuda Ilkomerz

Kalo lo dateng wisuda, banyak yang nyambut, minimal temen seangkatan lah flickr.com/ariessantoso

Ketika hari wisuda, ini sih yang bakal terjadi yaitu bakal disambut temen-temen sampe adek angkatan pun bakal dateng nyambut kalian.

Tapi itu sih kalo cuaca lagi bagus dan tempatnya gak jauh alias gampang diakses dan dia peduli sama kalian hehe. Kalo salah keduanya udah pas mah, pasti pada dateng (insya allah).

Kalo udah salah keduanya cocok tapi tetep gak dateng ya mungkin dia lagi ada kegiatan atau kalian kurang spesial 😀 eh jangan suuzon deh, mungkin iya dia lagi ada kesibukan yang gak bisa ditinggalin kan.

Nah kalo emang pengen banget mereka buat dateng, ya kalian sebar aja undangan sebelumnya hahaha kaya nikah aje.

Tapi gak apa-apa bro kasih tau mereka buat dateng sebentar, tapi jangan ngarep dikasih bunga atau hadiah, kalian ngundang karena emang pengen mereka dateng dan mungkin bisa foto pas kalian pake toga.

Baca Juga : 5 Kado Terbaik Untuk Orang Terdekat

Kan lumayan tuh buat dokumentasi pribadi. Karena hadiah yang paling berharga itu adalah “waktu”. Berterima kasihlah kalo mereka pada dateng yak, mereka udah rela kasih hadiah “kehadiran” buat hari spesial kalian.

4. Foto Pake Toga Wisuda

Foto wisuda

Lo cuma bisa pake toga ya pas wisuda gini lah, bisa sih kalo mau foto studio, tapi kan itu doang liputan6.com

Wisuda adalah dimana kalian bisa pake pakaian yang gak bisa dipake diacara lain selain acara itu sendiri hmm ribet yak kalimatnya.

Beda kayak batik yang bisa dipake tiap kondangan, tiap acara keluarga, tiap hari jumat, tiap hari batik, atau tiap hari. Nah wisuda pasti pake toga dan ini cuma hari H doang dipakenya.

Ya bisa sih kalo mau foto studio bisa dipake lagi juga, tapi kan gak bisa diliat langsung sama orang lain, orang lain Cuma liat foto kalian doang. Ini dia kenapa mesti dateng di hari wisuda. Karna orang butuh bukti menn, no pict hoax.

So, foto yang banyak pas pake toga biar pada tau kalo kalian udah di wisuda. Bukan buat pamer yak, Cuma sekedar dokumentasi aja. Tapi kalo mau upload juga gak apa-apa sih. Up to you.

5. Semua Jadi Tau Kalo Udah Pernah Wisuda

Cinta Laura wisuda

Akhirnya pada tau semua deh, jadi gak bakal ada pertanyaan itu lagi instagram.com

Ini dampak kalo kalian upload foto toga. Semua orang akhirnya pada tau deh kalo kalian abis di wisuda. Jadi orang bakal menghapus pertanyaan “eh lo udah wisuda belom sih?”.

Dan kalian gak perlu capek-capek jawab, tunjukin aja foto kalian hehehe. Ya ini sih kalo dia liat di timeline ada foto kalian, kalo gak ada mah ya sama aja tetep nanya juga 😀

Nah itu dia alesan-alesan kenapa kalian mesti ikut acara yang satu ini. Mahal sih memang, bayar wisudanya, bayar make up, bayar baju, bayar ongkos. Tapi gue yakin makna nya gede menn. Ya balik lagi ke kata-kata

“Ya gak apa-apa lah, cuma sekali ini” .

Kalian mungkin capek seharian, keluar duit banyak, tapi kebahagiaan yang  diciptakan jadi gak ada harganya menn. So pikir-pikir lah kalo kalian males dateng wisuda. Kuliah udah lama-lama yang rasanya asem kecut pait asin, harus ditutup dengan yang manis dong.

Terus buat kalian yang punya temen pengen di wisuda, gue saranin buat datengin dia, apalagi yang sahabat deket kan. Kalian gak mesti bawa hadiah kok, cukup bawa badan aja, eh tapi ya pake baju lah.

Baca Juga : Bahagia Itu Diciptakan, Bukan Ditunggu

Hadiah gak penting sih, kehadiran lo udah cukup buat dia bahagia 😀 jangan lupa foto deh. Biar gak lupa bikin reminder di hape kalian. Tar udah bikin plan eh malah lupa hadeehh. Nah makanya dicatet yak.

Okelah sekian dari gue, punya saran lain? Atau punya segudang pertanyaan? Hehe tanya aja yaa. Mau via komentar atau di akun medsos gue juga gak masalah 🙂 Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa share nya yaa.

Bagikan